Jokowi, Persoalan Sistemik Indonesia, dan Perubahan Sistem

18 Mei 2014, 08.43 PM

Ramai dibicarakan namun rakyat tak tau seluk beluk sosok pemimpinnya. Jokowi effect lah salah satunya. Setelah PDIP resmi mencalonkan dengan lancarnya Jokowi sebagai calon presiden, dikabarkan rupiah menguat. Tak kalah pentingnya juga adalah media massa yang pro Jokowi memberikan opini “overdosis” pada publik bahwa Jokowi lah presiden terbaik dengan berbagai argumen yang terlontar. Media massa luar negeri pun juga sambut hangat opini media massa dalam negeri ini. 

Terlepas dari berbagai tudingan konspirasi dibaliknya, sebagian orang merasakan dan menimbulkan harapan pada sosok yang kelihatan sederhana, berwajah ‘lugu’ dan dibicarakan masyarakat agar bisa mengusung perubahan untuk Indonesia yang karut marut di berbagai lini. Timbul pula masalah yang perlu dipikirkan, apakah bisa sosok individual Jokowi tuntaskan perkara yang beribu-ribu lapis yang tak kunjung usai di negeri ini?.

Maka tak ada alasan bagi kita untuk tak menjawab apa sebenarnya persoalan negeri yang amat kaya ini. Bila kita perhatikan secara mendalam. Persoalan negeri ini adalah persoalan sistem. Jelas memang ada masalah individu namun yang paling dominan dan berpengaruh kuat serta menonjol adalah sistem.

Indonesia mengidap penyakit masalah hampir semua aspek multidimensional. Pendidikan, ekonomis, sosial, hukum, politik tukar beli kekuasaan, keamanan, transportasi dan lain sebagainya bermasalah. 

Bukan masalah implementasi kebijakan sebetulnya namun justru lahir dari UU yang mengatur kebijakan tersebut. “Pemerkosaan” kekayaan alam negeri ini oleh perusahaan-perusahaan asing yang tentunya bergerak bebas disebabkan oleh legitimasi UU pro kapital seperti UU Migas, UU kelistrikan, dan UU Penanaman Modal.

Kita ambil contoh keinginan kuat menjadikan Pertamina sebagai salah satu BUMN kuat justru terhalang UU Migas No.22 Th.2001. UU ini memberi sekat kewenangan Pertamina sebagai pemain utama di sektor pengelolaan BBM.

UU ini juga menyerahkan hak pada perusahaan minyak lain, baik domestik sampai ke luar negeri. Jadi tak terkejut bila sektor migas negeri yang katanya kaya ini sebagian besar dikuasai oleh perusahaan asing.

Persoalan negeri yang berjulukan Nusantara ini bukan sekedar persoalan individu namun sistemik, semisal korupsi. Hampir berbagai aspek, tak lepas dari perihal korupsi baik swasta ataupun negeri. Tiga pilar negara demokrasi (eksekutif, legislatif, maupun yudikatif) juga tak lepas dari kasus korupsi. Lembaga legislasi undang-undang (DPR) dan Kepolisian kerap dapat stempel lembaga terkorup. Bahkan DPR menduduki sudah 4 tahun posisi nomor wahid dalam kasus korupsi. Busyro Muqaddas sang petinggi KPK pernah menuturkan bahwa hampir semua sistem DPR rawan korupsi, baik fungsi legislasi, anggaran/pengawasan. Tak kalah menariknya juga adalah staf Mendagri sejak Pemilu Pilkada 2004, sudah ada 3000 anggota DPRD yang terjerat kasus hukum, 80% nya adalah kasus korupsi. Bahkan ketua “dewa hukum di atas dewa hukum” yakni Mahkamah Konstitusi yang fungsinya menilai UU juga terjerat kasus korupsi.

Persoalan di Indonesia adalah persoalan sistem. Jokowi jelas dipastikan gagal 100% bila dikaitkan dengan perubahan mendasar di Indonesia. Pasalnya pangkal persoalan Indonesia dan negeri-negeri Islam lainnya adalah penerapan sistem kapitalisme yang berasas sekulerisme, berikut pemikiran pokoknya semisal demokrasi, pluralisme, dan liberalisme.

Transisi politik juga dapat dirasakan rakyat Indonesia. Mulanya pemimpin tiap orde banjir pujian, namun tak lama berlangsung, mereka juga gagal. Sebabnya sudah jelas terpampang yakni hanya berganti orang/rezim, bukan sistemnya. Parahnya lagi adalah mereka diperparah dengan ketundukan kepada Barat. Sikap pemimpin bobrok lagi tak tahu diri inilah yang melestarikan penjajahan kapitalisme.

Perlu dicetak besar dan digarisbawahi, yang diinginkan Barat dari pemimpin Indonesia ke depan adalah tetap tunduk pada Barat. Jelas Barat akan puji dengan dosis tinggi namun tak lupa berwajah topeng pada calon pemimpin yang siap lestarikan sistem penjajahan mereka. Jadi tak heran bila petinggi Bank Dunia sudah mewanti-wanti pada Presiden baru ke depan untuk menaikkan harga BBM atau mengurangi subsidi. Sesungguhnya ini adalah pesan arogansi Barat, bahwa siapapun pemimpin Indonesia harus tunduk pada mereka. 

Disinilah letak pentingnya partai-partai Islam. Seharusnya mereka serukan dengan lantang tanpa ragu yaitu suarakan perubahan sistem dengan tawaran ideologi yang jelas yakni ideologi Islam. Bukan malah menyerukan demokrasi dan liberalisme, menikmati demokrasi, apalagi menjilat Barat untuk dapatkan welas asihnya.

Partai Islam harus serukan pergantian sistem kapitalisme sekuler tersebut menjadi negara Khilafah yang terapkan syariah Islam menyeluruh di sendi kehidupan masyarakat. Seruan ini harus jelas, terbuka, dan gamblang agar umat paham sehingga ikut mendukung dan memperjuangkannya.

Tugas penting ini telah diperintahkan Allah dalam QS.Ali Imran[3]:104 yang jadi dasar kewajiban gerakan atau kelompok yang berasaskan Islam. 

Apabila rakyat melihat di depan mata kerusakan yang telah terjadi, kebohongan yang tercium bau busuknya, dan kesadaran yang kokoh akan penerapan Islam secara menyeluruh, maka Insya Allah dengan sikap istiqamah, bekerja keras berdasar manhaj Rasulullah dan berharap hanya pada Allah semata. Kemenangan itu akan dekat. 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s