Apa yang Harus Kita Lakukan ?

Image

saya baru mendapatkan foto ini, anak anak yang sedang gosok gigi di kotornya sungai..air yang mereka gunakan bercampur saat hendak mandi atau buang air besar ditambah dengan mereka gosok gigi di sana….

Sebagai tenaga kesehatan masyarakat apa yang harus kita lakukan?

apakah memberikan edukasi? bila memberi edukasi, mereka akan kembali pada kebiasaannya? apakah menyalahkan sistem di negeri ini karena tidak bisa mendidik rakyatnya? apakah kita berdiam diri? ataukah kita sibuk denagn urusan yang lain?

bayak seklai masalah yang ada di Indonesia ini, sampai sampai orang yang ahi pun bingung memberikan solusinya.

Saya berpemikiran begini, boleh disetujui atau tidak,yang penting saya memberikan usul, pertama yang harus kita berikan adalah edukasi yang matang secara periodik, jika hal ini sudah dilakukan maka berikan lah semacam transfer pemikiran dimana itu memberikan efek agar mereka berpikir dan satu perasaan dan pemikiran dengan kita…

Saya setuju bahwa aturan di negeri ini adalah aturan yang terkadang berpihak pada salah satu kelompok atau kepentingan politk, sehingga pada saat mereka berkuasa, akhirnya melupakan ke higienisan perilaku masyarakat di bawahnya…..

Kita nampaknya mampu mmebrikan semacam auturan, namun aturan itu akan mereka langar dengan mudahnya jika mereka tak paham apa yang kita sampaikan…..

Sehingga perlu keahlian khusus untuk menangani hal itu, yang saya usulkan adalah kat satukan pemikiran dan perasaan terlebih dahulu di benak mereka, dengan cara promosi kesehatan, dan tulisan saya ini silakan saja di share kepada pemerintah jika berkenan tepatnya dinkes terkait…..dan kalau perlu yang memberikan promosi kesehatan pada masyaraat diberikan uang transport atau uang letih…sebab saya yakin dinkes terkait punya anggaran dana untuk dana promosi…..

apa yang harus kita lakukan? jawabnya sederhana…lakukan apa yang menurut kiat dekat dengan solusi menyelesaikan masalahnya…..yang di atas hanya lah usulan saya, yang lain terserah mau memberikan argumen atau masukan yang lain….

Salam sehat🙂

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

