Bicara, Lakukan, dan Tuliskan

Image

Ngomong

Semua orang berhak ngmong, apalagi kalau kita sudah mahasiswa, itu wajib ngomong, saya pribadi berasumsi,apabila seorang mahasiswa tidak membiasakan ngomong dalam kondisi tertentu maka akan berakibat fatal bagi mahasiswa itu.

penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka ngomong lalu menuliskannya dalam sebuah tulisan, maka akan berpengaruh besar pada masa depan orang tersebut. Di dalam Islam, hati hatilah dengan omongan sebab apabila kita salah ngomong secara otomatis akan mendatangkan dosa yang sungguh luar biasa. terkadang kita lupa akan suatu hal , namun terkadang kita ingat. Semestinya mahasiswa bisa ngomong baik, apalagi ngomong menuju dan mengajak ke arah Islam, Islam sudah jelas rahmatan lil alamin. Allah sungguh sennag dengan pendakwah Islam, sang pendakwa itu harus pintar ngomong dan akan lebih baik lagi kalau menuliskan ilmu Allah itu.

Saat ini banyak orang yang suka ngomong tapi sedikit yang bisa menuliskannya. Saya pribadi juga belajar learning by doing bagaimana cara menulis yang baik itu. Apakah lewat kerangka konsep atau tulis tak beraturan?

ternyata saya menemukan jawabannya, memakai kerangka konsep membuat ide kita itu teratur, alhamdulillah sudah saya praktekkan.

Talk More

Ngomong pasti berhubungan dengan talk more,namun bila kita ketahui, sungguh susah sekali mengucapkan kalimat-kalimat yang benar ayng datangnya dai Al Qur’an, saya beranggapan orang yang susah mengatakan dan talk more tentang kebaikan adalah orang yang masih galau dan masih bingung akan kebenaran dan keyakinannya pada Allah.

Talk more itu tak masalah bila dalam konteks kalimat yang benar dan menyanjung hati orang, berargumen itu juga boleh, apalagi berargumen menegakkan syariat Islam itu adalah kewajiban . Maka dari itu saya mengajak kepada seluruh manusia yang membaca tulisan ini, untuk bisa ngomong yang benar, dan apabila tidak bisa ngomong yang benar maka diamlah, lebih baik diam daripada ngomong salah. Tapi harus dilihat terlebih dahulu juga kondisinya kamu ada dimana.

Jika ada kejahatan dan kemungkarang kita harus mencegahnya dengan tangan, kalau tak bisa dengan ucapan atau tulisan, dan bila tak bisa dengan cara hati saja. Seabb selemah-lemahnya adalah mengingkari sesuatu kemungkaran dengan hati.Tapi saya yakin semua manusia itu bisa mencegah kemungkarang dengan tangannya sendiri, namun yang membedakannya adalah berani atau tidaknya saja lagi.

Do More

Ngomong boleh namun harus diiirngi juga dengan aksi yang nyata alias Do More. Saya perah dikritik habis-habisan oleh teman saya di SMA bahwa saya ini suka ngomong, lanta mana buktinya, dari tadi ngomong terus kata teman saya. lantas saya berpikir, bahwa omongan saya ini harus di tuliskan, apalagi ngomong yang bermanfaat terus diiirngi dengan sikap baik akan mendapatkan sebuah peluang pahala yang cukup besar.

Dikenang

Seseorang yang suka ngomong lalu sesuaikan dengan tindakannya, langsung dia menuiskan apa yang dia omongkan serta apa yang dia lakukan serta beberapa tipsnya, maka sungguh luar biasa orang tersebut. Pasti dikenang, maka dari itu tetaplah berikan contoh yang terbaik kepada semua orang, alangkah indahnya berbagi….

@wibisono77

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

