Cinta Pak Sekdes dengan Bu Sekdes

Image

Perjalanan Jauh

Yap assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh🙂 ini salam saya dijawab ya, okee, dalam hati juga gak apa apa, soalnya salam itu wajib di balas. nah sekarang saya mau cerita tentang perjalanan jauh perjuangan kami di kota Batola, yap ciri khasnya adalah jembata, jadi kami belajar dari banjarbaru sampai Marabahan, alhamdulillah sakit pantat itu pasti. Semua anggota kelompok pasti terkena demam sakit pantat, mungkin pada saat pulang ke rumah, tukang urut sudah di telpon jauh-jauh hari, tapi tidak bagi saya, saya ogah di urut, soalnya gak mau aja…

Nah di dalam perjalana jauh itu mengandung kesan yang begitu mendalam bagi saya dan kelompok cianza , sekedar kalian tahu bahwa cianza itu dilahirkan dari tutur kata seorang wanita yakni teman saya sendiri, kalo gak salah nadia atau arli ya, gak tau juga saya…yang penting nama cianza itu terkenal banget, entah sampai Marabahan atau sampai desa Tabukan Marabahan, hanya Allah yang tahu, walalhu alam bisyawab….

Di dalam perjalan jauh itu kami banyak merenung, terutama saya sendri, pertama yang saya renungi adalah sungguh luar biasa hamparan bumi yang diciptakan oleh Allah ini, saya pun mikir ke sana, dan pikiran saya yang kedua adalah,”kapan sampainya????”.

Semua orang anggota pasti mikir, seandainya ada kereta api express cepat yang bisa hantarkan kami ke desa tujuan masing-masing, pasti kami seneng sumringah, tapi kenyataan tak berkata demikian, kami anak PSKM 10 alias si sempoa angkatan sungguh senang dan harus berlega hati, soalnya tumpanga menuju Marabahan dan desa masing-masing itu harus di tempuh degan sepeda motor,monil, taksi hijau, atau mobil carteran.

Tapi tidak dengan cianza (antar jaya),kami suka sepeda motor, soalnya saya pribadi suka aja sama motor, hitung-hitung off road di medan berbatuan, bagi saya masuk ke desa antar jaya itu sungguh menyakitkan pantat saya pribadi,ini mohon maaf ya bagi yang gak bisa denegr kata pantat, mohon maaf saya haturkan sedalam dalamnya, soalnya saya suka di sesi tulisan ini nulisnya langsung gitu, oke terima aja yaa…hhe

nah di perjalan jauh itu kami dapatkan ilmu yang sangat luar biasa, bahwa seharsnya pemerintah bangunkan jalanan aspal yang sungguh pas enak di hati masyarakat, ini buat bapak Hasanudin Murad, “pak kan bapak sudah jadi bupati terpilih lagi nih, minta tolong dong pak, dalam setahun ini kerahkan massa yang banyak supaya cepat selesai pengaspalan sampai desa antar jaya, okeee???”

Ya mudah-mudahan hati kami ikhlas, soalnya kalo di tanyain :apakah anda ikhlas atas semua ini? yap jawabannya harus ikhlas, soalnya kalau kita berkegiatan haruslah ikhlas bila tak ikhlas maka tak dapat pahala dari Allah….

PBL 1

Oke PBl 1 ini kami menginap 3 minggu, di sana kami adakan FGD , MMD (musyawarah mufakat desa), jadi cianza ini dapat masalah yang diinginkan warga di sana adalah supaya jamban sehat itu dimiliki oleh beberapa warga di desa antar jaya, dan kami pun sebagai fasilitator memberikan penyuluhan, ibarat kata menyentil kebiasaan warga yang belum baik yakni suka pup/BAB di sungai.

Ingat dengan pup/BAB, saya inget dengan desa kebumen milik ayah saya, dulu beeeh, luar biasa pup di sungai, berasa plong kaya gemana gituu, itulah pndapat yang diutarakan oleh desa kebumen jawa tengah, sama halnya dengan pendapat warga desa antar jaya, padahal kan ngotorin lingkungan kaya gitu,makanya kami berikan nasehat dan penyuluhan supaya tak terjadi lagi hal demikian…

PBL 2

naah di PBL 2 ini kami mengintervensi,apaah selama 3 minggu enginap di sana,kami berhasil, dan cianza berhasil juga ternyata, ada beberapa warga yang tergerak hatinya buat jamban pribadi di rumahnya, mari kita ucapkan hamdallah, alhamdulillah…..

Tugas Laporan

Nah selesai itu tugas laporan PBL dikerjakan dan dikumpul. jadi pengumpulannya sebelum pentupan PBL2, tapi kalo inget masalah ngerjakan tugas laporan itu, saya minta ampun dah, saya kena bagian kerjakan bab 3 yang berjudul pelaksanaan kegiatan intervensi, sungguh tebel banget men, makanya yang paling banyak salah dan revisi yang bagian saya aja, miris banget. mendingan saya diberi tugas kerjakan kelarin buku 3 buku dalam 2 bulan daripada bikin laporan kaya gitu, asli eneg kalo ngerjakan itu, api satu sih yang bikin seneng hati, soalnya kalo pekerjaan kita kerjakan dengan suasana hati yang nyaman,maka terasa nyaman pula pekerjaan dan ringan terasa.

Three Musketers

Personel cianza itu saya sendiri (wibi) , saya kena bagian ketua kelompok, deni (koti PBL 1dan 2), nadia, arli,devi, nurin, azahra, dan gita, tapi satu yang ketinggalan dan di drop out dari kelompok kami, namanya Dian febrianto, entah kemana kah anak itu, saya pun tak tahu, Tono temen Bojonegoro se pulau jawanya aja gak tahu, tapi kami berharap bahwa Dian bisa pulang dan bisa campur ketawa lagi dengan anak sempoa (PSKM10)…

Dian itu sebenernya anak baik, tapi bagi saya pribadi rambutnya yang agak agak gemana gitu, mirip charlie ketimpa pohon beringin *peace *kidding Dian ya😀

Nah cianza itu gak bisa dilepaskan dari ketiga makhluk ini yakni nadia w, arli, dan devi. rumus Einste dan bapak Boden Powell menagtakan , ketiak gaya satu bertemu dengan gaya dua kemudian ditumbukkan dengan gaya tiga,maka sudah pasti gaya tersebut sangatlah besar, ya emang besar, soalnya suara mereka besar. Waktu kai tidur di kantor desa antar jaya , suara mereka jam 11 masih terdengar, entah film apa yang mereka tonton, tapi bagi saya itu tak masalah, yang jadi masalah adalah ketika mereka hidup di siang hari, suaranya nambah naudzubillah, saya jad ketua kelompok hanya bisa berdoa untuk meredam suara itu, namun Allah berkehendak lain, mungkin itulah kekuatan wanita, ada di suara dan mulutnya. yah mari kita ucapkan subhanallah saja🙂

Di penutupan kami sempetein juga buat berkunjung sekedar lepas kangen, soalnya kan udah penutupan,jadi kami bawakan oleh -oleh melon khas marabahan. Itu syukur banget, tapi melon yang saya rasakan waktu itu rada rada gak masak gitu…tapi biarlah hal itu terjadi, toh itu kami makan bersama ….dengan pak sekdes dan bu sekdes….pak sekdes itu namanya pak syamsuri, bisa disebut dengan pak Sem, nah kalo ibu sekdes itu ketawanya unik banget, saya suka banget itu suaranya, kaya suara pluit parkiran, *peace bu sekdes ya *kidding😀

Yap yang sungguh harus diberi applous meriah itu ya  buat Three Musketers (Nadia w, arli, dan devi),kalo gak ada mereka, gak ada yang ngeributin suasana, bisa bisa kalo gak ada mereka bertiga, sausana makin horor, karena apa makin horor , ya karena gita orangnya pendiam, nurin sekali kali ngomong, azahra > orangnya mini , deni> orangnya gede, nah saya suka baca dan ngetik, suka ngomong juga tapi kalo ada mood….

 

Cinta Bapak dan Ibu sekdes

nah di penutupan tadi kami samperin rumahnya pak sekdes dan pak kades (pak darlan), asyik banget di rumah pak sekdes itu, kami cerita-cerita yang gak karuan gitulah, tujuannya pengen silaturahmi lepas kangen, sempet juga saya tanya sama bu sekdes “Bu, ibu ketemu sama pak sekdes itu di mana? sampe menikah gitu ceritanya gemana?”

Nah disinilah yang agak saya suak, soalnya mereka jodoh, yap jodoh itu gak kemana, mereka ini saya lihat akur banget, kaya sepasang kekasih gemanaaaa~ gitu. Saya iri denagn mereka, panggilan si bu sekdes ini kepada suaminya adalah “Ab adalah A’aah A~aaal”> yap anaknya paling bontot adalah A’al, saya gak tau nama panjang anaknya, A’al aja deh….dari cerita beliau itu saya bisa petik hikmah,bahwa kejarlah cita-citamu sebisa mungkin kalo peru setinggi apapun, bahkan kao bisa yang tinggiiiii bangettt…nah baru kalo udah siap , langsug aja ta aruf dan nikahin, luar biasa pasangan yang satu ini…

Pak Darlan dan keluarga,makasih🙂

Oya buat pak Darlan dan Bu Darlan dan segenap warga Antar jaya makasih banyak yaa, tiada kesan tanpa kalian waktu kami menuntut ilmu di desan kalian…Semoga kawan-kawan dan saya bisa aplikasikan ilmu kesehatan dengan mudah nantinya setelah lulus kepada masyarakat dengan sifat tidak sombong….Dan semoga warga Antar jaya makin pinter namun bertakwa, dan semoga cepet di aspal jalanannya…aaamiiin

@wibisono77

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

