Planning

Image

Mikir

Dari zaman dahulu sampai sekarang pasti semua orang mikir, dan terbuki pemikiran itu dapat menghasilkan sebuah tindakan nyata dan kesadaran seseorang. Tindakan seseorang itu diprakarsai oleh beberapa ilmu tertentu contohnya dairi hasil perenungan seseorang. Nah sekarang saya mau ceritakan, gemana sih mikir yang baik itu. Tapi sekarang saya fokuskan di dalam sebuah planning hidup. Jadi apabila kita ingin berhasil dalam hidup, ya musti direncanakan terlebih dahulu. Tapi ada sih kata orang sebagian kecil, kalo semua hidup yang kita rencanakan apalah asyiknya hidup,kan kita perlu kejutan kejutan. Yap,memang sih, dalam hidup ini kita perlu kejutan,tapi kita pasti maunya kejutan yang manis dan asyik bukan? maka dari itu semuanya harus direncanakan. Misalkan kalo kamu pengen jadi milyuner di bidang usaha makanan, ya udah dari sekarang mikir aja rencana yang baik untuk jadi pengusaha makanan. Saya pun juga suka makan, makanya adatemen saya namanya Tono,nah dia bisa makan, ilmu makan-makan bisa saya dapatkan dari dia, sekarang dia lagi sibuk ngembangkan usahanya, semoga saja dia bisa sukses,aamiin…

nah apapun mustinya harus kita pikirkan, pikirkan dengan matang , bagaimana caranya menjadi seorang yang sangta sukses di dunia dan akhirat. petuah agama mengatakan bila kita gapai akhirat dan selalu inginkan urusan akhirat lancar , maka lancarkanlah urusan orang lain juga yang sedang kesusahan, itung itung tebar kebaikan . nah maka dari itu ingin jadi terbaik di bidangnya masing masing juga ayuuk monggo, dimulai dari mikir ya.

Analisis

Setelah mikir, kita harus tentukan bidang usaha apa yang mau dikembangkan,misalkan bidang usaha makanan tadi, ya kita harus analisis terlebih dahulu, kelemahannya apa, nah itu yang harus di analisis. analisis merupakan sebuah ilmu seni untuk mengkoreksi apa apa yang menjadi keuntungan bidang usaha yang kita geluti dan apa saja kelemahannya. kalao perlu baca buku terkait usaha yang kita tekuni, jangan ragu datang atau berjalan terseok seok ke gramedia atau toko buku lainnya. Toh kita kan ingin cari ilmu, dan Allah menjanjikan pahala yang sangat luar biasa kalo kita berbat seperti itu, yakni mencari ilmu demi meraih ridho Allah.

Kita analsis dengan baik, kalo perlu memakan waktu yang cukup pas, kalo perlu yang mantap ,baca lah buku bisnis apapun, itulah yang adikan kita menjadi pribadi yang SIAP ! jangan ragu untuk analsis, saya yakin, kamu pasti bisa menganalsis sesuatu.

Bandingkan

Membandingkan usaha kita dengan usaha orang lain juga perlu ,namun dalam konteks belajar lho ya, sebab bila niatan kita benar maka akan datangkan kenyamanan pada diri kita. membandingkan adalah perbuatan yang sungguh luar biasa, coba aja sendiri, pasti kamu merasaan nikmat yang laur biasa. Nah dari perbandingan itu kita bisa abil kesimpulan dan ambil yang baik-baiknya saja.

Tuliskan rencana

lalu yang terakhir adalah rencanakan sebaik mungkin. kalo perlu ambil kertas dan ambil laptop, rincikan seluas luasnya dan sedalam dalamnya, jangan ragu tulis yang enggak ingin di tulis., pokoknya usahamu akan berkembang sejalan dengan kemauan tinggimu. Perencanaan itu ada sifatnya 5 tahun ke depan dan ada pula yang satu tahun ke depan, tergantung kita mau rencanakan seperti apa. Yang penting kalo sudah direncanakan, tepatilah janjimu sesuai yang kamu tuliskan. Simple kan?

@wibisono77

 

 

 

 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s