Budaya Mandiri Selagi Muda

Budaya mandiri
Memang banyak orang membahas akan hal ini.budaya andiri seharusnya ditanamkan oleh para orang tua pada anak anaknya sejak dini, namun semua itu tergantung pada ortunya sendiri. Apakah bisa mendidik atau tidak. maka dari itu tips dari saya adalah ,sang bapak yang bekerja,dan sang ibu bekerja di rumah saja, naun bila tidak memunginkan, dan uang gaji sang bapak tak mencukupi,maka sang ibu juga berhak bekerja namun wilayah rumah tangga saja,agar bisa mendidik anaknya menjadi pribadi muslim yang taat agama islam.
Mandiri berasal dari kata yang sungguh fenomenal,ianya selalu diberikan menjelang kita dewasa,biasanya ortu yang sadar akan memberikan petuah ini”nduuk yang mandiri ya, saat kamu pisah sama ortu , kemungkinan kuliah, atau sudah beristri,jangan sampai kamu tidak mandiri, jangan sampai kamu cengeng,” Nah itu sudah pasti petuah yang sungguh luar biasa memperhatikan dari seorang ortu.
mandiri yang baik adalah mandiri yang apapun kita kerjakan tidak mengharapkan bantuan orang lain. Semuanya dikerjakan terlebih dahulu dengan sendiri tentunya,bila tak bisa baru tanya orang lain kemudian baru minta pertolongan. Saya pun merasakan mandiri sebener benarnya saat saya masuk area kampus. Saya ada di PSKM UNLAM FK. maka dari itu sejak semester 1 sampai sekarang,apapun dikerjakan sendiri, sungguh perjuangan menjadi mandiri itu bagi pemuda awal.
Dari semester 1 sampai sekarang ,saya sudah mencicipi berbagai pelajarn kehidupan, dari mencari uang , makanan, sampai ilmu kehidupan. Semua itu saya cari dengan perasaan sedih, senang, suka, dan gembira, Semuanya nyampur jadi satu, saya benar benar benar merasakan budaya mandiri yang tercipta dalam diri ini.

Muda yang bertanggung jawab
Mnjadi pemuda Islam harus perfectionis. Yah walaupun setiap orang tidak perfeksionis,namun apabila kita mendengar nasehat dari seorang ustadz ataupun kiayi, haruslah diambil bila baik perkataannya. Lakukanlah sesambilan di dunia ini. bila ada yang berkata, bersedekahlah,maka kau akan kayada ditunjukkan oleh Allah jalan mendapatakan rejeki yang baik. Maka lakukanlah,jangan ragy.
terkadang kita harus berani, lalu action. Sedangkan bila kita endapatkan amanah sebuah acara, nah itu saatnya kita berikan kompetensi kita pada khaayak umum.Jangan sampai terkesan tidak bertanggung jawab,kerahkan semua usaha. Lakukan yang terbaik, dan cukup Allah saja yang meniai,bukan orang lain. Sebab bila kita merasa beratanggung jawab sekali dan mengharapkan ridho dan pujian dari orang lain,maka diri ini sama saja mengharapkan imbalan, walhasil kerja kita ta berbuah pahala,namun mengharap imbalan pujian supaya rajin bekerja.
menjadi pribadi Muslim haruslah perfect dalam bertanggun jawabn.

Muda yang berani
Selagi muda haruslah cekatakna dan peka terhadap isu lingkungan di sekitar,jangan pake istilah “pah poh”,itu istilah Jawa, yakni gak perduli sama sekali. Bagaima kejayaan Islam yang kedua mau bangkit bila pribadi muslim nya saja tidak peduli dengan keadaan politik di sekitar? Sungguh ironi dan saya akan mnundukkan kepala denagn lesu bila melihat akan halini terjadi. berita Allah sungguh nyata,tinggalusaha dan doa yang dikuatin. Insya Allah,Allah akan membukakan jalan menjadi pribadi muda yang berani.
katakan yang tidak baik adalah tidak baik, dan katakan hal baik adalah baik dan harus di tiru, itulah seharusnya menjadi acuan dalam bertindak.
Muda itu temptanya salah dan khilaf, itu sangatlah wajar,bila salah langsung minta maaf jangan menunggu nanti,kasihan orang yang merasa di injak injak oleh perbuatan kuta yang tak seronok.
Muda yang berani itu adalah oang yang selalu kritis terhadap realita perjuangan umat Islam. Saat ini umat Islam sungguh keok, sungguh jatuh, sebab akidahnya tak percaya pada Allah, Allah dinomor duakan, sedangkan Unang Undang di DPR di nomor satukan untuk di buat. Allah tak dipercaya lagi, naudzubillah…
Muda yang berani cepat katakan kekritisannya pad akhlayak umum, terkadang salah itu tak mengapa,namanya juga beajar. Yang penting berani dalam kebaikan itu sungguh top markotop !

muda yang mapan
Apalagi kaau sudah muda dan memiliki harta kekayaan yang melimpah, saya pasti acungi jempol, bukan hanya saya yanga cungi jempol, ortu anda pasti bahagia, teman dan sahabt karin anda pasti menggelengkan kepala. isalkan anda punya uang 600 ribu, jualan kripik saja, kemudian taruhlah di toko tokoyang kemungkinan akan emberikan keuntungan pada Anda, pasti anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup luar biasa. Pemuda muslim haris mapan seperti yang saya bilang, sudah berni, kritis, berani bekrarya di hadapan umum, tak lempeng di sistem buruk demokrasi ini, dan materi banyak dan berlimpah. Itulah baru namanya muda yang mapan. kemudian belajar untuk berbagi pada sesama. Yang penting LANGSUNG lakukan bila mau sedekah itu. JANGAN RAGU !

Selamat menjadi pemuda yang memiiki lingkungan positif yaknu mandiri, berani bertanggung jawab, serta mapan ! Selamat menikmati !

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s