Persaudaraan Islam

Memang kalau mencela orang bawaannya pengen gak ada habis habisnya, tapi Rasulullah SAW bialng sama kita, kita musti sabar, jangan terpancing emosi menghadapi semua rintangan. Karena emang bener rintangan apapun bentuknya, hawa nafsu musti terkontrol , tidak boleh tidak terkontrol. Semua manusia memang memiliki masalah jadi secara otomatis kita sedemikian rupa harus mendekati kebenaran yang dicontohkan oleh Rasul. Rasul sendiri diludahi , bahkan perasaan beliau kemungkinan tersakiti jika kita dalam posisi beliau, namun beliau ialah utusan Allah, bukannya malah menyumpah, eh malah didoakan yang baik baik sama beliau. Sungguh akhlak mulia sekali. Walhasil inilah Islam dan ajarannya sungguh kena banget di hati. Jadi tak heran banyak pemeluknya….alhamdulillah

Tapi yang namanya manusia pasti ada batas kesabarannya, pengen yang itulah pengen yang inilah, pasti sudah berbeda beda. Beda orang beda pula pemikiran dan beda luar beda pula dalamnya. Itu ialah pepatah yang bisa sadarkan manusia.

Banyak sih hawa nafsu yang bila tidak bisa dikendalikan akan menjadi jadi dan orang orang di sekeliling kita merasa tidak enak dengan kita. Makanya musti hati hati. jangan berkata kasar. Ya kalian tahu sendiri kan, kata kata kasar itu kaya gemana? yaap pikir aja sendiri. Menyalahi aturan kalau kita berkata kasar, maka dari itu bagi yang masih mengatakan kata kasar tersebut, yook udahin aja. Malahan harus dimusnahkan tuh dari pemikiran kita.

Rakyat atau temen bakalan suka dengan orang yang bertutur kata lembut dan menimbulkan pahala ketimbang marah marah dan berkata kasar.

Banyak kok contohnya, tapi yang paling mengherankan adlah jika ada satu teman dan teman yang lain pada suka juga berbuat kata kata kasar. Pake bahasa binatang gitulah apalah, nah itu jangan di tiru, maka dari itu , gue sarankan , pilihlan teman yang baik dan bagus. Jangan pilih kelompok yang asli basicnya gak kita sukai. Pokoknya patokannya aturan Al Qur’an dan As sunnah, jika mereka tak berlandaskan itu sehari harinya, ya udah tinggalin aja sejauh mungkin, tapi tetep juga kalo ketemu musti bilang say hello tanda kita menghormati saudara seiman kita.

memang banyak definisi saudara seiman, tapi bila kita lihat kondisi di lapangan , eh ternyata banyak juga lho yang beda beda pemikirannya, yang mau liburan lah , yang mau kerja keras tanpa dibayar lah, dan asas mereka bermacam macam.. Tapi satu yang paling urgent , dan yang membedakan adalah akhlak dan apa ideologi mereka.

Mahasiswa harus punya ideologi, kalau mereka gak ada secara otomatis mereka bukan dikatakan serang idealis.

Jadi menjadi mahasiswa harus kudu perhatikan ajaran Al Qur’an dan perilaku Rasulullah tiru tuh. Jangan disepelekan.

Satu akidah, satu perasaan, satu pemikiran, satu aturan, ialah hak mutlak dalam persaudaraan Islam.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s