Sehari Bersama Wibi Jilid 2 #3 (akhir)

Kumpul-kumpul sama teman

23 Juli 2011

Jam dua siang niii broo, aku lagi di rumah sang pimpinan KSI fakultas kedokteran niih. Kereeeeen kaaaaaan>>>>???? Kegiatannya sekarang ngambil suara buat acara BRBC nih broo. Assyyiiikk bangat dah broo. Ketawa ngocol abbiiss dah ngambil suara kaya gini. Udah berapa kali aku ngambil suara seperti ini. Dominannya pula aku yang jadi aktor utamanya. Waaah pokoknya syyiiik asooy gebboooy. Sebenarnya bingung banget lagi nih bro aku mau nulis apa yaa? Pokoknya berawal dari kebingungan terus kayanya kalau memulai nulis, tapi yaaa, tulis aja sekehendak hati, asalkan gak bikin boring aja. Jujur siih, kalau aku nunggu waktu agenda kegiatan kalau kebetulan pas bawa laptop langsung aja online bareng temen nah di tambah lagi langsung aja cerita dan berbagi dengan sesama. Aku tuh sukanya berbagi pengalaman sama loe-loe sekalian? Makanya cekidoot terus ini tulisanku. Dijamin dapat inspirasi kehidupan gitu lah. Ditambah lagi suatu saat nanti pasti you-you ketemu sama puisi terbaru ana brooo. Hahai kalau sama awewe mah langsung kelepek-kelepek mungkin hihihiih.

Pernah lho aku ini di panggil ‘bala so sweet’. Mungkin dari kelakuan balanya kali?itu mah mungkiiiiin. Gak beneran kok. Wong aku ini kurang apa lagi coba. Bijaksana iyaa, jujur iyaa, romantis iyaaa, pokoknya semuanya iyaaa tapi yang positif semua lhoo, hehehe.*Narsis sedikit.

Nah kamu tahu gak di sini aku dapat motivasi hidup dan motivasi kuliah dan kerjaan pastinya. Tuh si kak Zayed namanya, yang memberi aku inspirasi lebih. Waah orangnya itu seperti perfeksionis gitu lho masbroo. Aku juga ngerasa ‘wah ini anak kayanya seperti kutu buku’. Bayangkan aja bukunya bejibun bener mas brooo kaya gunung bukunya. Kamu tahu kan gunung Tangkuban Perahu di Kandangan (ngawur , penulis juga gak tahu di mana itu, mungkin Bandung kali yee). Waah pokoknya kalau ke rumahnya inspiratif banget dah, aku lihat fotonya di kamar bersanding dengan idolanya yaitu presiden Iran Ahmadinejad. Kamu tahu sendiri kan sama presiden Ahmaddinejad yang amat terkenal pidato dan kerjanya itu. Wooow double dah pokoknya masbro dan mbakbroo sekalian. Aku aja musti banyak belajar sama dia. Ini aja aku nulisnya di rumah dia, tapi dianya gak tahu kalau aku nulis tentang dirinya. Takutnya dia ke GR an, hihihii.

Ku lihat di sekeliling rumahnya , yaaa lumayan laah untuk rumah ideal. Tapi beeeh kalau kamu melihat di dalamnya kamu pasti bakalan ketemu sama buku yang buaanyaaaknya minta ampun. Ada buku yang baru saja ia cetak, dan baru saja datang sepertinya. Mungkin mau di jual, wah di sini aku juga belajar tentang pengusaha lho. Yaah pengusaha yang merangkap sebagai mahasiswa kedokteran. Kamu tahu sendiri kan, itu juga yang menjadi mimpiku. Mimpiku siih mau jadi pengusaha dan penulis juga sekaligus merangkap menjadi mahasiswa kesehatan masyarakat. Waah kalau seandainya itu terwujud bakalan bangga deh orang tuaku di sana. Siapa coba, orang tua yang gak  bangga sama anaknya yang suskes di usia belia. Waah pokoknya kalau itu uang aku dapatin dari modal 3 juta aja dulu deh. Aku bakalan rolling itu duit untuk usaha lain. Pokoknya harus pinter-pinter putar modal.

Nah ada lagi nih yang aku mau jadikan inspiartif dari tokoh yang bisa berbicara menyihir orang. Dengan omongannya saja kita bisa menginspirasi hidup kita. Yaaa yang mau aku tiru darinya adalah cara ngomong inspiratifnya yaitu Pak Mario Teguh. Heeeew sungguh perasaan ini campur aduk kalau mendengar kata-kata pamungkasnya sepeerti nuklir berkekuatan motivasi tinggi. Memang benar, kita “Seharusnya mencontoh, mengambil bagian positif dari orang-orang hebat lalu jadikan pakaian indah setelah kita sulam kebaikan tersebut”. Itu..!!

Emang bener lho, kalau kita menjahit sifat-sifat orang hebat di dunia ini lalu menjadikan pakaian terindah yaitu diri kita. Itu yang semestinya dilakukan orang banyak di Indonesia ini. Jangan seperti orang yang tak mau mengambil resiko dalam kehiduannya, suka mengurung dirinya untuk tidak mencapai kesuksesan seperti orang lain. Seharusnya kita sebagai teman yang dekat dengan menasehatinya perlahan pasti sewaktu-waktu akan mengubah perilaku yang tidak sehat dalam dirinya. Ituu…!!!

Mungkin perasaan orang itu macam-macam yaa. Itu tak bisa dipungkirin lagi. Semua orang itu berbeda sifatnya namun seharusnya manusia mencontoh yang baik membuang yang jahat. Lalu kita perhatikan saja apa yang terjadi.

Masih di rumah masbroo Zayed dan Adit. Ini rumah kalau siang bagaikan sejuk di awan embun (soalnya di belakangku ada kipas angin). Ini nih yang ada di pikiranku sekarang:

  1. Kalau jalan aku mau meniru Pak SBY, gagah broo, ini sudah aku praktekan. Alhamdulillah sudah berhasil.
  2. Kalau aku ketawa aku mau meniru nabi Muhammad saja. Soalnya beliau manusia yang paing sempurna di dunia ini. Seharusnya aku meniru semua yang sudah dilakukan sama beliau, tapi aku mencoba untuk memadu padankan dari orang-orang berpengaruh dan terkenal. Sebagai contoh ya seperti di atas. Kalau berjalan pengennya seperti SBY, soalnya gagah.Oke kita lanjutkan….
  3. Kalau aku pidato inginnya seperti Obama, memiliki retorika dan suara yang mencengangkan penonton dan audiens terhormat.
  4. Kalau berpakaian inginnya seperti Pangeran Williams. Rapi , anggun, berwibawa, dan di sukai orang banyak. Yaah kalau ini masih dalam proses lah(soalnya gak ada uang banyak buat beli baju keren si penulisnya).
  5. Kalau menasehati inginnya seperti om ku, om ku itu orangnya penyabar. Menasehati anaknya sangat sabar bin tawakkal dah. Kalau menasehati aku ingin menirunya. Bayangkan lho, anaknya yang bandel waktu kecil itu. Di nasehatinya berhari-hari sampai anaknya bosseen sendiri. Bayangkan juga lho, mana ada oang tua yang keukeuh dan berani tiap hari dan on tme kalau menasehati, agar anaknya tak terjerumus ke lembah pergaulan yang tidak baik.
  6. Kalau aku nanti berbisnis aku mau meniru pengusaha pembangun Primagama. Tahu tidak?? Waktu aku pergi ke toko buku. Aku sempat membaca sang pegusaha pendiri lembaga penddikan beajar Primagama itu. Beliau iu nekat banget orangnya. Dia tak tahu caranya berbisnis. Tapi dia punya modal cukup. Tak punya rencana ancang-ancang bisnisnya. Dia mealkukan saja. Eh teryata, beliau juga belajar dalam proses pembangunan usahanya itu. Beliau belajar usaha dalam usahanya, heeem keren kan. Nekad bin tawakkal banget beliau itu. Itu yang musti di contoh. Kalau ada kemauan di situ pasti ada jalan. Mereka tak mengjiraukan kegagalan. Yang penting bangkit lagi. Bukan teori saja yang di dapat di bangku kuliah, tapi langsung action…..!! Itu yag harus dilakukan sekarag buat you-you pada’. Jangan nunggu motivasi datang brooo, kerja aja langsung disertai dengan ilmu dan doa. Insya ALLAH dah, semua bakala tercapai cita-citamu.
  7. Nah kalau berbicara tentang keromantisan kayanya aku gak usah nurutin siapa-siapa. Soalnya aku punya jurus jitu sendiri brooo, hehehehe. Gak usah nurutin Romeo dan kisah romansa mereka berdua. Gak perluuu…..!!! *Kan namanya latihan, soalnya aku punya pengalaman di kegiatanku sehari-hari yaitu dipanggil dalam acara-acara kabaret gitu lah untuk saat ini. Nah itu perasaanku sudah cukup tapi aku mau nambah lagi ilmu keromantisan tersbut. Nah pengennya sih main sinetron juga gitu loh. Tapi sutradara belum tahu talented aku nih. Yaaa terpaksa nunggu aja nih waktu yang tepat.
  8. Nah kalau jujur aku mau niru ayahku. Soalnya dia paling jujur banget lho prinsipnya dalam berkeluarga dan berorganisasi sama temen-temennya. Beliau sosok yang pantas di tiru untuk kite-kite pada. Soalnya teori dan prakteknya beliau sungguh pas di hati.
  9. Kalau memimpin aku sukanya meniru khalifah Ali Bin Abi Thalib. Orangnya itu ,kalau memimpin bikin aku merinding setengah mati (kaya d’masiv>> rindu setengah mati). Waah kalau yang ini juga dalam proses broo. Soalnya ini lumayan susah hambatan yang di hadepin.

Yaah itu dulu kayanya, yang menjadi contoh, nanti kalau ada waktu aku ceritakan lagi soalnya kehabisan akal nih broo, inspirasi belum nyangkut ke otak nih. Nanti deeh yaaa, kalau kelibas sedikit aja pasti ku ceritain.Wookkkee…!!

***

Assalamu aaikum broo, soryy broo yak, tadi aku ketiduran, nah sekarang udah bangun dah..saatnya melek lagi nih mata. Wah tadi aku gak sempet mimpi apa-apa broo, soalnya keburu ashar sudah memanggil, tapi aku tadi sempet nonton video bagus broo sebelum tidur tadi. Video perjuangan umat Islam zaman dahulu broo. Mereka memperjuangkan Islam tegak di bumi ALLAH ini. Namanya khilafah broo, tau gak itu system pemerintahan yang sangat bagus banget broo buat umat Islam. Demokrasi pasti kalah dah apalagi namanya komunisme edan itu. Terbukti lho bro ampuhnya. Berapa abad dah sudah. Tapi sekarang khilafah udah runtuh. Dan aku baca dari hadist nabi. Itu akan tegak lagi masbroo dan mbakbroo sekalian. Coba kamu pergi ke rumah kak Zayed. Beeeh itu buku Islam bejibuun daah. Tapi masalahnya kamu tahu kak zayed gaaak?? Yaiyalah loe-loe pada gak tahu. Wong kamu gak kenal, cuma yang sudah kenal aja yang tahu. Aku pernah ke rumahnya barusan pertama kali tadi broo. Waah itu rumah kaya perpustakaan bina bahari borneo aja dah broo. Di mana-mana itu buku anatomi dan kawan-kawan bertebaran bagai kacang yang berhamburan. Tapi satu yang aku salut sama mereka-mereka yang tinggal di rumah ini broo. Orang-orangnya semua pada punya prinsi phidup yang kuat banget. Perlu banyak belajar sama merka tentang prinsip dan masa depan nih. Makanya aku harus banyak bergaul sama mereka. Jangan bergaul sama sembarang teman broo, soalya teman itu punya andil besar buat masa depan dan cara pandang hidup kita nanti.

***

At Banjarmasin nih saya. Tadi sore jam 5 berangkat dari Banjarbaru akhirnya sampai dah jam 6 pas di Banjarmasin. Pas sampai di sini tadi eeeh, orangnya pada gak ada. Pada ke rumah keluarga yang sedang sakit. Ya udah aku transit dulu minum di rumah tetangga. Melihat-lihat juga sekitar rumah yang sudah seminggu aku tinggal.

Nah sekarang aku lagi nonton OVJ broo, serial tv yang aku tunggu-tunggu soalnya seminggu ini aku gak nonton OVJ, soalnya tv di rumah kontrakan Banjarbaru rusak, makanya aku gak bisa nonton. Tapi gak apa-apa lah. No problemo. Broo ,kayanya aku pengen bermimpi lagi nih jadi orang sukses. Yaa sukses gitu laah, kalau dipersepsikan pasti pikirannya adalah uang. Tapi bukan itu broo tujuannya. Tujuannya adalah satu aja bahagia dunia dan akhirat. Yaa termasuk duit itu juga. Kalau aku pikir-pikir sih, kita musti berusaha dan berdoa sih. Sebenarnya ini nasehat klasik banget broo, tapi masalahnya banyak yang lupa buat ngamalin, ini kegiatan bagus soalnya. Ada nih bro temenku yang namanya Tono, wah ini orang Jawa tulen dia tipe anaknya banyak konsep tapi kayaknya belum terealisasikan impian ngolah buku majalahnya. Nah ada lagi temenku yang namanya Danang, wah kalau yang satu ini suka pelajaran Kesehatan Kerja, terbukti tadi minjam laptopku buat nyari bahan gambar kuliah kesehatan kerja gitu lah. Ada lagi namanya Amrullah, dia juga temanku, yang satu ini kalau aku lihat punya talented buat nulis cerita gitu. Soalnya ia pernah nulis cerita dan hasilnya lumayan bagus. Dan banyak lagi sih teman-temanku yang lain. Pokoknya indah banget kalau berteman itu laksana rembulan merindukan bumi yang kangen setengah mati.

Nah tadi aku juga sempat baca majalah yang membahas tentang pacaran. Nah ini dia broo,kalau pendapatku sendiri, pacaran itu sama aja dengan zina. Coba aja lihat orang yang bergandengan tangan, bersentuhan dan bahkan bisa ke arah itu tuh. Tau aja kan sendiri yang urusan ranjang itu lhoo. Padahal mereka belum nikah dan bukan mahramnya lho. Maka dari itu aku bingung sama mereka-mereka di sana. Mereka padahal tahu bahwa pacaran itu di larang, eh tetapi mereka mendustakan dan munafik gitu, ada lagi yang pura-pura gak tahu. Apa gak kurang aseeem kalao gitu. Aku juga pernah pacaran tapi ALLAH berkehendak aku supaya keluar dari kubangan hubungan dosa itu. Pacaran itu sama aja dengan nafsu. Nafsu itu dari setan. So, pacaran is setan. Mau di katakan seperti itu. Yaa bener sih. Saat ini paradigma pacaran dibolehkan apalagi sampai dibolehkan sama orang tua lho. Waah ini memang benar-benar masalah turun temurun yang diwarisi oleh kapitalisme yang tak ingin umat Isam itu bersatu. Kapitalisme menghalalkan segala cara supaya generasi mudanya rusak. Do you know about rusak?. Rusak ya sama saja hancur.

Pengen looh aku ini menyadarkan itu-itu orang supaya gak pacaran. Aku gak pengen aja sahabat-sahabatku di luar sana tiap harinya menanggung dosa yang begitu sakit. Ada lho surahnya di Al-Qur’an. Janganlah kamu mendekati zina karena tu adalah seburuk-buruknya jalan yang sesat. Hmmm ngeri kaan. Maksudnya mendekati zina ya pacaran itu. Coba lihat aja sendiri kalau elo gak percaya.Mikir aja sendiri, so kalau kita mikir otomatis hidayah dari ALLAH pasti datang kok.Usaha action dulu broo.

Oh ya semoga aja si ***** gak pacaran.. Ya si ***** itu adalah mantanku.  Tapi semoga saja dia paham, bahwa pacaran itu banyak mudaratnya bagi dia, walau jarak jauh kek atau jarak dekat. Sama saja judulnya pacaran. Semoga ia yang jauh di sana bisa mengerti. Perasaan ini mungin aku pendam saja. Aku buktikan dengan karya positifkuku saja buat bangsa. Aku tak mau diri ini berkubang dosa seperti dulu. Maafkan dosa-dosaku dulu bersamanya ya ALLAH. Mohon Ampun Aku. Aku hanya bisa menasehati dan mendoakan dia agar ia selalu dalam lindungan-Mu.

Ya ALLAH aku mohon kepada-Mu, Engkau tahu jodoh terbaikku sekarang ada di mana, mungkin ini perhatian yang berikan kepadanya. ‘nya’ di sini maksudnya aku tujukan untuk calon pendamping hidupku kelak. Sungguh aku membayangkan calon pendampingku adalah wanita yang sholehah, cantik, pintar, dan sesuai harapanku. Ya ALLAH , mudah-mudahan suatu saat nanti dia membaca tulianku ini bahwa aku sangat mencintainya. Hanya Engkau yang tahu bahwa jodoh yang sangat amat terbaik hanya Engkau yang tahu. Hamba mohon kepada-Mu untuk menjaga calon pendamping hidupku kelak. Berikanlah ia perlindungan serta keselamatan. Berikanlah ia anugrah yang tak terkira, jagalah kehormatannya ya ALLAH. Aku tak ingin ia kenapa-kenapa? Sekali lagi hanya Engkau yang tahu calon jodohku itu berada. Sekali-kali berikanlah ia kasih sayang yang sangat tulus dan sepanjang hayat untuknya.

Ya ALLAH mungkin malam ini aku dan Engkau bersaksi untuk memberikan perhatian teramat tulus kepadanya. Ya, calon pendampingku kelak. Aku percaya Engkau adalah zat maha penjaga yang terbaik. Hamba hanya manusia yang selalu dirundung kebutuhan kasih sayang. Namun sangat kuakui hanya kepada Engkaulah kasih sayang yang perlu aku berikan. Karena Engkau maha pemberi kasih sayang yang begitu lama, selama kami hidup di atas bumimu.

Aku percaya semua yang Engkau berikan dan Kau putuskan sangat berarti dan sangat baik bagiku. Aku hanya bisa berterima kasih, mungkin di mata-Mu ini kurang meyakinkan, tapi hanya ini yang bisa ku jabarkan pada-Mu. Di dalam anganku sambil diiringi lagu Kenny-G yang mendayu. Aku mendambakan dan mengimpikan bersama sang istri tercinta di sofa empuk nan hangat memadu kasih sayang berdua sambil menonton tv kebanggaan kami.

Aku meyakini pula itu bakalan terjadi di suatu saat yang indah nanti. Tangan kami bersimpuh bersentuhan mesra layaknya menggenggam dedaunan asri di taman bunga. Pipi istiku menempel mesra di dada bidangku. Bermesraan hanya untuk menunjukkan kasih sayang yang membuahkan pahala, beribadah kepada-Mu.

***

Cerita Ikhlas

25 Juli 2011

Sebenarnya pada diri kita ini tertanam sifat ikhlas yang menurut kita dapat membantu dan memotivasi diri kita di kala putus asa. Sekarang langsung kepokok pembicaraan. Kalau kamu dihadapkan dengan masalah di putusin sama kekasih alias pacaran (itu haram), maka dari itu apa yang sebaiknya kita lakukan? Tentunya pasti bersabar bukan, nah kalau kekasih tersebut langsung cepat meninggalkan dan melupakan kita dan berpaling ke orang lain padahal kita ini masih ada perasaan sayang dengannya akan tetapi kita tak mau mengungkapkan karena hanya waktulah yang bisa menjawab semua. Apa yang kamu lakukan sekarang broo? Pasti bingung campur kecewa sudah pasti merasuk dalam dirimu. Sungguh perasaan ini bisa sampai ke setiap orang manusia termasuk aku bro, makanya aku pengen ceritain hal ini pada kalian semua. Sungguh perasaan yang sakit kalau kita masih sayang sama si doi tapi dianya begitu pada kita, terlalau cepat meninggalkan cerita kisah kasih diantara yang lagi di mabuk asmara tapi sudah keburu putus. Nah lo, itu semua ‘real’ cerita asli di dunia fana ini broo sekalian, maka dari itu sudah sepantasnyalah kita meluruskan niat bahwa hal-hal itu sungguh rusak dan berlaku sementara untuk perasaan itu.

Kita sudah semestinya kalau sudah besar mikir yang baik dan yang tidak baik untuk diri kita, baik di dunia maupun di akhirat. Masa pacaran dijadikan idola, kalau gak pacaran di bilang kunoo. Hilangkan persepsi semacam itu di kalangan modern sekarang. Bener sih paradigma pacaran sekarang dianggap wajib, tapi kalau you-you pada bisa berpikir cerdas sedikit dan istiqomah, pasti you-you pada dapat membedakan yang baik dan yang buruk. Ingat hidayah itu harus di cari dengan usaha kita sendiri. Tak bisa jatuh bleeg gitu aja kaya jatuh dari langit , bukan itu broo-masbroo sekalian. Banyak lho temanku itu yang suka pacaran baik jauh dan deket. Bagiku itu sama aja temanya pacaran. Bagi you-you pada yang sekarang gak pacaran. Bersyukurah sobat karena ALLAH dan para malaikatnya menjagamu terjaga dari panasnya api neraka yang menyala-nyala yang siap menghadangmu jika kau mendekati zina. Tinggal dan jauhi paradigma pacaran itu bro. Gak bangus banget kalo kaya gitu.

Do you know, Islam saat ini masih terjajah kalau ajarannya sih bagus aja, tapi tinggal umatnya saja lagi yang harus belajar memperbaiki diri. Lalu bisa Islam dapat tegak secara menyeluruh di bumi yang kita cinta dan kasih ini. ALLAH itu seneng lho broo, kalau sampean-sampean menyampaikan kebenaran agama-Nya , katakan saja bro dengan gayamu sendiri. Pakai bahasa Madura, jawa, Batak ,Bali, atau Dayak kek. Terserah kan intinya menyampaikan kebenaran sama orang itu namanya dakwah broo. Aku dapat ilmu ini gara-gara aku seneng bargaul sama mereka yang punya waawasan agama dan kehidupan yang amat bagus. Kalau you-you ketemu sama ciri-ciri begitu langsung saja ajak kenalan, dan lebih bagusnya lagi ajak sharing tentang yang kamu gak tahu dalam dunia ini. Asalkan dengan orang tepat!.

Milih teman itu yang dapat kita percaya dan dapat membawa kita bahagia di dunia dan akhirat. Maka gak salah juga kalau kita berguru sama orang muda yang tahu agama. Kalau kita memandang dari segi fiisk jelas sudah kita ketinggalan info tersebut broo. Tapi kalau kita berpikiran objektif yaitu melihat dari segi yang disampaikannya, maka kamu bisa memikir sendiri nanti. Itu yang aku mau sampaikan broo. Luar biasa kaan??Tepuk tangan dulu dong buat kita semua……!!!! Proooookprok  prokprokprok…

Sekarang aku mau bakesah (bahasa Banjar), bakesah itu artinya bercerita broo. Makanya kalau kamu gak tahu bahasa Banjar, belajar yang banyak yaa, soalnya bahasa Kalimantan itu bagus-bagus. Aku aja yang dari Surabaya begini tertarik lho. So, apabila Anda saking asyiiknya belajar sesuatu maka tekunilah belajarnya. Lalu perhatikan apa yang terjadi. Itttuuu……! *Mirip gak sama Mario Teguh??

Kalau aku menyoroti masalah pacaran mungkin sudah basi kali yaa menurut sampean, kan sudah dijabarin panjang lebar di atas. Saatnya kita merancang masa depan yang penuh gemilang dan penuh semangat. Kalau semangat kita jangan tanggung-tanggung broo. Masa’ semangat tanggung-tanggung?? Kalau semangat kita tanggung-tanggung pastinya harapan yang akan kita capai juga tanggung akhirnya.

Oh ya, do you know aku itu sekarang ingin bener lho membuat bukuku sendiri. Tulisan yang dari hasil jerih payahku sendiri. Aku minta uang sama orang tua, tapi kayanya mereka juga banyak keperluan rumah tangga yang musti di pakai uang tersebut. Terus aku juga usul untuk minjem duit sama keluarga mamaku. Eh ternyata aku juga gak enak sama mereka. Entar merepotkan mereka. Ya aku coba usaha yang lain lagi. Kebetulan ketemu sama temenku juga. Terus kami ngorol deh panjang lebar sampai beberapa menitan gitulah. Ujung-ujungnya aku malah curhat, ya terus aku ceritakan sama dia masalah yang aku hadapi yaitu ingin ngolah buku dan menerbitkannya gitu. Eeeeh, ternyata alhamdulilllaaaaaaaah dia bersedia lho broo, asalkan ia baca dan ia setuju. Dalam hatiku , waaah ini keberuntungan nih ketemu sama teman yang luar biasa pedulinya gini. Terus aku kasih aja file nya besok sama dia. Mudah-mudahan ia bisa terima dan mau membantu mencetakkannya. Masalah perhitungan untung itu gak mikir lagi soalnya sudah kebelet seneng. Maka dari itu mudah-mudahan dalam waktu yang aku harapkan dia bisa bilang oke masalah buku yang pertama yang aku mau terbitkan. Soalnya ini kemauanku gak bisa lagi di tunda. Kebelet banget soalnya.

Bayangkan broo, perjuangan ku buat bikin buku. Syukur-syukur gak minta-minta di jalanan.*Lebay. Kalau aku tuh mau minta sama ortu aku juga pikir-pikir, ngerepotin gak ya? Itu terus yang jadi hantu dalam pikiranku. Takutnya nanti ngerepotin, maka dari itulah aku gak mau nyusahin mereka, cukup aku saja berusaha untuk menggapai mimpiku yang pertama.

Satu lagi nih yang aku mau certain bro, terinspirasi dari film gitu laah. Keburu entar  lupa soalnya. Nah gini nih kalau aku melihat sinetron sekarang kayanya gak mendidik gitu laah. Kita ambil satu fakta aja nih yaa. Ada kisah sebiji perempuan, dan selembar laki-laki memadu kasih selama sekitar 4 tahunan gitu. Eh ternyata mereka berpendapat bahwa mereka adalah jodoh yang baik dan diperkirakan akan menikah nantinya. Eh lambat laun  suatu kejadian terjadi. Selembar laki-laki tadi (sengaja penulis gak mau nyebutin kata ‘seorang’ biar rame aja) terkena kecelakaan di jalan raya yang menyebabkan kakinya harus di amputasi. Nah lantas si perempuan tadi masih sayang banget broo sama si selembar laki-laki tadi. Eh tapi apa mau disangka broo, sang pihak keluarga dari sebiji perempuan tadi gak terima. Masa calon pengantin laki-lakinya cacat gitu, ya mana bisa terima gitu mereka. Nah terus mereka tetep aja mau nikah walau apapun erjadi. Tapi si keluarga sebiji perempuan tadi  tetep gak mau , bersikeras mereka kisahnya nih. Membawa si perempuan jauh-jauh dari selembar laki-laki tadi. Nah walhasil gak bisa nikah deh mereka. Nah kalau begini siapa yang salah broo?? Ya pantas kita gak bisa dong nebak hasilnya begitu aja. Kita ambil hikmahnya saja broo dari cerita di atas tadi. Jodoh itu bukan kita nentukan, tetapi dengan kekuasaan dan campur tangan ALLAH tentunya alias pastinya dengan usaha kita juga sesambilan mencari wanita atau laki-laki yang pas di hati kita selebihnya serahkan dengan berdoa kepada ALLAH. Gituu..!

Kasihan kan udah lama-lama bersama eeehh akhirnya ending bikin nangis warga sekampung Purnama di Banjarbaru. Kasian kan jadinya, makanya jangan terlalu berharap sama yang sudah ada di depan mata kita. Jangan terlalu percaya, nanti akhirannya menyesal lho, hayo bagaimana?? Nah terus ada lagi nih kisah lain si laki-laki suka bener sama perempaun tadi, tapi mereka udah lama putus dan si laki-laki tetap aja ngotot ingin sama perempaun tadi. Tapi perempuanya sudah ada yang punya. Maka kalau begini gemana hayoo?? Jawababnnya bersikaplah istiqomah dan bersabar. Kalau perempuannya gak mau ya sudah jangan di paksa,toh perempuan itu buaanayaaak lho di luar sana. Jangan mementingkan yang satu itu. Cari yang lain. Toh ALLAH sudah menetapkan jodoh yang paling layak kok buat kita. Nah sekarang pikirin kalau senadainya mereka kawin pasti ujung-ujungnya berkelahi dalam rumah tangga, kasihan juga kan si anak yang sudah lahir melihat bapak-ibunya bertengkar. Karena dari awal mereka sudah mendahulukan ‘nafsunya’ yaitu hendak kawin saja dan ingin hidup bersama tanpa memikirkan ke depannya bagimana. Kalau di lihat sih banyak kasus rumah tangga sampai bercerai gitu, salah satunya sih yang paling pokok adalah tidak adanya kasih sayang lagi di antara mereka. Kata kasih sayang jangan disepelekan lho..!!

Kasih sayang itu melahirkan kepercayaan, kecintaan, hubungan komunikasi yang baik, saing percaya satu sama lain. Itu dia kehebatan kasih sayang di antara suami-istri.  Apalagi yang bagus itu kalau mau menikahi seorang perempuan (ini buat laki-laki), berilah dulu kasih sayang kita dengan baik jangan terlalu dipaksakan. Nanti kalau dipaksakan akhirannya pasti gak baik juga. Ibaratnya seperti membuka makanan bungkus dengan tergesa-gesa, pastinya nasinya akan berhamburan kan?? Nah itu dia ibaratnya seperti kasih sayang , yang kita berikan kepada lawan jenis. Dan satu yang paling dahsyaaat nih yaitu kita semata-mata memilih wanita tersebut atau laki-laki tersebut hanya karena ALLAH. Insya ALLAH semuanya beresss urusannya.

***

Saat ini aku menulis di kamar ukuran sedang gitu lah buat anak kost. Aku sekarang tinggal di komplek Meranti Griya Asri 2 Banjarbaru . Waah asyik dah kalau nulis di sini. Aku bawaanya gak ingin beranjak dari ini bangku. Walau bangkunya cuma plastik saja, waah tapi bagaikan duduk di singgasana raja broo. Di depan atasku ada cermin yang sedang buat ngaca, sewaktu-waktu kalau habis mandi kan bisa ngaca-ngaca sambil gaya tuh. Haha. Nah di samping kiriku ada handphone butut yang tiap hari menemaniku berkomunikasi baik nelpon sama sms an sama teman-teman terhebat. Ada sekaleng permen yang membuat ku tersenyum karena dialah yang bikin gak bête soalnya dari permenlah aku ada kerjaan ngemut di mulut. Ckkckcckc.

Nah terus dompet ada di sebelah kiriku. Ada juga nih mouse yang ada di samping kiriku, yang siap sedia kala menemaniku untuk menunjuk precursor di laptop. Trus di pojok kiriku ada setumpuk buku kesehatan yang di atasnya ada Al’Qur’an yang ku banggakan. Gelas air minum juga tak lupa aku deskripsikan dengan tutupnya juga. Warnanya putih broo dan tutupnya berwarna merah. Ada kotak kaca matawarna biru dan di belakangku ada springed lumayan enak buat di tiduri. Ada guling juga yang paling asyik buat nemenin tidur berasa kaya istri aja, hehe, tapi ini istri yang terbuat dari kapuk. Bukan istri beneran. Nah kalau beneran kan asyyiik tuh apaalagi adem-adem gitu, apakah yang diakukan..?????… Haaassyyyeeeekkkkkk broooooo. Huuuuusssy lupakan semua itu, saatnya mikir yang laen.

Di samping kiri belakangku ada lemari yang lebih tinggi dariku. Oh yaa, kalau gak kenal orangnya maka tak sayang bukan, bagi yang mau tau tinggiku yaitu 172 cm  setelah aku hitung kemarin waktu bakti sosial. Terus di balik pintu yang ada di samping kiriku persis ada 2celana tergantung rapi di sana. Pokoknya kalau ke kamarku, waah pasti merinding terharu daaah, hayoo bayangin mulai dari sekarang….!!!.

Pastinya bersiiiih broooooo. Jangan disangka aku orangnya gak pembersih yaa, nonsen mah kalau itu. Hahai……

***

Embun pagi membasahi dinding rumah

Selasa, 26 Juli 2011

Assalamu alaikum, apa kabar nih semua?? Baik aja kan?? Semoga kita dalam lindungan-Nya yak….aaamiiin. Wah sory broo, kemaren kecapekan soalnya tadi kebanyakan download video sejarah. Aku barusan saja ngelihat hasil download an kemarin. Sampai-sampai laptop lupa dimatikan. Nah makanya kebangun jam setengah 5. Langsung saja aku sholat sunnah. Nah aku kebiasaan kalau sholat sunnah pengen minta apa yang aku kehendaki. Insya ALLAH broo, pasti terkabul disamping usaha juga setelah doa tersebut. Kan percuma kalau kita berdoa doang. Kalau gak usaha yang sama saja (sami mawon bahasa jawanya).

Waah, kayanya bayangan si dia berkelebat lagi nih broo. Wah gak tau kenapa bisa jadi kaya gini yaa?. Waah kacau nih, bisa-bisa berabe urusan yang lain. Tapi bener lho, ini bayangan kok menghantui terus. Sedikit-dikit terbayang, sedikit-dikit terbayang begitu. Caraya supaya hilang bagaimana yaa? Wah gak tau nih caranya aku, blank kalau pagi gini. Biasanya sih baca al-qur’an cepet banget tuh hilangnya, tapi kok masih saja yaa. Apakah ini pertanda bahwaaa…… . Ah sudahlah jangan dibahas. Nanti seperti dulu lagi. Saatnya mikir yang lain yang lebih berguna saja.

Embun di pagi hari ini sungguh sejuk apabila dirasakan sungguh anugerah ALLAH yang luar biasa. Embun itu sangatlah enak kalau kita pandang, bawaannya pengen tidur lagi, eiits tapi jangan dulu soalnya kegiatan masih banyak menunggu. Teman-temanku itu suka sekali mengagendakan sesuatu kegiatan yang baik buat dirinya. Biasanya di tulis di buku kecil begitu. Nah tapi ada sedikit masukan nih, janganlah agenda itu yang mengatur kita. Buatlah diri kita yang mengatur agenda kegiatan kita tersebut. Itu baru namanya bisa memanajemen.

Kalau aku coba-coba sih, seperti mudah tapi pas pelaksanaannya itu lho yang bikin orang bingung. Seharusnya kalau kita mengagendakan sesuatu itu kan harusnya sesuai dengan apa yang kita lakukan tapi masalahnya penyakit manusia ini kadang maleeessnya itu lho yang bikin pening kepala. Bagaimana tidak , susah-susah sudah kita mengegendakan kegiatan waktu malam, eeh ternyata pas kejadian pada esok harinya malahan terlunta-lunta bahkan sampai ada kegiatan dalam agenda yang tidak dikerjakan. Waah kalau begini pengennya sempurna terus nih sesuai agenda yang kita cantumkan di buku kecil.

Tapi apa mau dikata, kegiatan yang mendadak yang seharusnya harus dilakukan pada waktu itu, ya apa boleh buat, prioritaskan yang lebih penting dulu. Kan di dalam Al-qur’an juga sudah dituliskan. Selesaikan satu urusanmu dulu baru urusan yang lain. Waah kalau melihat surah ini inginnya aku sempurna terus. Masih dalam proses ini sebenarnya untuk menyesuaikan agenda dengan kegiatan yang dilakukan. Apa lagi nih kalau melihat RTK (Rencana Tahunan Kehidupan) yang memuat proposal kehidupanku. Kalau aku kemarin membuat seperti kelihatan ‘wah’. Tapi di situlah letak kedahsyatannya. Kalau kita tidak megolah seperti’wah’ ya kapan lagi kan??.

Soalnya dari sana kita dapat termotivasi buat selalu kerja dan tidak berdiam diri. Kata orang sukses yang diwawancarai di Kick Andy kemarin. Kalau kita berdiam maka kita tenggelam kalau kita bergerak kita akan selamat dan sukses sampai tujuan kita harapkan. Beeh, baguskan kata-kata beliau. Aku lupa siapa beliau yang jelas dia adalah tokoh yang di ceritakan di novel ‘Negara 5 menara’. Sampai-sampai aku melihat acara tersebut bergidik luar biasa kagum akan etos kerjanya yang sangat disiplin. Bagaimana tidak broo!!!.  Dia mendapatkan beasiswa terbanyak gitu di kalangan alumnus ponpes Gontor Jakarta sana. Gak sembarangan orang kalau mendapatkan beasiswa itu. Harus belajar pastinya dan tentunya usaha yang tak kenal lelah. Serta doa yang tak kunjung padam oleh banyaknya godaan di sekeliling.

***

Assalamu alaikum yang ada di sana? Mudah-mudahan baik-baik sajo yoo….aamiin. Sekarang kita enaknya ngomongin masalah etos kerja yoo. Soalnya ini etos kerja sangat penting buat semua manusia termasuk saya. Buat biantang dan tumbhan sudah jelas gak pakai ini prinsip. Soalnya mana bisa juga binatang di ajak kompromi, yaa pengennya mereka makan terus, ya kan.

Nah etos kerja di dalam pikiranmu sekarang apa sih? Pasti kerja ya kerja, etos ya etos, itu bukan jawaban namanya. Arti etos kerja adalah kemampuan kita mengatur dan memberikan kemampuan praktek yang benar dalam bekerja. Etos kerja di Indonesia saat ini sangatlah kurang benar di mata masyarakatnya. Terutama masyarakat Indnesia sendiri yang sebagian besar masih memegang prinsip malas. Memang bener sih, malees itu sebagian dari kehidupan kita, gak ada obatnya selain kita sendiri yang melawannya. Ibaratnya seperti obat Mixagrip yang lumayan menyembuhkan orang yang sedang sakit kepala. Begitu juga dengan kita, obat dalam diri kita adalah kemauan kita sendiri untuk menghilangkan sifat malas tersebut. Aku juga sering terkena penyakit maleess bin koler (bahasa Banjar).

Maka dari itu ini penyakit kata staf gedung histology yang kemarin menasehatiku sungguh penyakit datangnya dari jiwa. Sungguh menyakitkan kalau ini penyakit tidak bisa dihilangkan, bayangkan saja, kalau ini penyakit sampai ke masa tua kita, hayoo?? Bagaimana jadinya masa depan kita. Makmur enggak, keblangsak malah iya. Keblangsak itu artinya ‘jatuh’ bisa juga diartikan masa depan suram. Mau seperti itu???

Nah kalau penyakit malas ini terjangkit di seluruh Indonesia, gak usah jauh-jauh deh, dalam ruang lingkup angkatan kita saja nih. Waah bukan maen akibatnya nanti buat angkatan kita. Sungguh sangat mmenyedihkan sampai-sampai nangis darah (itu gak mungkin). Nah malas kalau dipelihara bagaikan melihara ular kobra dalam kelambu masing-masing. Dihantui dan siap-siap terbius mati olehnya. Luar biasa kan penyakit males ini. Walau hanya 5 huruf tapi dia memiliki racun yang mematikan. Bayangkan sajaaa…!!!!

Nah penyakit males bila dipelihara terus menerus bakalan menjadi momok bangsa, bahkan etos kerja pun sampai keblinger. Yang menyebabkan rakyatnya tak bisa berkarya dan menciptakan teknologi, seni, pertahanan keamanan, dan lain-lain. Nantinya berakibat pada kemiskinan itu sendiri. Mau gak di sebut orang miskin?? Aku aja ogah di sebut orang miskin. Soalnya orang miskin itu, mau ini itu bakalan susah, soalnya terkait dnegan maslah keuangan dan juga status sosial di pandang rendah saat ini. Maka dari itu sudah sepantasnya, kita sebagai manusia untuk saling mengingatkan.

Cobalah contoh para pahlawan Negara kita dan terlebih lagi etos kerja Muhammad Al Fatih yang menaklukan Konstantinopel. Bayangkan lho broo, si Muhammad Al fatih itu sampai-sampai menyuruh dan mengangkat kapal yang sekian banyak naik ke gunung hanya untuk menaklukan Konstantinopel. Kalau gak tahu coba aja baca buku sejarah Islam gitu, pastinya kamu termotivasi buat selalu berkarya dan selalu bergerak. Ingat broo…!!! Diam itu mati, bergerak itu hidup. Ini penuh makna kata-kataku ini. Maksudnya kita di suruh bergerak terus kalau capek ya istirahat. Tak ada kenal lelah dalam hidup ,itu yang harus ditanamkan seperti akar yang paling dalam di dalam hidup you-you pada.

Etos kerja umat muslim itu sangatlah brilian banget broo. Tak ada kenal lelah, kalau lelah istirahat sebentar dalam rangka tujuan untuk bergerak kembali beribadah kepada ALLAH. Beribadah bukan hanya sholat, akan tetapi menuntut ilmu, makan, tidur, nah kalau lebih so sweet lagi ‘(bagi yang sudah nikah)>> itu berhubungan badan gitu lah) itu juga ibadah broo. Bayangkan broo sampai sedemikian komplitnya Islam mengajarkan kita untuk beribadah sampai-sampai doanya juga ada lho, lengkap pula. Itu yang bagus di tiru.

Tinggal kitanya saja lagi yang mau meniru etos kerja yang bagus dan komplit atau setengah-setegah saja. Begini saja, kalau kamu mau makan donat kamu suka makan setengah saja atau semuanya (bagi yang suka donat saja) ??…. Pasti mau semuanya bukaan??? Nah begitu juga kita musti meniru semuanya kalau itu baik, nah kalau dipenggal –penggal etos kerja seperti makaan donat setengah-setengah kan gak enak rasanya. Mau di ajak sukses kok bingung, langsung cap cus aja broo dan mbakbroo sekalian. Di jamin bakalan puasss kalau kita megang etos kerja yang brilian tersebut.

***

Sebelum tidur saatnya cerita dulu broo. Rasanya tak lengkap kalau tak bercerita bersamamu seorang. Waah kayanya pengen berpuisi lagi nih…J

Sehangat lambaian selimut di udara malam

Sehangat senyummu padaku

Ku rindu akan senyuman dan tawamu di kala itu

Memadu kasih di bawah sinar rembulan

Sungguh hangat rasanya bila duduk bersanding denganmu

Menikmati hangatnya teh yang mengebul perlahan

Oh sungguh enak bersamamu

Sungguh beruntung diri ini bila bersanding denganmu

Seakan senyum rembulan di tengah malam bagai tersipu malu

Melihat kisah kasih di antara kita……….

Nah itu dia kalimat pembuka yang bisa disimpulkan sendiri dari you-you pada. Buat perempuan itu puisi. Nah kalau laki-laki gak usah kali. Soalnya kalau mau bikin puisi buat laki-laki di kira homseng lagi. Ya dah lah, nikmatin itu puisiku for you seorang. Hangat malam ini kurasakan. Selimut yang tak pernah dipakai-pakai terpampang seperti lukisan saja di kamar ini. Lha wong gak ada nyamuk yang ganggu juga kok. Yaa ngapain buat di pakai. Ya lebih baik di pajang aja di pojok springbed.

Tadi aku ngocol ketawa di rumah temen. Wah soalnya di rumah tv nya masih belum di servis. Makanya maen ke rumah temen tadi, alhamdulllah pada ngumpul semua tadi di sana. Di rumah Yosef  bin gak tahu. Wah itu rumah kayanya pas buat belajar dan bermain kaya ingat waktu TK dulu. Pokoknya asyik dah, pengen belajar sambil rebahan , dudukan, sambil cerita ngolah lagu juga bisa, sambil genjreng-genjreng gitar yang senarnya hilang satu. Tapi no problemoo. Semuanya asyiiik kalau berteman. Apalagi tadi tuh, wah ketawa gak abis-abis nonton OVJ. Kalau si Sule nyanyi, beeeeeh ini suasana hati pengennya ketawa 15 menit gak stop-stop. Yaaah itulah namanya komedi. Membuat orang terhibur seperti di gelitikin Mak erot lagi muda.

Ada satu hal yang bermanfaat yang terngiang di pikiranku. Salah satunya adalah berperilaku jujur. Ini sifat aku pikirkan baru saja. Ini sifat musti kita praktekin, soalnya kalau kita gak mraktekin sifat yang baik ini, jelas sudah bakalan hidup seperti gak bernafas. Katakanlah fakta kejujuran walau itu pahit. Jangan jadi orang bohong, seumur hidup pasti dihantui dnegan adanya dosa dan perasaan bersalah. Jujur dan bohong adalah dua sisi yang berlawanan yang harus kita pilih. Because Life Is Choice. Pilih jujur yang membuahkan kebaikan dalam hidup atau pilih berbohong yang membuahkan keterpurukan dalam hidup???. Semua ada di tanganmu.

Kalau begitu saatnya kita berdoa kepada ALLAH semata. Soalnya aku sudah ngantuk broo. Saatnya kita tidur, bagi yang matanya udah pada mau KO. Sebaiknya gosok gigi, bersihkan tangan –kaki. Lalu berdoa untuk tidur kepada ALLAH. Semoga kita di beri rahmat dan karunia yang besar besoknya. Aaamiiin ya robbal alamin. Okeeeh, sampai jumpa besok pagi, Assalamu alaikum.

***

Nonton lewat internet

27 Juli 2011

Alhamdulilah, kita ketemu lagi di indahnya tulisanku. Hahai. Sekarang sebenarnya aku ini gembira atau biasa-biasa saja yaa?? Waah kayanya ku milih gembira aja dah. Walau tv di rumah rusak belum di servis, internetan di rumah pun sudah cukup walau metro tv doang yang bisa di lihat secara live. Bukan perkara mudah kalau melihat d internet ini. Harus bisa connect lancar dulu baru bisa nonton. Waah kayanya metro tv ini seperti membantu mahasiswa yang gak punya tv di rumah kontrakan kayanya. Walau isinya berita semua tak mengapalah, aku masih seneng, kan kalau semua orang itu harus nonton berita supaya update gitu info yang didapat. Jangan pernah meninggalkan berita, karena beria sangat penting buat perkembangan modernisasi kita bagi mahasiswa, bapak, maupun adek-adek. Kalau aku melihat berita ini yang disoroti adalah masih masalah seputar konflik di tubuh demokrat. Sepertinya ini partai bermasalah, menurutku selama apapun partai ini menjabat pasti mengalami masalah korupsi. Siapa yang tidak tergiur coba, kalau melihat duit bejibun kaya gunung. Waah mata para politikus pada hijau semua tulisannya di bola matanya ada huruf dolar ($). Maka dari itu, aku sebenarnya bingung juga, dulu suka bercita-cita jadi politikus. Tapi kok sekarang politikus kaya tikus yaa???…. Sesuai sama penggalan namanya di belakang yaitu tikus. Saat ini aku melihat banyak fenomena korupsi, kolusi, nepotisme. Bahkan para penegak hukum pun juga termasuk bagian dari lingkaran setan korupsi tersebut.

Sebenarnya susah juga sih memberantas korupsi tersebut. Soalnya sudah mendarah daging dari zaman bahala. Makanya itu, untuk sekarang aku lebih suka bermimpi dan meraih cita-cita menjadi pemimpin amanah, pengusaha, dosen , penulis dan seniman yang sangat sukses. Aku nunggu dan berusaha sistem pemeritahan yang baru saja. Soalnya pemerintahan sekarang memakai sistem yang salah. Sistem yang diwarisi dan dimodifikasi dari pihak Barat yang memiliki tujuan tidak baik yaitu mengeruk kekayaan alam Indonesia. Siapa coba yang kalau di ambil perhiasannya yang gak marah. Begitu juga dengan Indonesia.

Indonesia saat ini orang-orangnya belum merasa, hanya sebagian saja yang merasa bahwa kekayaan alamnya di keruk secara halus. Do you know about di keruk secara halus?? Maksudnya itu mereka (pihak Barat) mengeruk dan mengambil dengan cara politisasi bukan secara paksa seperti zaman dahulu. Maka dari itu broo, sudah sepantasnya kalau kita sudah mampu langsung action saja mengurangi dan menghentikan tindakan tak terpuji tersebut. Masa’ kamu diam saja melihat keuangan kekayaan alam kita di ambil . Ingat broo, kita ini masih di jajah secara politisasi, kita ini masih seperti kebo di colok hidungnya. Apa-apa perintah dari sana, nuruuuuuuttttt aja. Padahal iu merugikan diri sendiri. Haaaduuwwh, mau di kemanakan Negara ini. Bakalan gak bisa maju-maju kita kalau seperti ini. Negara yang dulunya makmur sentosa eeh malah seperti ini. Ingat juga nih kita ini merdeka hanya sebatas kertas proklamsi doang. Faktanya masih dijajah….!!!

Saat ini masyarkat Indonesia seperti kehilangan idealismenya. Sungguh munafik kayanya kalau kita tak perduli dengan kepentingan umat bangsa. Kalau kita mulai dari sekarang berjuangnya insya ALLAH. Negara-nagara yang ada di luar sana yang masih di jajah seperti kita juga pasti berjuang menegakkan kebenaran . Intinya kita ini musti kembali ke ajaran agama yang benar. Yaitu agama yang dapat membawa kita ke arah perubahan. Kata Pak Beye dalam pidatonya. “ Tidak bisa agama di jadikan sistem di Negara ini” itu kalau tidak salah, pokoknya intinya seperti itulah. Nah kalau aku membahas perkataan beliau dalam pidato. Waah ini sudah jelas salah. Malahan agama merupakan ajaran yang sempurna datangnya dari ALLAH SWT lagi. Munafik juga sepertinya kalau kita tak menerapkannya. Bahkan dahulu di zaman Rasul, sudah dibuktikan, rakyatnya makmur dan sentosa. Gak ada tuh terdengar korupsi dan nepotisme. Pokoknya jarang banget ke denger. Nah itu kan sudah bukti broo. Maka dari itu sudah sepantasnya ajaran agama itu di kolaborasikan sama kehidupan kita. Insya ALLAH kita bakalan hidup bahagia di dunia maupun di akhirat. Ingat juga nih. Di dunia ini kita hanya ngumpulin sangu buat ke akhirat. Soalnya akhirat itu kekal selama-lamanya. Maka gunakanlah sebaik-baikya waktu singkat kita di dunia ini untuk berbuat kebaikan kepada sesama manusia bahkan pada Negara. ”Jadikan dunia ada di tanganmu, bukan di hatimu”.

Saluuut sama presenter

28 Juli 2011

Assalamu alaikum broo. Apa kabar nih, siang-siang gini enaknya nonton ‘8 eleven show’ di metro tv. Syukur saja masih tayang. Tapi masih seperti yang dulu sih. Nonton lewat sambungan internet, kata temanku sih, waaah ajiiib beneeer. Nonton kok lewat internet?? Asyyiikk bener, canggih lagi. Tapi ada kurangnya juga sih. Sering ngadaatnya itu lho yang bikin gak sabar orang. Kadang-kadang mau ketawa melihat si presenter. Eeeh malah ketahan ketawanya, gara-gara tersendat oleh buruknya jaringan sambungan. Nah maka dari itu sepertinya aku mau langsung nyervis aja deh ini tv. Biar bisa nonton tv sepuasnya. Sudah sekitar 3 mingguan tv ini belum di servis. Nonton OVJ pun tertunda dan terpaksa download di you tube buat menghilangkan rasa penasaran cerita di OVJ. Tapi kurangnya di internet ini kalau jaringannya gak bagus , ya apa boleh buat. Harus nunggu lama menanti penantian.

Kalau aku melihat presenter di tv itu, gak ada yang gak cantik. Pasti cantiiiiiiiiiik semua. Yaiyalah para pebisnis televisi di acara itu mustinya mencari teruuus presenter yang mumpuni keahliannya. Yang penting lagi mereka mencari yang wajahnya cantik bin jelita. Waaah kalau cantik sih banyak tapi kalau dipadu padankan dengan keahliannya membawakan acara itu lah yang baruu good. Sudah cantik, pinter ngomong, skill bicara bagus, menarik perhatian orang banyak. Beeeeh siapa coba yang gak mau sama tipe wanita seperti itu. Hanya orang saraf yang gak mau. Aku aja mau yang kaya gitu. Hehe.

Nah yang paling ajiiib lagi nih kalau bisa masak broo. Masakannya heeeemmmmm yummy lagi, beeeh gua kasih empat jempol dah kalau ada yang kaya gitu. Yaaah mudah-mudahan lah, kita semua diberikan karunia yang seperti itu. Aaamiiin.  ALLAH itu bakalan ngabulin semua permohonan kita kok, asalkan kita serius dengan apa yang  kita ucapkan dalam permohonan. Waaah apalagi kalau orang tuh, bawaannya pengen nganjurin untuk mencari kaya gitu tuh. Tapi ini hati bertanya teruus, tau enggak jodoh ada di mana??. Tapi tenang aja broo, semua urusan bakal mudah kalau kita istiqomah. Kalau kita serius bin bener-bener pasti semuanya lancar kaya jalan tol di Amerika. Bukan jalan tol di Indonesia yaa, lancar enggak eeeeh malah macet makin nambah. Haaaah Indonesiaaaa-Indonesiaaaa. Kapan ya Negara kita maju seperti Negara-negara yang lain seperti Jepang kek atau Amerika kek. Kan asyik tuh buat warganya sendiri.

Tahu enggak aku lagi nonton apa?? Berita teruuuusss brooo. Soalnya berita di metro tv ini ituuuuuuuuu  teruuusss. Tapi apa boleh buat broo, berita kan juga baguuss. Daripada gak ada yang di tonton, ya kan , ya kan??. Saluuut dah sama presenter di berita-berita tv ini. Bawaannya pengen ngeliaaaat terus. Soalnya cantik bener sih broo, pinter ngomong lagi apalagi ketawanya, beeeh bikin malah senyum terus yang ada di rumah. Waaah kayanya bagai nonton entertainment plus berita deh. Terhibur sekaligus terdidik.

Hmmmm, sepertinya aku mau nulis sebuah novel nih, tapi belum tahu garis besarnya seperti apa. Mungkin ini gara-gara efek baca novel Kang Abik , penulis best seller’ ayat-ayat cinta ‘ malam tadi. Soalnya malam tadi kan gak ada kerjaan. Ujian midtes PAT juga sudah selesai. Makanya iseng-iseng baca novel tapi belum habis siih, soalnya itu novel bikin sakit leher, buanyaaak bener alias tebeeeel kaya coklat batangan. Tapi manfaatnya luar biasa broo kalau kamu baca novel yang religious seperti tulisan Kang Abik. Soalnya beliau juga meniupkan ruh dari Al-Qur’an. Maka dari itu, tulisan juga harus diperhatikan broo. Novel percintaan yang tak berlandaskan agama sepertinya bagai makan burger tanpa isinya. Begitu juga kalau kita membaca novel atau buku-buku lainnya. Bila tak berbau agama dan tak berbau ayat Al-Qur’an sepertinya kurang ‘sreeg’. Nah beda lagi kalau kita sorot novel dari luar sana, misalnya Harry Potter. Nah katanya kalau novel itu bikin sakit kepala sang pembacanya soalnya sihir tulisannya bikin penasaran ingin membaca sampai habis. Tapi bener lho tulisan novel dan buku-buku yang berasaskan Islam itu membuat kita melayang ke angkasa tinggi. Punya kesan yang mendalam pokoknya. Plus lagi nih bikin kita kaya akan ilmu. Because agama itu tak seharusnya dipisahkan dalam kehidupan zaman sekarang. Tetapi yang lebih bagus lagi adalah menerapkan semua ajaran agama khususnya Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Nah sekarang aku mau memikirkan sesuatu nih tentang novel tapi belum tahu jelas juntrungan hasilnya. Aku sih maunya novel yang bisa di baca oleh semua kalangan gitu termasuk gaya tulisan Kang Abik. Tapi jangan di tiru semua tulisan Kang Abik. Kalau ‘genrenya’ sih jangan juga soalnya beliau itu fasih banget buat nulis secara garis besarnya. Kata beliau sih, terinspirasi dari mentadaburi ayat Al-Qur’an satu biji doang. Terus beliau resapi dalam-dalam. Nah keluar deh hasil maha karyanya ke depan public berupa novel ‘Bumi Cinta’. Sepertinya beliau tahu pasaran yang disukai oleh kebanyakan remaja saat ini. Yaitu kata Cinta. Sudah 4 novel rasanya yang aku dengar. Yang bertemakan cinta semua.  Waaah kalau membahas tentang cinta sepertinya tak habis-habis rasanya. Kalau di olah jilidan sebanyak 2 rak buku sepertinya kurang cukup. Itulah cinta. Kekuatannya abadi. Hanya 5 huruf saja, persepsinya macam-macam. Tergantung kita yang menafsirkan. Akan tetapi cinta yang kekal nan abadi adalah cinta kepada ALLAH semata.

Tapi aku maunya sih, menulis itu sekenanya saja. Tapi memiliki makna yang terdalam. Untuk saat ini aku fokus pada satu tujuan target dulu, nah baru di urusin proyek yang lain. Itu baru namanya fokus bener-bener.

***

Pemimpin wanita

Saatnya wanita di Indonesia itu maju. Saatnya wanita Indonesia tidak hanya bekerja di dapur . Saatnya wanita Indonesia menganut paham Islamisme. Karena ajaran Islam itu sungguh sempurna. Islam saja memperlakukan wanita sungguh sempurna. Menghormati dan menjunjung tinggi martabat wanita di hadapan setiap lelaki. Dulu memang di zaman jahiliyah. Wanita dipandang sebelah mata akan tetapi setelah Islam lahir dan muncul dan menanamkan pengaruh positifnya di depan masyarakat dunia. Seakan-akan wanita tinggi kedudukannya. Setara dengan laki-laki. Akan tetapi yang lebih baik adalah wanita dan laki-laki mengetahui kodratnya masing-masing. Kegiatan wanita tak dikekang selama itu positif dan tak menyalahi aturan kode etik yang berlaku dalam syariat. Sungguh wanita itu ibarat kata lebih mahal harganya di bandingkan berlian segepok di tangan bahkan bisa lebih dari itu perumpamaannya. Maka dari itu sudah sepantasnya wanita di Indonesia bangkit dan menunjukkan eksistensinya di mata dunia kalau perlu. Contoh saja seperti Perdana Menteri Benazir Bhuto dari Pakistan. Beliau walaupun didera dengan berbagai macam ujian, tetap saja di hati beliau hanya satu yaitu ingin membahagiakan rakyatnya dari pemerintahan yang tak menghargai hak asasi manusia. Sesungguhnya wanita harusnya seperti itu. Menjunjung tinggi kepentingan kelompoknya atau kepentingan umum terlebih dahulu. Maka dari itu sungguh salah kodrat bila wanita hanya memikirkan belajar, nikah, kawin, melahirkan anak, tanpa berkreativitas. Malu bila seoarang wanita hanya terpaku pada kegiatan yang itu-itu saja. Marilah bangkit wanita Indonesia. Kau pasti bisa menunjukkan taring tajammu di hadapan umum. Sungguh kunanti saat-saat seperti itu.

Jangan mau di ajak yang bukan-bukan. Maka dari itu sungguh mulia bila melihat wanita Indonesia memiliki prestasi yang membanggakan selain memiliki wajah yang sungguh cantik dibalut dengan kesopanan dan keramah-tamahan. Lelaki hebat pasti mencarimu. Bahkan sampai ke ujung dunia pun, lelaki yang mengimpikanmu pasti mencari dan merindumu. Sunggu tak bohong apabila aku berkata seperti ini. Lihatlah Ibu Kartini, lihatlah Benazir Bhuto dan pejuang wanita lainnya. Sungguh mulia memiliki wanita seperti yang diimpikan. Sungguh prestasi yang membanggakan kalau saja mendapatkan wanita yang sholehah terutamanya. Wanita sholehah itu ibarat perhiasan paling mahal di dunia. Coba lihat saja wanita sekarang, kebanyakan pada belum insyaf, lihat saja mau-maunya di pinggiran jalan atau di jalan-jalan waktu malam mingguan di pegang oleh sang lelaki pujaan. Padahal belum muhrimnya. Maka dari itu kasiaaaaan bener wanita kaya itu. Di mata Islam dan di mata masyarakat sekarang kalau melihat wanita seperti itu, bagaikan gak ada harganya. Maaf  lho yaa, ngomong seperti itu, ini memang bener gak boohongan. Aku menyampaikan yang fakta saja. Masa’ dan bayangkan yaaa, wanita yang di junjung tinggi harkat dan kehormatannya oleh agama masa’ berlaku seperti itu. Wanita itu tiang agama broo-mbak broo sekalian. Salah jika wanita berlaku tak sopan dan tak ramah tamah terhadap orang umum. Salah jika wanita tak memegang peranan dan jati diri seorang muslimah. Salah jika wanita tak berpegang teguh pada Al-qur’anul Kariim.

Sebenarnya tinggal pilihan saja. Life Is choice. Barang siapa wanita tak berpegang teguh pada keimanan dan ketawaan yang murni maka akan jatuh binasalah mereka. Akan tetapi sebaliknya, wanita yang sholehah dan berpegang teguh pada keimanan dan ketakwaan yang hakiki maka akan selamat dunia dan akhirat….!!! Itu pasti. Nah sekarang kita bahas masalah yang sensitive yaa. Masalah kerudung nih alias jiblab (itu bahasa salahnya) yang bener Jilbab alias penutup rambut dan kepala. Banyak lho zaman sekarang wanita yang gak pake jilbab. Padahal itu hukumnya wajib lhoo. Tahu kan maksud dari kata wajib??? Kalau gak ngerti sini, biar aku jelasin. Beda wajib sama haram itu jelas sekali perbedaan artinya. Wajib yaa harus dilaksanakan. Nah kalau haram itu mah dapat dosa dan ganjarannya neraka/….!! Banyak juga lho yang berpendapat ‘kerudungin hati dulu baru yang luar’. Nah itu pendapat jelas SALAH banget broo-mbakbroo sekalian. Masa kerudungin hati dulu?? Pas besok meninggal , nah lhoo siapa yang salah, padahal kan sudah diberi tahu yang bener, eeh malah dikatain dengan pendapat yang ecek-ecek seperti itu. Kalau mendapat perkataan yang benar , memang bener sih kebanyakan orang harus mikir dulu dan kebanyakan harus merenung dari perkataan yang disampaikan orang. Tapi bentar dulu broo. Kalau yang disampaikan bener ya langsung saja di lakukan , toh itu kebaikan dunia dan akhirat.

Takutnya nih yaa, kalau besok-besok itu kita dipanggil ALLAH broo dan mbak-mbak sekalian. Eeeh malah gak sempet tobat dan yang ngeri lagi nih yang sempet neglindungin diri wanita-wanita sekalian dengan pakaian yang di sukai oleh ALLAH. Sebenarnya baguss bener lho kalau wanita itu berpakaian sopan pakai busana muslimah begitu. Asli daaah bikin orang menghormatin kita. Nah bagi wanita yang bertipe gak sabar untuk di pegang seorang lelaki yang halal. Ya nikahlah salah satu jalannya kalau enggak ya puasa lah. Daripada buka kerudung sembarangan kaya gitu. Kan lebih baik langsung saja di tutupin dengan kerudung yang bagus. Dan jangan salah lho, kerudung zaman sekarang model-modelnya bagus-bagus apalagi kalau aku melihat salah seorang model di angkatanku. Beeeh dah kaya artis aja. Pokoknya penampilan itu juga nomor satu apalagi kalau di balut denga pakaian yang sopan. Aku bener-bener minta maaf  lho ya kalau pendapatku ini menyakiti hatimu. Karena aku tahu perasaan perempuan itu bagaikan daun putri malu murni sensitifnya. Maka dari itu aku mintaa maaf  yaaa, kalau pendapatku ini seperti menimbulkan kontroversi hangat kaya di acara SILET. Tapi bener dan  sebenernya lho, pendapatku ini aku ambil dari syariat Islam yang memegang teguh kehormatan wanita di mata lelaki bahkan di mata ALLAH pastinya.

Gembira yang terluap bagai buih

29 Juli 2011

Assalamu alaikum broo-mbakbroo sekalian. Waah seneng rasanya habis nonton bola kemaren di rumah temenku. Yosef namanya. Rumahnya bagai stadion mini di Lambung Magkurat. Asssyyiiiik pokoknya ngumpul sama temen. Sambil teriak-teriak goooooooooooooooooooooollllllllllllllll. Nah yang paling antusias sih yang empunya rumah, pakai baju timnas saat nonton si yosef itu broo. Waah luar biasa yang satu ini. Fanatik banget sama bola, saluut gua. Nah pas kebobolan si Indonesia itu tuh, aku langusng cemberut sambil memangku tanganku sendiri. 4-3 lho broo skornya melawan Turkmenistan. Waaaah seru pokoknya. Kalau aja aku punya uang banyak pasti dah ku boyong itu temen-temenku ke stadion GBK Jakarta. Itu kalau ada uang yang buanyaaaaaak lho ya. Nah kalau uangnya sedkit yaa, mendingan nonton di rumah sambil kumpul-kumpul makan kacang ‘garuda’ yang banyak biarin jerawat tambah banyak. Tapi kalau aku nonsen la yau. Palingan sedikit doang aku kena jerawat, palingan besoknya udaaaah ….…..#gak sembuh sih.

Nah pas pulangnya aku bikin janji sama temenku soalnya besok tak ada kuliah PAT. Nah maka dari itu aku langsung buat janji supaya bikin kegiatan adrenaline besok harinya. Aku ngadakan kegiatan pulang kampung ke BJM tapi pas subuh. Nah lho, asyiiik kan habis sholat subuh langsung ke BJM. Dingin-dingin situuu, biar adeem campur empuk juga. Waah tambah asyiik lagi nih soalnya di temenin sama temen-temen , dua orang aja sih. Soalnya mereka juga punya kepentingan di BJM. Nah aku manfaatin sebaik-baikya keematan emas ini buat ceritain ke elo-elo semua. Sama you-you pada. Kan asyyiik tuh. Loe tau gak broo. Aku pas di jalan tadi gak ngebut , biasa aja. Soalnya dinginnya itu lho yang gak nahan. Mana pakai jaket tipis lagi aku. Waah ini badan kayaknya habis bertamasya di Rusia, Moskwa. Dinginnya kaya (-20 derajat) Celcius. Tangan kiriku selalau memegang perut, takut angin pagi yang dingin masuk ke puser.

Nah pas sesampai di BJM, langsung aja aku cuci tangan, sambil ini tangan aku usep-usepin di tangan juga maksudnya di gosok-gosok gitu biar panas, ngembalikan suhu tubuh yang barusan bertamasya di Rusia,Moskwa. Kenapa yaa, aku sering nulis kata Rusia, Moskwa. Oh yaa, mungkin aku tadi baca novel dari Kang Abik yang berjudul ‘Bumi Cinta’. Beliau menceritakan banyak tentang bahasa Rusia dan keadaan yang romantik di sana. Maka dari itu broo, aku akhir-akhir ini nulis kata Moskwa gitu. Moskwa ibukotanya Rusia. Sama seperti Jakarta ibukotanya Indonesia. Nah kalau Banjarmasin ibukotanya Kalimantan Selatan. Tapi aku gak tahu, kok yang sering disebutin itu ibu terus. Bapak kotanya mana yaa…?. Waah gak adil nih. Kalau menurutku sih, kalau ibukota bersanding dengan bapak kota nanti bakalan musuhan dan sewaktu-waktu bisa bertengkar akhirnya Negara gak bisa jadi Negara sakinah , mawaddah, warahmah. Kan berabe kalau gitu…hahha…

Sebenarnya sih dalam benak ini juga ada lho ide buat Negara Wibi. Wibi itu nama beken gua bro. Kalau waktu SMA, dipanggil ‘wewe’. Dari singkatan RW gitu. Eeh ternyata dipanggil huruf belakngnya saja. Nah jadi wewe dah waktu SMA itu. Tapi ora opo-opo itu nama berkesan bangat sampai sekarang. Tapi kayaknya bagusan panggilan wibi dah kayanya. Kan kalau dipanggil sama perempuan apalagi perempuan sholehah dan cantiknya subhanallah walhamdulillah walailaha illallah wallahu akbar nih. “ Mas wibiii, mas wibiiiikuuu”Isssh nah loh, beeeeh ini rasa bedebar bagai petasan mencrot kesana kemari. Waaah itu moment pasti kuingat selamanya dah broo. Gak bakalan aku buang begitu saja. Pokoknya subhanallah allahu akbar dah pujian kepada ALLAH.

Nah sekarang enaknya membahas apa ya? Maksudnya cerita apa gitu???.  Oh ya barusan tadi aku dapat balesan sms dari rekan bisnisku. Waah ini peluang bisnis yang cerah nih menurutku . Ya gak jauh masalah penerbitan buku ku sih. Buku yang pertama maksudnya. Soalnya buku yang pertama ini belum di jilid padahal sudah rampung beberapa bulan yang lalu. Tapi aku sudah konsultasikan sama rekan bisnis itu. Akhirnya dia sepertinya tertarik dan manggil aku besok siang. Waah semoga bisa tercapai angan-anagnku yang pertama ini. Aaamiiin. Semoga saja awal langkah ini menjadi batu loncatan yang pasti dan tak semu. Nah kalau kita mikir ke arah untung sih gak ada habis-habisnya. Tapi supaya lebih bersemangat aku coba sharingkan saja supaya menambah motivasi kita-kita ini di kalangan anak muda Indonesia.

Rencananya, bisnis buku yag pertama yang berawal dari tulisan asliku ini akan ku bicarakan lebih detail . Nah kalau udah ‘fixed’ baru aku dan rekan bisnisku membicarakan masalah keuntungan apabila laku laris. Mudahan saja aaamiiin. Kalau aku bisa ambil untung bersih 5 juta saja. Aku bakalan putar modal supaya aku bisa mendapatkan untung bersih yang lebih banyak lagi yaitu 10 juta. Nah kalau sudah 10 juta, bakalan aku puter lagi sampai mencapai 20 juta. Kalau sudah mencapai nominal tersebut aku langsung tabung saja 7 juta an sebagai modal sewaktu-waktu yang bisa dipakai lagi. Nah kalau gtiu kan tinggal 13 juta an tuh. Rencananya sih mau beli handphone baru. Soalnya handphoneku butut amat broo. Nokia 1600 yang bunyinya gak karuan gitu. Tapi gak papa lah. Itu hp gak akan ku jual , tapi akan aku koleksi dan masih kupakai sebagai cadangan. Nah terus kira-kira aku beli hp yang sekitar 1,5 juta an saja biar gak boros kan yang penting bisa dipakai dan buat sms dan telpon yang penting-penting saja. Nah 500 ribunya aku mau sedekahkan. Terus tinggal 1.100.000 tuh. Nah itu rencananya mau aku pakai buat bikin buku lagi yang gak tahu keberapa, soalnya ini masih ancang-ancang saja broo-mbakbro sekalian. Nah dari uang itu juga aku mau beli sepeda fixie yang sudah lama aku idam-idamkan . Aku maunya pakai sepeda itu ke kampus kalau kuliah pagi saja. Nah kalau siang aku ogah pakai sepeda soalnya itu sinar matahari kayanya ‘ganas’.

Palingan 2 jutaan itu uang dipakai buat beli sepeda. Nah kan sisa 9 juta tuh. Mudah-mudahan itu uang aku pakai buat kegiatan yang positif. Sekali lagi ini masih rencana real usahaku sendiri. Aku soalnya pengen dapat duit dari usahaku sendiri broo. Malu kayanya kalau mintan uang sama orang tua terus. Saatnya berkarya buat bangsa dengan mujarabnya berbagi dengan sesama. Itu namanya pemuda Indonesia kreatifpreneur. Ini sengaja juga buat you-you pada pemuda Indonesia, biar lebih bersemangat lagi tentunya dengan usaha yang kamu miliki dan yang penting lagi nih, kalau kerja itu jangan mikir terlalu lama. Cukup teori itu 10 % nah prakteknya saja yang di banyakin yaitu 90%. Percuma juga lho broo kalau kita cuma bisa ngomong tapi gak action alias take do it gitu. Kayak pemuda-pemudi ompong terlihatnya. Padahal kita ini macan dunia yang bisa mengubah dunia dengan tangan kita kalau bisa kita ubah dengan ‘tangan satu’tanpa ‘tangan dua’ alias kedua belah tangan gitu maksudnya. Bagiku prinsip tangan satu pun bisa kok mengubah dunia. Gak perlu lengkap anggota tubuh. Aku terinspirasi dari acara tv lagi nih. Bayangkan broo, ada yang berhasil dan suskes dengan tangan yang cuma sebelah. Itu yang patut di tiru….!

Percuma dong kalau kita cuma bisa ngomong tapi tak bisa prakteknya. Bagai makan sambel pecel gak ada piringnya. Makan di lantai aja situ sekalian. Aku juga banyak lho melihat fakta di ‘perfacebookan’ di Indonesia. Mereka banyak ngomong sih di facebook. Tapi gak sesuai realita kenyataan yang mereka ketik di dunia maya tersebut. Kalau mau nulis di dunia maya harusnya langsung dipraktekin dong. Yang baik-baik tentunya. Itu yang bakalan di senengin orang tua.

Sepertinya hari ini aku gembira bagai buih di lautan. Buanyaaak banget gembiranya. Semoga saja, gembira ini bisa tertular ke you-you pada yang lagi baca ini. Dipikiranku saat ini mau bikin perusahaan sendiri broo. Ini nih yang bakalan mau aku bikin, semoga terlaksana dan tercapai dan bisa direalisasikan usahanya, aamiin.:

  1. Wibi’s Book Group >> ini rencananya usaha perkumpulan para penulis gitu, nah aku yang nerbitin sebagai kepala perusahaannya. Jadi aku yang mengatur semua para penulis, maunya sih seluruh Indonesia cakupannya. Hehe.
  2. Wibi’s cake >> nah kalau yang ini terinspirasi dari toko kue ‘Isna’ di Banjarbaru. Waah seneng dah pokoknya kalau aku makan kue tiap hari. Nah yang jadi manager sekaligus pemegang kendali usaha itu aku percayakan sama emak alias bundaku. Yaitu ibuku sendiri. Soalnya beliau suka bikin bolu, kue-kue basah-kering dan lain-lain. Dan masih banyaaaaaaaak lagi yang lainnya. Tapi tetep aku yang jadi pengendali utama  usaha itu soalnya aku sendiri yang modalin broo…hahaii…
  3. Nah terus aku mau bikin usaha ‘Wibi’s catering”>> nah kalau yang ini juga urusannya ibuku. Soalnya dia juga jago bikin berbagai macam masakannya. Apalagi kalau beliau mengadopsi terus langsung memodifikasi makanan yang sudah ada di Indonesia ini. Beeeh bakalan yakin aku, ini usaha seperti ‘Subur Group’ gitu, dan mudahan bakal langgeng ini usaha dan sukses makmur sentosa, gemah ripah loh jinawi
  4. Terus kalau lancar semua nih, aku mau lanjutkan usaha berikutnya yaitu “Wibi’Air” >> nah kalau yang ini kayaknya masih jauh dari harapan soalnya ini modalnya buaanyaaak banget broo. Bermilyar-milyar dollar kayaknya, tapi apa sih semua di dunia ini. Gak ada yang gak mungkin. Semuanya pasti mungkin, bakalan terlaksana kalau kita serius. Ini usaha aku real dari pikiran murniku sendiri. Soalnya aku ngiri sama pilot di lapangan terbang. Asyyiikk lho bro, kesana kemari terbang kaya burung garuda. Kesana kemari juga oke. Makanya jadi pengen nih kaya gitu. Keluargaku sendiri kayaknya pernah berharap lho. “ Seandainya ya riz, kita punya agen travel sendiri seperti pesawat terbang gitu, wah ibu kayaknya mau bolak balik BJM_Surabaya nih, hihihi” ketawa beliau kepadaku. Ya semoga saja hal itu bisa tercapai dengan sempurna, aaamiin. Kan enak lho kalau sewaktu-waktu ada perlu ke kota orang, langsung tinggal capsus terbang saja, tanpa mikirin uang lagi. Wong pesawat saja ada sendiri. Pesawat sendiri lagi. Yiiiiihhhhhaaaa.
  5. Terus mau mendirikan sebuah usaha lembaga pendidikan yaitu “Wibi’s Institute College” disingkat WIC. WIC itu impianku sudah lama. Soalnya terinspirasi dari lembaga bimbingan belajar ‘Primagama’ gitu. Waah jadi gak sabar nih jadi pemimpin perusahaan secepatnya.
  6. Yang terakhir aku bikin “Wibi’s Center” >> ini perusahaan yang jadi pusat seluruh usahaku. Jadi tinggal kontrol di dalam saja, terima laporan keuntungan dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Kalau ada masalah ya langsung saja di selesaikan. Tentunya aku gak mau stagnan di situ-situ saja. Terus mencari relasi mengembangkan usaha sebanyak-banyaknya di kancah internasional. Dan satu yang penting beribadah itulah tujuannya. Jangan lupa meninggalkan ibadah di sela-sela kegiatan usaha. Mudahan terlaksana dan tercapai semua. Aaamiiin ya robbal alamin.

Dengar lagu melankolis

30 Jui 2011

Mimpi yang mudah-mudahan saja jadi kenyataan. Terlintas di panggil oleh acara Kick Andy di metro tv nih. Tadi dari perjalanan BJM ke BJB sekitar 55 menit an gitu. Terlintas pikiran dan angan-angan menjadi seorang yang memberi motivasi di depan orang banyak. Berbagi cerita kesuksesan ya salah satunya dipanggil oleh Bung Andy F Noya. Salah satu presenter pembawa acara di metro tv yang aku senangi. Kalau beliau Tanya ini itu seperti diberi kesempatan ngomong diperhatikan orang banyak saja. Bayangkan lho yang nonton itu seluruh penduduk Indonesia sampai Marauke sana, tapi kalau makhluk hidup yang lain seperti binatang dan tumbuhan gak bisa nonton sih. Wah bener-bener impian yang pengen di realisasikan nih. Terlintas juga dibenak pikiran saya duduk di depan orang banyak terus ditanya perjuangan dari awal sampai mencapai kesuksesan gemilang bagai cahaya. Chek this Out, ini terlintas di jalan tadi, makanya aku olah skema dialognya.

Andy F Noya      : Selamat datang saudara wibi?

Aku                        : Ya selamat juga pak Andy.

Andy F Noya      : Saya lihat Anda sekarang agak gemukan sedikit yaaa

Penonton & Aku              : hahahahhaha….(ketawa kecil)

Andy F Noya      : pemirsa, mungkin Anda belum tahu sosok salah satu pengusaha sukses di Indonesia ini. Ia sering di sebut olah teman-temannya ‘Bala So Sweet’. Mungkin Anda penasaran bagaimanakah sepak terjang perbisnisan beliau sampai sekarang dan bagaimanakah penuturannya tentang cerita masa lalunya? Mari kita lihat sekilas cerita tentang Rizki Wibisono.

(Cerita sekilas ditayangkan di layar metro tv, dengan suara monolog pembawa berita)

“ Seorang laki-laki yang lahir di Surabaya tanggal 22 Juni 1992 ini dari pasangan Subiso, S.Pd seorang Guru di SMKN 5 Banjarmasin ini dan ibu reni Susilaningtyas seorang ibu rumah tangga yang sambil merangkap sebagai penjual kue dan makanan catering, yang menamatkan kuliah di UNLAM Banjarbaru Prodi kesehatan Masyarakat. Ia berhasil menjadi salah satu pengusaha tersukses di Indonesia. Beliau meraih penghargaan bergengsi sebagai pengusaha berdedikasi tinggi dalam acara bergengsi “Enterprenuer Change The World” yang diselenggarakan oleh badan PBB yang menangani masalah kemiskinan.  Beliau berhasil menguragi angka kemiskinan di Indonesia dengan membuka sebanyak-banyaknya lapangan pekerjaan di Indonesia. Laki-laki yang hoby menulis, main basket, dan nonton ini memiliki kebiasaan bergaul dengan teman-temannya. Salah satu yang menjadi kesenangannya  adalah tukar pengalaman. Menurutnya teman adalah visa paling bagus dalam kehidupannya.

(Tepuk tangan meriah penonton pun semarak, prokprokprokprok)

AndiF Noya         : Oke , Mas Wibi. Begitu ya panggilannya?

Aku                        : itu panggilan sambilan saya waktu kuliah pak

Andi F Noya        : Oh gituuu. Lantas masa dulu Anda seperti apa sih, saya pengen tahu. Mungkin dari awal bisnis yang Anda geluti pertama kali??

Aku                        : berawal saya ini waktu gak punya uang pak. Terus saya sering sekali sampai umur 19 tahun minta duit orang tua terus. Lantas dari situ saya banyak bergaul dan berteman dengan teman sekampus maupun teman di luar kampus. Nah dari situ saya terlintas untuk bekerja. Saya awali dengan ngeleskan anak-anak dari PlayGroup sampai SD kelas 5 gitu.

Andi F Noya        : bertahan berapa lama itu ngeleskan anak-anak?

Aku                        : Kira-kira sekitar setahun aja pak. Yaa sesambilan aja sih, daripada gak ada kerjaan selesai pulang dari kampus, ya saya iseng-iseng cari kenalan dari keluarga. Alhamdulillah keluarga dekat saya waktu itu namanya mama Rian mencarikan saya pekerjaan.

Andi F Noya        : lantas memulai bisnis buku pertama kali itu dari mana kepikirannya?

Aku                        : Ya saya ini, berawal dari gak punya uang tadi pak, jadi saya kepepet buat cari akal gitu.

Andi F Noya        : Ooooo jadi Anda sukses berawal dari gak punya duiit gitu…..??(bergaya blo’on)

Penonton & Aku              : hahahhahhaahhahaha….(ketawa penonton melepaskan keheningan sesaat)

Andi F noya        : emang unik yaaa, sukses berawal dari gak punya uang. Lalu bagaimana ceritanya Anda dapat penghargaan tertinggi sebagai pengusaha paling sukses di 5 bidang yang berbeda?? Apa kajian Ada??? Pake santet yaa??

Penonton & Aku              :hahahahaha (ketawa lagi mendengar banyolannya mas Andy)

Aku                        : Ya enggak lah mas. Saya enggak pake santet. Itu memang berawal dari saya pengen punya uang saku sendiri dan bagaimana caranya supaya saya dapat uang dari hasil kerja keras saya sendiri. Itu saya awali dengan menulis tentang kehidupan pribadi saya. Saya ceritakan di situ semua yang perlu-perlu saja. Lalu dari menulis itu saya pengen ngebuat buku dari tulisan saya. Tapi masalahnya ya itu mas. Uang keluarga saya ke pake semua. Pengen minta waktu itu sama ibu-bapak, tapi beliau-beliau kayanya kepake buat keperluan rumah tangga. Padahal ngebet banget saya pengen ngecetak buku pertama saya. Lantas 2 bulan berlalu saya sempat putus asa. Tapi saya gak kalah begitu saja. Saya berdoa sama ALLAH mohon diberikan kemudahan. Akhirnya saya dipertemukan sama kakak tingkat waktu itu yang juga suka nulis buku. Nah dari situlah kami memulai bisnis ecek-ecekan tapi saya nganggep itu bisnis besar waktu itu. Karena saya asli gak tahu namanya bisnis.

Andi F noya        : lantas apa yang ada di pikiran Anda waktu itu untuk mencapai cita-cita Anda yang katanya yang Anda tulis di buku Anda ini, yaitu ingin menjadi pemimpin, pengusaha, dosen, penulis, dan seniman yang sangat sukses.???

Aku                        : Waktu itu di pikiran saya adalah angan-angan dan mmpi saja. Tapi saya masih buntu pengalaman. Saya terus berdoa dan berusaha untuk mencapai doa yang saya panjatkan setiap hari itu. Waktu itu yang bisa saya realisasikan adalah menjadi pemimpin, pengusaha, penulis, dan seniman saja. Menjadi dosen belum bisa soalnya belum lulus kuliah sih….:D

Penonton            : hahaha (ketawa sedikit)

Andi F noya        : Mengapa waktu itu cuma bisa di realisasikan sedikit saja, dan apa yang Anda lakukan waktu itu??

Aku                        : Yang saya lakukan waktu itu ya seperti anak-anak kuliah saja pak.

Andi F Noya        : enggaaaaaaaaaak maksud saya, kiat tips Anda tadi buat dapat itu semua (nyamber perkataan saya kaya gledek)

Aku                        : oooooooo, dikirain perlakuan saya gitu……(bengong)

Andi F Noya        : hehhe…ya enggak lah mas Wibi, ah mas Wibi ini bisa aja jadi belaga pilon. Hahahhaha

Penonton & Aku              : hahhahahahhaha…..(melihat tingkah laku Andy kaya actor kebelet pipis)

Aku                        : yaaaa tips saya sih ,sebenarnya simple saja mas. Saya memegang prinsip UDJO (Usaha, Disiplin, Jujur, Optimis) dan satu lagi yang gak boleh ketinggaln mas.

Andy F Noya      : apa itu.. ? (penasaran)

Aku                        : Doa kepada ALLAH sama orang tua. Itu yang penting.

Penonton & Andy: woooooooooooouuuuuuuuuuuuuuuuuuuwwww…..prokprokprokprokprokprok….(tepuk tengan meriah penonton seperti di lapangan bola Stadion 17 Mei Banjarmasin)

Andy F Noya      : Luar biasa sekali mas wibi. Lalu di buku Anda ini anda juga pegalaman pahit dalam hidup Anda selain perjalanan yang tak mudah mencapai kesuksesan itu, yaitu kisah cinta Anda… coba ceritakan…!!!

Aku                        : Sebenarnya itu masalah pribadi saya mas. Masalah yang sangat krusial bagi saya. Saya akui saya pernah pacaran dua kali dan orang yang saya pacari itu pun jauh dan orangnya itu-itu juga.. Inisialnya *****. Maaf di sensor sedikit mas. Waktu itu saya pacaran 1 bulan dan yang kedua 5 bulan. Dan semuanya itu Alhamdulillah gagal semua.

Penonton            : hahahahahhahaa….(reflex ketawanya)

Andy F Noya      : Nah lhooo kok gagal bangga. Aneh sampean ini.

Aku                        : hahaha. Bukan itu maksud saya mas. Maksud saya. Jika saya tetap pacaran yang diharamkan sama agama saya yaitu Islam. Saya gak bakalan seperti ini. ALLAH sudah mentakdirkan saya seperti ini, mencapai cita-cita yang dinginkan oleh saya. Jika saya tetap pacaran, tentu saya berpikiran dan fokus hanya kepada sang gadis itu. Tapi alhamdulilahnya saya ambil hikmah dari kegagalan cinta saya itu. Saya mulai berpikiran posiitf dan meraih langkah baik dalam hidup saya. Saya berpikiran untuk berkarier dulu, kalau masalah jodoh saya entar cari yang lebih baik lagi. Toh kalau jodoh bagai ‘Tak lari gunung di kejar ‘ kan. Maka dari itu saya fokus pada pengembangan mental dan pencapaian cita-cita dulu. Nah jika saya yang sebentar lagi ini mau nikah, ya saya tentunya berusaha untuk mencari yang sangat terbaik sesuai pilihan saya sendiri.

Andy F Noya      : Nah waktu sampean di putusin itu bagaimana perasaan mas Wibi sendiri???? (penasaran stadium  4)

Aku                        : ya sediiih banget mas, waktu itu saya dituduh gak setia. Padahal saya setia-setia ini . Waktu itu saya cuma berteman. Yaa mungkin si dianya gak tahan hubungan jarak jauh dan terlampau cemburu buta juga sama saya. Masa’ saya di tuduh deket sama yang inisialnya ****. Padahal kan cuma berteman kuliah juga. Mas tahu gak?? Yang saya lakukan waktu itu apa??

Nangiiiiiss mas, tapi nangisnya gaya orang dewasa gitu.( sambil sombong sedikit) . Di kamar saya itu, yang di setel lagu d’masssiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiv terus seharian. Pokoknya lagu patah hati gitu dah mas …

Penonton & Andi             : hahahhahahahahahahhahhahahhahhahahahaha…………(ketawa ngakak)

Andy                     : hahaaha, jadi sampean sampai begitunya……?????

Aku                        : ya iya no……kaya gemana lagi coba. Tapi itu kenangan semua, mas Andy. Kalau gak ada kenangan itu , kita kan gak bisa ketawa kaya sekarang ini……hahhahahahahha.

*End di Banjarbaru, 30 Juli tahun 2011, di ruangan kamar yang harum mewangi

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s