Sehari Bersama Wibi Jilid 2 #1(awal)

Bismilahirrahmanirrahim

Wb

Wibi’s Book

Mempersembahkan

Sebuah Karya dari

Rizki Wibisono

2011 M

 

PROYEK BUKU KE-2

 

 

 

 

 

 

 

  1. 1.       Patah Hati , Patah Semangat

Juni 2011, gak inget tanggalnya berapa

Do You Know about patah hati??? Pasti sakit rasanya, kamu tahu rasanya kepalamu di pukulkan ke tembok sampai berdarah-darah?? Itulah rasa sakit hati yang dirasakan orang yang sedang di mabuk asmara. Baik tua maupun muda , sama saja. Hanya saja yang beda adalah expresinya saja. Kamu juga tahu kan rasanya hilang sandal kesayangan, apalagi hilangnya di warnet.!!! Seperti terpukul godam palu gada rasanya. Sudah patah hati, sandal jepit hilang diambil orang, malahan diganti jadi sandal jepit cewek warna pink. Kalau kamu sepertiku, apa yang kamu lakukan??? Bingung sudah jelas, pulang ke rumah juga pasti malu dilihatin orang, tapi syukurnya waktu itu malam, jadi gak ada orang yang bisa lihat. Enaknya kita membahas tentang patah hati aja dah. Kamu tahu kan orang pacaran?? Pasti pernah jatuh cinta juga kan?? Sama’ aku juga. Malahan pernah gak disakitin secara terang-terangan?? Pasti jarang kan, tapi ini apa?? Kamu tau tidak terdiam di gua bawah tanah, terkunci tidak bisa makan minum, bahkan di sekelilingnya adalah ular berbisa yang sangat jahat, itulah rasanya sakit hati.

Mungkin sebagian orang menanggapinya berbeda, tapi yang namanya orang lagi patah hati, bawaannya pengen ngapain juga terserah, asal jangan bunuh diri aja. Haha.

Kalau orang bunuh diri?? Pastilah orang yang tentunya gak punya otak. Kamu tahu gak, rasanya darah di tangan yang baru aja keluar terus dicampur sama jeruk nipisss??? Begitu juga rasa ini, rasa di malam jumat kelabu yang tak ingin aku ingat. Kamu tahu tidak obatnya apa??kalau tahu ya jelaslah aku sholat aja. Sholat is my country. Sekarang aku tanya lagi nih, rasamu itu sama tidak sama rasaku malam ini?? Kalau kau ada di posisiku hari ini, pastinya kau tak sanggup merasakannya. Bayangkan orang yang kau cintai , kau sayang, kau pahami, kau kasihi, tega-teganya meninggalkanmu begitu saja, bahkan sampai tak menghiraukan perasaan sedikitpun untuk mengerti. Yang kini sekarang bersama dengan lelaki pujaan hatinya.

Hatiku bertanya-tanya, mengapa dia cepat sekali mendapatkan lelaki lain padahal hubungan antara aku dan dia  baru putus dalam hitungan bulan??. Tepatnya 2 bulan sobat, bayangkan, kalau aku menghardik dia secara keras, tentunya bukan sifatku. Sifatku adalah mengasihi ia, tapi mengapa aku serasa di tusuk dengan pisau tajam yang telah terasah darinya. Kalau kuingat zaman-zaman aku masa dulu dengannya. Sungguh enak dirasa. Tapi sekarang apa??, sepertinya ia bukan milikku lagi, ia milik orang lain sudah. Apa salahku coba, aku cuma berteman, bukannya selingkuh, toh kalau selingkuh pastilah sudah ketahuan belangnya. Memang ‘Long Distance love’ penuh rekayasa perjuangan berat mempertahankannya.

Sobat, aku malam ini ingin berbagi kisah derita kepadamu. Aku ingin rasanya melemparkan botol minyak bensin saja di dalam rumah ini, biar aku membakar semua yang ada di sini. Itu adalah bisikan setan sobat. Tapi ALLAH yang maha Pengasih selalu bersamaku membimbing dengan benar. Dia adalah zat yang maha Indah , tak sanggup otak mungil manusia di bumi ini mengiaskan kebesaran-Nya. Kalau kau tahu perasaanku saat ini kau pastilah terhenyak dengan kisah yang kuceritakan di depan matamu dengan linangan air mata. Tapi air mataku sangatlah mahal, tak bisa keluar karena hal sepele seperti ini. Maaf sungguh tak bisa. Mmpriikitiieeww… ;J

Jikalau perasaan ini menimpa dengan perempuan yang tak tahan, pastilah ia menangis sejadi-jadinya dipangkuan sang sahabat. Tapi aku lelaki, rugi kalau nangis. Kau tau apa yang kulakukan sekarang?? Yaitu menulis. Ya hanya menulis, menulis lah sahabat yang mengobati patah hatiku. Kata orang kok laki-laki menulis curhatan diari sih?? Hahaha…itu cuma penilaian mereka saja. Menulis itu apa sih salahnya, malahan wajib kalau aku menilai. Karena kalau tidak menulis, apa yang melayang di pikiran kita bisa saja hilang begitu saja. Akan tetapi kalau menulis, kalian sudah tahu kan pastinya??. Jelas menulis sangat membantuku.

Sobat, kau tahu laki-laki yang kubenci malam ini, mungkin ia tak tahu apa-apa, dia tak tahu urusan apa-apa denganku, malahan ‘nonsen’ sekali kenal denganku. Tapi aku cuma bermasalah sama perempuan itu. Kok bisa ya sampai begitunya. Yang aku anggap adalah perempuan baik-baik, ternyata saat ini berubah 180 derajat pluss.

Aku kira ia adalah perempuan yang baik-baik, ternyata tak sesuai dengan harapanku. Aku tak mau mengumbar kejelekan orang lain, tak ada gunanya. Tapi tangan ini bawaannya gatal untuk menulisnya mungkin karena kesal atau apa. Ya sudahlah mungkin ia bukan jodohku saat ini. Aku hanya meminta kepada ALLAH, agar aku diberikan sesuai dengan permohonanku, yaitu sangat persis tepatnya. Begini saja dah, sekarang aku tanya, siapa yang percaya dengan ALLAH?? Tentu dan pasti kan semua menjawab , “aku percayaaaaaa”. Tapi kebanyakan orang menampikkan adanya ALLAH, itu sudah jelas salah. Aku tanya lagi nih, percaya tidak dengan rencana baik dari ALLAH?? Itu pasti jawabannya.

Mungkin malam ini aku bisa menulis dengan tenangnya. Sakit hati jelas iya, tapi karya gak boleh berhenti. Terus aja berbuat untuk bangsa. Kata presiden Amerika Serikat John F Kennedy juga, beliau berkata ” jangan berpikir apa yang telah bangsa berikan padamu akan tetapi apa yang kau telah beri kepada bangsamu” sudah jelas bukan??. Makanya aku sepaham dengan statement ini.  Usaha dan pantang menyerah adalah tangga kesuksesan untuk mencapainya. Kalau gagal dalam cinta?? Apa yang kau lakukan, kalau aku sih kembali kepada ALLAH, aku terus memohon kepada-Nya untuk menyadarkan ia yang ada di sana. Sungguh benar sekali yang kuutarakan ini. Kalau dilihat seperti maen curhat aku ini. Tapi inilah bentuk tulisanku. Tulisan yang aku torehkan dan aku beranikan untuk dipublikasikan. Buat apa malu toh orang yang kusukai dan sudah tidak aku senangi sekarang juga tidak tahu, yang penting nikmatin aja. Cukup dalam hati saja yang menjerit jangan di expose, yang penting ambil hikmahnya dan buang mudaratnya. Dari sini kamu bisa tidak mengambil kesimpulan hikmahnya sobat??

Hikmahnya adalah ayolah kita kembali menata diri yang hendak rapuh ibarat rumah yang mau roboh ayolah cepat-cepat kita telpon tukang-tukang handal untuk memperbaikinya. Tukang-tukangnya ibarat motivasi yang banyak dari teman lingkungan sekitar mungkin. Terserah saja mau diapakan dirimu sobat kalau mengalami patah hati sepertiku di malam Jumat tanggal akhir juni di tahun 2011 ini. Sedih banget dah, pengen ngabanting TV ada juga nih. Semoga aku diberi kekuatan untuk menghadapi semua ini, aaamiiin. Janganlah Kau memberi pikiranku yang kotor, jagalah aku dalam kesucian naungan sinar-Mu ya ALLAH.  Tak kuasa tangis terurai bak banjir yang melanda. Tapi kuasa-Mu sungguh di luar batas kewajaran manusia ya ALLAH. Aku sangat membencinya jika tak sesuai harapanku. Ah tak usahlah terlalu dipikirkan, coba kalau kau lihat foto mesranya dengan pasangannya. Sungguh menyakitkan broo, hati ini seperti diiris-iris 70 hasta secara perih dan kejam. Ya ALLAH buanglah jauh-jauh pikiran yang tak berguna ini, janganlah kau memberi cobaan yang di luar batas kemampuanku. Aku sayang padamu ya ALLAH. Tiada yang melebihi selain Engkau.

***

Tepat pagi jam 11 di Jumat yang indah ini, sangat agung rasanya hari ini. Sungguh malam tadi rasanya sesak sekali, rasa patah hati itu semakin menjadi-jadi saja malam itu, syukurnya aku tak kebablasan untuk sholat. Kalau patah hati okelah, tapi kalau meninggalkan sholat nah itu baru celaka. Aku sebenarnya setengah senang pada pagi hari ini. Senang karena email balasan dari pihak penerbit anomali aku baca, karena karangan buku yang ku hendak jilid akhirya di balas dengan baik. Bahkan ditawarkan untuk menjilidkan, sungguh rasanya hati ini campur bahagia dan termotivasi terus menerus untuk berbuat hasil karya yang aduhai. Tadi aku konsul dengan bapakku yang ada di Banjarmasin, beliau senang dan akan membantu dengan dana intensif darinya. Hahahahha , ini namanya orang tua perhatian, senang rasanya kalau aku berkarya ternyata di lirik langsung sama orang tua, dan beliau siap membantu, tapi kemungkinan seminggu lagi ibuku pulang dari Surabaya, nah kesempatan bagus nih jadi dapat banyak dana tambahan insentif buat cetakan lebih banyak tapi aku gak mau kelewat batas mintanya. Cukup seperlunya aja, ya kira-kira 500 exemplar lah dulu nah kalo baru laris manis kan bisa di cetak lebih banyak lagi tuh. Emang sih,, aku tujuan untuk membuat buku itu bukan untuk mencari uang, tapi aku pengen berteman dan mengenal banyak pembaca yang sangat antusias dengan karangan mahasiswa dari UNLAM.

Berawal dari patah hati sih, aku nulis kaya beginian. Bayangkan aja, pataah hati soob/broo, apa elu kira patah hati enak?? Ya enggaklah, sakitnya itu lho sob luar biasa dah. Bayangkan dia sama cowok laen sob setelah aku tinggalin dua bulan lalu,nih buktinya aku nulis ini, biarin aja dia tahu. Gak habis pikir aku, lebih baik aku ini nyantai tapi serius ama kuliah dan organisasi aja dah, toh kalau jodoh bakalan ketemu juga, tapi harus minta yang baik juga. Bukannya munafik sih, tapi ya aku ini juga pernah pacaran ama orang jauh itu , itu tuh ama orang yang berkacamata. Tapi aku ogah nyebutin nama dia di sini. Bukan takut atau apa, ya cuma gak mau nge expos dia aja.

Buat apa coba, ya kan, ya kan. Yah untuk saat ini teman paling dekat lah yang bisa aku ajak bicara ‘face to face’ dan tentunya lagi nih aku suka curhat sama ALLAH waktu malem. Pokoknya enak dan plong lah kalo sholat tahajud itu, bikin hiduuup jadi bermaknaaa. Gak sia-sia dah kalau kita bedoa sepanjang hari sama ALLAH. Bahkan segala janji ALLAH untuk sholat tahaud itu juga ada kok. Mau bukti??

Ini nih buktinya, kira-kira 2 minggu yang lalu, aku terkena sakit tenggorokan, gak bisa minum , pokoknya sakit dah, tapi lebih sakit kalo patah hati lho sob, singkat cerita aku sengaja bangun untuk melaksanakan sholat tahajud, dan ternyata eh ternyata. Aku langsung ungkapin aja sakit tenggorokan itu sambil berdoa “Ya ALLAH ya gusti, hilangiiin dooong  sakit tenggorokan ini, pleasseee” pokoknya aku berdoa kaya begitulah kalo gak salah.

Apa yang terjadi setelah waktu pagi menyapa?? Hayooo. Kalian harus tahu dong sob, ya ya ya…Aku coba duduk dan sambil meminum segelas air yang sebelumnya aku baca doa basmalah. Eh ternyata, kok enak bangeet ya minumnya gak kaya malam tadi sakitnya minta ampun. Terus aku coba buka suara, eh horeeeeeeeeeeeeeeee. Alhamdulillah, suaraku mulai gak serak dan berdahak lagi. Pokok’e suennneng bener dah. Kalo aku dapat durian se track, nikmat dan karunia ALLAH waktu itu gak tergantikan dengan apapun dah. Subhanllah. Hmmm terbukti kan sudah, kalau sholat tahajud itu manjurnya bukan main sekali. Nah maka dari itu aku seneng sekali kalo waktu malam itu tiba. Asyiiik dah pokoknya.

***

Hmmm, dentingan lagu bethoven kayanya enak nih buat nyantai dan menunggu azan Jumatan tiba. Kok aku sering banget ya nulis di hari Jumat?? Gak tahu kenapa, pokoknya kalau aku nulis pastiii aja tepat di hari Jumat. Mungkin ini kehendak ALLAH kali ya?? . Sekarang ada botol minuman ‘isotonic’ yang aku beli 2 hari lalu. Ya botol minuman gitulah penambah dan penganti ion tubuh yang hilang kaya di iklan-iklan itu. Ya begitulah zaman sekarang iklan. Kamu tahu gak iklan cerita indomie?? Pasti tahu kan, aku juga ada tuh cerita buat iklan itu, tapi masalahnya mana ada produser yang ngambil ceritaku kaya gini nih.

“Waktu itu aku ke Duta Mall BJM , eh ternyata ada kucing lewat di jalanan, aku sapa aja si kucing itu*gaya gila. Eh ternyata di belakangku ada mobil indomie yang lewat, aku sambill senyum aja sama sopirnya padahal aku gak tahu juga ama sopir itu. Ya gak papalah kan namanya ibadah, ya no problem. Terus itu kucing hitam itu mengajakku ke arah belakang buat masuk mall di BJM yang besar itu. Si kucing pun bertanya “eh ngapain kamu ikut-ikut aku, issh gak levveell”.

Gitu dah pokoknya ceritanya . Kalo lucu yang silakan ketawa kalo jayus ya ora opo-opo wong ini tulisanku, terserah aku dong pengen ngejayus kek apa kek. Yang penting aku happppyyyy, huahahaha…… Walau malam tadi patah hati bukan main rasanya gara-gara melihat fotonya bersama dirinya, Eeeekh hati ini rasa kaya bayam sayur yang mau dioseng-oseng kangkung panas. Sakiiiiiiiiiiit beeneeer ini hati. Gak ada pelampiasan kecuali sama Microsoft Word ku yang tersayang. Walau M.Word putih melompong kaya gini, ya gak papa. Yang penting jadi sarana pelampiasan aku sekarang <Puassssss rasanya>.

***

Emang kalo orang lagi patah hati bawaannya pengen ngedenger lagu dari d’masiv aja dah. Gak tau kenapa judul lagunya “Sudahi perih ini” aduuuuuwh beeeh dah, enak banget sesuai perasaan banget dah. Gak bisa dikiaskan dengan kata-kata , suakkkitt amaaaat sooob. Emang lagu ini pas mantab banget dah di hati gak ada yang bisa nandingin. Kalo pengen nangis sekarang ya monggo lah silakan,tapi buat apa juga aku nangis, buang-buang tenaga aja. Lebih baik saatnya berkarya, dapat nilai ujian bagus, cita-cita tercapai, pekerjaan yang diincar juga dapat dan semuanya akan mengikuti. Kalau uang banyak contohnya. Kita bakalan bebas mau apa aja boleeeh. Mau ini mau itu, terseraah kamu lah. Yang penting zaman sekarang ini yang main duit semua boos. Mau kuliah aja pake duit, mau kencing aja pake duit. Kapan ya gratisnya. Jadi kebayang buat hidup enak, kalau gratis semua kaya gemana ya?? Mungkin kaya di surge kali yee…J

Ah semuanya itu pasti terwujud kok, asalkan kitanya aja mau berubah mau diapain masa depan kita. Kalo mau jadi pejabat ya berlakulah seperti orang pejabat jangan berperilaku seperti masih kayak anak SD. Bukan caranya kalo begitu.

***

  1. 2.       Habis Jumatan

Habis jumatan aku pulang ke rumah, rumahku tak jauh dari masjid Quba, tepatnya di Balitan Permai masih. Rencananya hari ini aku mau pergi bersama teman mengahabiskan waktu bersama , bercanda, tawa, dan segala macam. Biasanya sih kami selalu kumpul di masjid , ya kira-kira sudah tahu kan, ya jelas kami sholatlah terlebh dahulu. Kebanyakan temanku berasal dari kedokteran Umum, di sini lebih familiar di dengar dan di sebut sebagai PSPD. Luar biasa dah bergaul ama mereka,sudah pinter, kaya, gak sombong, pintar bergaul, pintar ngelawak, mungkin ngelawaknya tertular dari aku…hahaha.

Biasanya sih kami ngomongin masalah kampus dan pelajaran kesehatan tentunya. Tapi tak habis pikir juga aku, ada-ada ajaa yang sempet malah curhat dikala kami duduk bareng. Kami biasanya sih mangkal di masjid Al-Baythar di Banjarbaru. Bukan apa-apa sih, ya seneng aja mangkal di situ kaya pangkaan ojek. Tapi sudah jelas tujuan kami di situ menuntut ilmu dan memperbanyak silaturahmi, makanya seneng banget dah kalau udah kumpul-kumpul. Apalagi bawaannya ketawa mulu, ini perut serasa kaya di kocok-kocok sampek mampuss. Selain kawanku dari PSPD ada juga dari kedokteran gigi. , di sini singkatannya PSKG. Ada juga teman seangkatanku dari Kesehatan Masyarakat, ya itu prodiku. Prodiku yang sangatlah fenomenal akan ciri khasnya. Kalau aku lihat sih lebih banyakan personelnya PSPD. PSKM urutan kedua dominan anak-anaknya. Nah yang ketiga barulah PSKG yang sering nimbrung bareng ama kami. Seruu dah pokoknya. Ada Basuni, Panji, Muhsin, Wahyu, Nizar, danang, Amrullah, Tono, Adi Suci, yandi, Adi Adha, dan masiiih banyak lagi yang mangkal biasanya di AB singkatan masjid yang sering kami kunjungi. Itu masjid sekaligus menjadi sarangnya orang-orang tidur. Biasanya kalo habis kuliah , temen-temen mahasiswa biasanya tidur-tiduran di teras. Masjid AB ini letaknya di belakang kampus kedokteran. Tempatnya yah lumayan lah, lumayan besar maksudnya.

Kami semua terkumpul jadi satu dalam visi misi, yaitu pengen hidup sukses di dunia dan akhirat. Siapa yang gak mau coba?? Sukses di dunia iya, di akhirat malah tambah iya. Seneng banget kan kalo udah kaya gitu. Apalagi nih sobat ya, kalo kita udah bisa ngebahagiakan orang tua tercinta terkasih kita. Heeemmmm, betapa bangganya mereka melihat kita seperti ini. Beliau –beliau itulah yang banyak berjasa pada diri kita. Kalau aku lihat sih zaman sekarang masih sedikit yang besyukur dengan adanya orang tua, malahan nganggep orang tua itu sebagai orang asing, nauudzubillah.. Jelas gak boleh kaya gitu, itu mah neraka jahannam balasannya. Coba saja liat Malin Kundang yang jadi batu di Sumatra sana??!. Pasti hancur banget kan hati sang bunda kalau di begitukan, apalagi tak diangap. Tapi semua itu tergantung pribadi kita masing-masing aja sih lagi, because hidup ada pilihan. Coba artikan hidup adalah pilihan ke dalam bahasa Inggris, hayyooo, buruan transletekan!!!

Haaaah kelamaan, nih artinya ke bahasa inggrisnya Life Is Choice. Aku pernah mendengar ceramah Ustadz felix di Banjarbaru, beliau adalah pembicara handal yang berbicara tentang Islam masa depan yang disangkutpautkan dengan kualitas pribadi manusia. Beliau memperkenalkan hidup ini adalah pilihan. Kalau dipikir-pikir emang bener sih. Kita mau surge atau neraka?? Tinggal pilih aja. Toh sudah ada juga jalannya yang di tempuh, kalau mau surga , ya jalannya berbuatlah kebaikan, tapi kalau pengen neraka ya monggo juga, tuh ada jalannya yaitu berbuatlah kejahatan yang tak diridhoi oleh ALLAH. Tinggal kita saja lagi yang menjalankan kehidupan ini.

Dulu ya emang aku ini gak kenal waktu kalau bermain. Aku ingat sekali dipukul oleh ayah waktu aku kelas 6 SD. Aku sampai-sampai mendapat tamparan pelajaran keras bersama adikku Rahmat. Oleh karena apa?? Ya jelas aku saat itu belum mandi dan di suruh-suruh malah tidak mau mandi, malahan kami lebih asiik main bola sampai magrib, apa gak kesel ayahku dibegitukan. Nah dari pengalaman itu aku teringat kesalahan yang fatal. Gak bisa memanajemen diri salah satunya yang dapat  mengahambat kreatifnya kita di dunia fana ini. Maka dari itu, gak lagi dah kaya waktu dulu. Sakit rasanya dipukul itu , aku kirain kaya strawberry rasanya. Kamu tau gak, merahnya itu lho yang berbekas, ya jelaslah tenaga orang dewasa sama tenaga anak kecil mana duluan yang lebih sangar kuatnya. Aku rasakan waktu itu kaya disetrum listrik. Makanya ampuuuun dah kalo ngulangin kesalahan itu.

Sobat, kamu tau tidak gaya tulisanku ini?? Aku aja gak bisa lho nilai gaya tulisanku ini.  Buakakak. Cuma kamu sobat yang bisa ngenilainya. Kalau aku ditunjuk buat ngenilai sendiri tulisanku, ya jelaslah aku langsung beri nilai seratusssss. Nah makanya itu aku pengen berbagi cerita sobat bersamamu. Biarin orang nganggep kita apa, yang penting kita saling berbagi, karena berbagi adalah hal yang paling indah bila dilakukan. Ya kan ya kan???

***

Ah saatnya bertemu lagi soob,hari ini sore nih ,sore di hari jumat tentunya masih di Balitan Permai Banjarbaru. Ini mah suasana yang bagus buat nulis, huaaammmmh baru aja bangun ni sob. Haaaah, nyamannya gini kalau ada makanan plus ditambah jus broo, tambah enak kerasanya. Oh iya sob, aku tadi maen FB plus twiiter, buagus banget sob, foto-foto mereka, maksudnya foto-foto temen-temen yang baik di SMA maupun SMP, bahkan ada juga yang di SD. Pengen sih uploud-uploud foto kaya gitu. Ya tapi masalahnya aku gak punya handphone canggih ee sob, kalo ada yang mau beliin sih , sok atu neng. Soalnya ini hape butut bangat sob, gak nahan saya. Coba aja, kalau aku nerima sms ya musti ke tempat gelap atau aku tutupin dulu itu layar hape, nah baru keliatan dah smsnya. Bener-bener gak tega sih buat ngejual ini hape. Mau laku 20 ribu emangnya. Kalo mau beli sekarang sih ada aja nih duitnya. Eh tapinya akunya gak mau soob, tergantung mood sih. Ya akunya aja yang gak mau beli, soalnya udah terlanjurr sayaaaaaang banget ama ni hape. Mau tau hapeku, mmm jelasnya nokia 1600 yang merek pertama keluar yang ada lagu pelangi dari ‘Radja’ itu. Ya emang sih asli lagunya dari ‘Radja’ band dari Kalimantan Selatan. Tempat dimana aku menuntut ilmu sekarang. Keren kan namanya aja Kal-Sel bikin orang pengen ke sini daah. Apalagi kalau melihat pemandangan gunungnya yang amat indah. Beeeh bikin ketagihan aja dah bawaannya.

Aku nih lagi menatap jam , tepatnya sekarang jam setengah 6, tapi aku belum aja mandi, udah sholat ashar sih. Tapi ya namanya mood mau nulis ya tulis ajaa. Siapa yang ngelarang coba??. Emang kalo aku nulis itu bawaannya pengen teruuuuss aja. Kaya maen dota juga, bawaannya pengen ‘waaaar’ teruuuus.

Oh ya kita kenalan lagi ya broo ya??. Namaku Wibi sobat, ya itu panggilanku di kampus. Orang yang pertama kali yang manggil nama itu ya temen-temenku semua. Gak tau kenapa, aku suka aja dengan panggilan itu. Oh ya ini tulisan rencananya mau dijadikan seri buku kedua ku, soalnya bagus banget sih. Isinya aku sendiri yang buat. Covernya itu ya fotoku laah *masih rencana, siapa lagi coba. Banyak sih kakak angkatanku di kampus yang mau mencetak buku tapi covernya aneh-aneh semua, alias kreatif gitu. Tapi aku cari yang beda pastinya. Kalau aku maunya itu buku foto aku semua yang action, tapi masalahnya handphone aja gak ada kameranya ya mana bisa action.

Pengen bangeeeet ini aku ganti handphone biar mentereng dikitan napa?? Kan asiik tuh sambil BBman sama orang, twitteran di tangan, facebookan di tangan juga. Pokoknya yang fasilitasnya ‘wah’ deh. Emang banyak sih sob keinginan ini yang pengen direalisasikan . Aku tuh pengennya satu buah sepeda santai yang bisa di bawa olahraga di lapangan Murjani Banjarbaru. Trus apa lagi yaa, oooh iya aku pengen satu buah handphone yang amat canggih kalo bisa sih, ya bisa bangunin aku dengan suara”Wooooooiii banguuuun sudah pagiiiiiiiiii niiih….!!!!” Pengennya sih kaya gitu. Tapi mana ada kaya gitu. Cuma bayang-bayang semu doang kaya gitu. Trus aku pengen sebuah mobil Honda Jazz yang sudah di modifikasi menurut  kemauanku sendiri. Yaa sebagai mobil mini yang bisa di bawa beraktivitas deeh. Ini nih mobil kesukaanku.

 

Ya emang cukup ‘wah’ sih, mobilnya , kalo dipoles sedikit aja lagi beeeh bisa ajjiiib dah itu mobil . Itu mobil kesukaan bundaku sooob. Beliau itu sukanya mobil mini Karimun itu lho. Tapi akunya yang gak suka mobil itu. Soalnya kecil bneget soob. Masa aku masuk aja udah kejedot itu atap mobil?? Yang aneh-aneh aja bunda ku ini. Pengen mobil yang kaya gitu. Ya mana tahaaan??.  Bundaku tu, orangnya ya emang gitu suka yang mobil yang begituan. Tapi beda lagi sama kesukaannya bapakku. Beliau orangnya ‘mabukan’ kalau diajak di mobil plat tertutup kaya bemo dan bis segala sejenisnya itu lah. Tapi beliau yang aku gak habis pikir lagi malah suka yang mobil jenis track, bajaj, malahan marcedes ia juga suka. Waktu itu aku Tanya “haaaah kok malah suka yang gituan??” tanyaku. “yaaa gak apa apa riz, yang pentingkan adeeem , hehhe”…itu jawaban ayah.

Emang bapak anggap itu mobil murah semua apa, apalagi waktu itu beliau nunjuk yang marcedes di iklan. Eh atu mah , itu mah mobilnya orang berduuit kali paaak. Kok tiba-tiba selera bapak yang pengen mobil Ferrari kaya gitu. Ya mana tahaan juga duitnya kalo beli yang itu. Nah beda lagi kalo si rahmat, adikku yang berzodiak Gemini itu. Dia mah sukanya aku gak tahu, ya soalnya aku gak pernah nanya ama dia. Ya mana bisa tanya coba, waktu itu dia lagi asyiik ngerjakan PR sekolah. Yoo wess lah, ora opo-opo.

Ada lagi nih soob sepeda yang aku impi-impikan dari dulu sampai sekarang belum terealisasikan wujudnya. Sepeda yang bagiku bisa dibawa kemanaana tapi enaknya kalo di pakai pas pagi hari, apalgi di bawa balapan. Beeeh seneng bukan maen dah kalo gitu apalagi kalo aku lepas tangan keduanya, itu sepeda malah jalan sendiri lurus ke depan, apalagi angin yang di dapat sepaii-sepoii, beeeh nikmat yang tak tergantikan dah pokoknya.

Tapi sewaktu aku pengen semua yang di atas, aku juga jadi ingat sama orang yang dijalanan tadi. Dia jalan kaki aja sob, entah kemana tujuan dia. Kasiaan bener dia. Duduk setiap pagi di trotoar, ini bukan orang gila sih, tapi bapak-bapak yang kira-kira sudah bermur 70 tahunan keatas, beliau berperawakan gemuk gempal. Aku sering meilhatnya di halte  dekat museum banjarbaru saat aku mau ke kampus. Rasanya kaya gemana gituu, kasian sih kasian, apa bapak itu petugas kebersihan ato apa ya. Aku juga gak tahu, tapi yang penting bapak itu sepertinya sehat-sehat saja. Beliau mengingatkanku dengan Eyang kakung di Surabaya, makanya ibu dan adikku sekarang ada di Surabaya. Adikku malah ke Blitar, tinggal ibuku yang sedang merawat eyang kakung di Surabaya. Biasanya aku panggil ‘yangkung’ (eyang kakung), yang udah meninggal adalah yangti (eyang putri). Kalau ingat mereka, bawaannya pengen mengirimkan doa saja. Mereka orangnya baik semua sob, aku aja waktu kecil. Eyang kakung kan maen alias dolan gitu ke Banjarmasin. Aku diajak ke kebun binatang bersama adikku. Uuuuuh betapa indahnya waktu itu kami bersama. Waktu itu aku masih berumur 7 tahun. Aku dibelikan gelembungan balon tiup yang sekarang aku gak tahu penjualnya di mana. Ya soalnya aku pengen nawar waktu itu, maksudku kenapa gak gratis aja buatku paman??. Kan aku waku itu lagi imut-imutnya. ..ckckckkck.

Yah emang bener sih, kenangan waktu dulu emang indah bersama kakek terkasih. Air mata ini gak sanggup aku tumpahkan, soalnya malu, masa’udah umur 19 tahun masih aja nangis. Preeeett.

***

  1. 3.       Serunya berchatting ama temen

(+)          : Galau apa td malam bro ?

(-)           : ah kada papa broo

(+)          : Naah,,kada rame nii.. Hehe

(-)           : smalam tu patah hati gua broo

(+)          : Loo,,knp bro ? Mka pcr km spa t rsanya,,*****kh..

(-)           : he eh ,, ah itu udah pututsnya broo, 7 mei berakhirnya

(+)          : Laahh,,ktngglan brita gua.. Hahaha,, trus ni ptah hati dgn sapa lg ?

(-)           : ya ama dia juga brooo

(+)          : Trus,,knp ?

(-)           : rasa ini masih sama sprt dulu, tp skrg ‘aku diantara kalian’ ujar d’masiv, udah punya yg laen dia

(+)          : Whahahaha,,sbar2.. Scpat itukh dy mlupakanmu bro ?

(-)           :😦   nah itu dia broo, yang jadi pertanyaan

(+)          : Wah2,,mmang apa sbabnya jd trhnti kmrn ?

(-)           : gara2 dikira deeket ama **** , sebel gua, padahal gak ngapa-ngapain juga wong cuma temen

(+)          : Waahh,,tmen mkan tmen ni.. Pnya gua bro.. Hehehe,, trus ga djlasin bro ?

(-)           : ya udah djelasiin laah, tapi dianya cemburu buta gtu broo

(+)          : Yaahh,,tp koq bsa scpat itu sich dy nyri pnggnti nya.. Ckckck!!

(-)           : nah itu dia broo, yang gak abis pikir , masa’secepet itu brooo yak?? makanya menggalau

(+)          : Waahh,,ga tw dah klo kygt.. Brp lma pcrn manknya bro ?

(-)           : kalo aku ama dia 5 bulanan gitu dah, kenapa?

(+)          : Ga aj,,brarti lmyan gtulh lmanya.. Cwonya skrng ada sngkut paut ma msa lalu dy ?

(-)           : nah gak tau kalo itu brooo, ngapain juga nelusurin cowoknya

(+)          : Yaa klo2 aj t cwo udah prnh msuk dlm khdpannya wktu km msih pcrn dgn dy.. Trus dy kira km slngkuh

ma ****,,dy crhat ma t cwo.. Yaa,,kya ksah **** jg gtu.. Hohoho

(-)           : ooo gitu yaa…ah mungkin aja broo, tp gak tau juga siih…bener apa enggaknya, aku jg kan gak tau broo

 

Keterangan: (+)                : temen chatting

(-)    : nah ini baru aku

Yah itulah sob, hasil chattingan sore tadi, seru bukan maen pokoknya, kalo chattingan ama orang yang enak buat curhat ya kaya gitu dah hasilnya. Intinya sih ploong dah aku sob. Apa-apa aja yang bisa diceritain ya certain aja sob, jangan dipendem. Perasaan cinta itu kaya kentut , dikeluarin malu, diempet malah tambah sakit . Ya kaya gitu dah hasilnya. Haah cintaaa, cintaaa, kok nyebelin amat. Ah yang penting aku cinta yang satu aja dah yaitu ALLAH. Itu sudah netral buatku. Soalnya ALLAH baek banget sih sama aku, bayangkan tiap hari diberi nikmat bernafas, coba bayangkan kalau gak di beri nafas , apa pada sesek tuh dada. Ujung-ujungnya duit dah masuk ke rumah sakit. Nah maka dari itu, musti pinter-pinter kita mengingat ALLAH , karena Dia lah aku bisa hidup menikmati manisnya duniaJ

Waaah, malam ini aku kayanya begadang lagi nih sob, gak tahu kenapa, mungkin tadi siang aku kebanyakan tidur kali, makanya jadi kaya gini. Malam kemaren juga kaya gitu. Sampek jam 2 lagi itu pun belum tidur juga. Gak tahu kenapa juga nih sob, kadang-kadang kita yang jadi mahasiswa sulit tidur kalau malam kaya gini.

Oh ya, aku ada cerita nih, sebelum aku nulis ini, aku tadi ikut acara warga di daerah dekat kampus kedokteran, ya membahas tentang sampah. Ya memang itu tugas dari warga sih, tapi kami punya program dan inisiatif untuk melakukan action tentang sampah, secara kami-kami kan calon sarjana kesehatan masyarakat yang tugasnya bukan hanya penyuluhan aja soob,tapi banyaaaaaak banget dah. Susah alias ngalih kata orang Banjar sini. Ye emang begitulah tugas dari public helath, langsung terjun kemasyarakat, gak pandang bulu pokoknya, mau ibu-ibu sering ngomel, bapak-bapak yang judees, om-om, tante yang baru nikah, adek-adek yang masih sekolah kami jabanin dah buat nyuksesin suasana lingkungan bersih tanpa sampah. Alhasil dari kesepakatan tadi kami disuruh take action, kata warga setempat sih, mahasiswa zaman sekarang kebanyakan suka maen teori doang, actionnya gak ada, prakteknya gak ada. Aku juga sependapat dengan warga itu. Makanya aku suka ngambil mata kuliah waktu itu PAB (Penyediaan Air Bersih) di semester ke -4 ya walhasil campur baur sama kakak tingkat, yo ora opo-opo no, kan pengalaman. Kan asyyik tuh waktu itu kami terjun langsung ke PDAM, ngurus surat ini itu dan segala macam. Makanya jadi tambah pengalaman kalau studi keluar kaya begitu. Kebetulan aku ditunjuk jadi ketua kelompok waktu itu, tapi Alhamdulillah semuanya lancar, gak ada hambatan yang berarti.

Sekarang aku maah jadi bingung nih mau nulis apa lagi. Aku jadi bingung sendiri gak tau mau nulis apa, soalnya bayangan tulisan di otak ini gak kebayang kaya sejenis sekelebat gitu langsung hilang, sekelebat lagi ada muncul. Ya begitulah otak manusia, terbatas kemampuannya soob, gak kaya para ilmuwan. Kalau dilihat dan diamati sih, otak manusia itu juga sama soob,malahan persis lagi tapi yang membedakan manusia cerdas dan pintarnya tergantung sama manusia itu sendiri soob, mau berusaha untuk cerdas atau enggak. Kalo gak mau berusaha ya jelas ketinggalaaan jaaaaamaan,*kaya lagu Si Doel Anak betawi Asli.

Kalau diingat-ingat sih, sinetron si doel waktu di RCTI wah bagus bener dah. Aku acungin jempol, waktu itu kira-kira aku nonton pertama kali masih berumur 9 tahun. Waktu itu kami sekeluarga punya televisi ukuran mini yaitu 18 inch…Gak tau kenapa kok mini banget dibanding dengan sekarang, ya jelaslah zaman dulu sama zaman sekarang jelas buueeddaaaa 180 %. Waktu itu kesukaan bundaku  cuma nonton sinetron serial televisi di RCTI, dulu gak ada sebanyak ini stasiun televisinya. Cuma ada 3 waktu itu. RCTI, TVRI, sama SCTV. Itu doang. Tapi sekarang , bbeeeeeh, bejibun kaya harta karun, bingung mau ganti channelnya. Tapi satu yang aku salut sama orang tuaku yang satu ini yaitu bapak. Dia konsisten sama namanya beeeriiiiiiiiittttttttaaaaaaaa aja. Sampek-sampek aku juga ketularan, waktu kecil aku suka nonton miki mouse , tamiya, dragonball gitulah, Eh tapi pas beranjak dewasa dan kuliah di UNLAM. Semuanya berubah, aku jadi suka berita, gak tahu kenapa, mungkin factor genetic kali yee. Makanya aku jadi begini. Ya gak papa lah, namanya juga perubahan musti ditanggepin dengan positif kalau gak ditanggepin perubahan itu, ya mana bisa maju kita ke depannya. So, *pikir aja sendiri, hauhahahhahaa #ngakak gak jelaaass.

Waktu udah nunjukin jam 02.15 dini hari. Waktu yang cukup buat istirahat. Ya sudahlah , aku tidur dulu, aku niatkan semua ini untuk beribadah kepada ALLAH. Toh kita hidup di dunia ini hanya untuk beribadah, contohnya sholat, kuliah, organisasi, rapat, nulis, ngomong yang bener , pokoknya semuaaaanyaaa dah. Itu kita niatkan harus satu tujuan yaitu harus ingat sama ALLAH. Bahkan Islam itu mengajarkan umatnya untuk selalu menjaga ibadah dan istirahat. Istirahat juga dalam rangka ibadah yaitu untuk menyiapkan badan yang fit buat aktivitas besok hari. So, *piker ajaaa sendiriiii… hahahhaha # ngakak lagi.

***

Nah , ketemu lagi kita soob, di sini tepat jam setengah 9 sob, pagi bener nih nulis lagi. Tadi aku dapat sms sob, dari si danang mpreet chickeen buat nyurvey bareng-bareng tempat baksos KSI . Yah gitulah, aku sekarang memang pada liburan siih, tapi enaknya kalo liburan gini ngisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat banget dah. Kalau kita ngisi waktu dengan tidur atau makan doang sih, itu gak bagus buat kesehatan sob. Makanya kita disuruh ama orang tua buat banyak beraktivitas kalau bisa sih ngehasilin duit juga.

Kan enak tuh udah dapat duit, dapat aktivitas, banyak temen, baik temen dunia maya atau dunia nyata. Semua mah asyik asyik aja kalau dijalanin dengan nyaman. Segala aktivitas kalau dijalanin dengan hati yang ikhlas tentunya, semua perjalanan kegiatan ini terasa enak , kaya liburan mengasyikkan gitu. Nah maka dari itu, aku milih banyak aktivitas di luar rumah. Kaya organisasi, kumpul temen, kumpul ama keluarga. Tapi kalau kumpul keluarga dalam minggu-minggu ini sih , aku jarang. Soalnya ibu sama adek pada ke Surabaya. Untuk tujuan ngejenguk yangkung yang lagi sakit. Ya semoga lekas sembuh. Tapi masalahnya aku gak di ajak sob, saoalnya aku kebanyakan agenda di BJB sih, ya enggak bermakasud untuk nyiggung sih atau berlaku kaya orang sibuk. Ini aku agendakan tujuannya baik juga. Untuk kebaikanku sendiri. Contohnya nih sekarang kan tanggal 2 Juli, pada tanggal 1 Juli aku udah nyiapin proposal kegiatan ku dalam bulan ini. Jadi enak aja kalau punya target capaian yang hendak di jalankan. Kan enak tuh ??^_^*gaya kece.

Waah kalau melihat orang liburan ke pantai, bawaannya pengeeeeeen bener ke sana, tapi sama siapa sob, temen pada pulkam kaya mau lebaran aja. Padahal kan liburan gini asyiknya ke Bali tapi Bali apa an kalau di sini. Balik maning nang laptop maksudnya??. Haaah, emang kalau liburan di pantai bawaannya pada enjoy dah. Gak tahan sama air beriak. Sungguh aku pengen kesana. Tapi enaknya sama temen-temen sih, jadi biar enak. Sambil seru-seruan. Assyiiik pokoknya. Tapi kapan yaa?? Yah semoga aja bisa terkabul ini harapan, aaaamiiin. Coba aja kalau aku ke Surabaya ngikut ibu sama adek, kan pasti seru, apalagi denger-denger mereka sekarang udah di Blitar. Ya pastinya diajak sama tanteku tuh berlibur pelepas steess. Tante sama bundaku emang sama dah kelakuannya, kaya anak muda ajjee. Gak tahu pagi siang sore, walau jarak memisahkan mereka, teteeeep aja nelpon. Gak tau tuh kenapa, mungkin udah kontak batin kali yee. Bundaku itu anak ketiga dari 5 bersaudara. Sedangkan tanteku itu anak ke ke 4 dari 5 bersaudara, secara otomatis mereka kakak beradik, gak mungkin kan tante bude J J J

Eh broo, aku dapat info bagus tadi , nilai mata kuliah ekonomi kesehatan aku pada tinggi semuaa, asyyiik dah kalo gitu. Alhamdulillah dah. Yah kalau dapat info bagus itu mah karunia yang datangnya semua dari ALLAH. Gak mungkin datang dari orang, orang mah cuma jadi perantara doang. Memang sih kalau nilai tinggi, bawaannya pengen jingkrak-jingkrakan kaya anak kecil. Tapi kalau aku sih denger berita itu biasa aja. Gak tau kenapa, kalau aku dapat nilai baik atau rendah itu expresi mukaku santai adem ayem aja. Beda lagi sama temenku, mukanya kaya lemper keinjek rame-rame dah. Gitu juga sama mukanya temenku. Terutama kalau yang memikirkan bener-bener tentang nilainya sih. Coba kalau aku, bedaaa banget dari yang lainnya. Buat apa terlalu expressi melihat nilai, biassaaa ajaaa, kaya dipantai juga toh. Aku aja denger ujian besok, expresinya gak terlalu amat, yang penting jalananin aja prosesnya, buat apa terlalu dipikirin entar keburu tua lho.

Temenku pernah nganggep aku sebagai manusia paling ‘so sweet santainya’ menurut mereka. Ya gak papalah, yang penting aku happy tentang semua anggapan itu. Take it floow aja. Emang namanya kalau orang itu macem-macem sifatnya, ada yang suka belajar , ada yang suka organisasi campur belajar kaya aku, ada yang suka ngerumpi dan lain hal. Tapi kalau menurut Al-Qur’an sih, manusia itu sama aja, tapi yang membedakannya adalah iman dan taqwanya kepada ALLAH.

Haaah sekarang penyakit bingung menghampiri lagi nih soob, apa yaa yang mau ditulisin lagi di sini, jadi berabe entar kalau bingung, dibantu yak dibantu yak…Enaknya nulis percintaan, nulis tentang kehidupan hewan mamalia atau kehidupan orang lain yaa?? Ah jadi bingung, tapi kalau ngomongin kehidupan mamalia kemungkinan gak bisa aku tuh. Soalnya kan aku bukan orang dokter hewan. Nah kalau dokter hewan ya jelaslah gak jauh pembicaraannya sekitar dunia hewan. Gak mungkin kan kalau anak kesehatan masyarakat seperti aku ngomongin masalah kambing di sini. Nah kalau masalah kesehatan umum sih, aku baru bisaa, tapi ilmunya masih cetek. Maka dari itu kita musti belajar jangan sampai seperti anak SD yang gak tahu apa-apa, atau seperti contoh kaya orang gila ngomongin yang gak bermanfaat di jalan. Sapa hayoo yang mau jadi salah satu diantara mereka?? Pastinya gak kan.. Soo pasttiii. Kalau masalah percintaan sih, udah aku jabarin di atas. Tentang patah hati itulah pokoknya,  Eeeeh malah dia yang cepet ngelupaain aku. Apaaa cobaa, !!! Gemana gak mau marah campur sakit hati plus plus tuh. Wong aku disini masih bisa ngebuktikan kalau aku cuma berteman. Eh secepat itukah dia melupakan?? Apakah dia benar-benar membohongi perasaan waktu itu?? Kuharap tidaklah, mungkin faktor lingkungan nya juga kali yang mempengaruhinya.

Yah aku ini bisanya cuma bersabar aja dah, toh nasi udah jadi lontong, membeku gak karuan, udah sama orang lain dia. Kalau aku prediksi jikalau masalah ini di alami sama perempuan , mungkin mereka pastinya nangis tersedu-sedu dah. Mungkin bisa bengkak tuh mata gara-gara nangis 2 hari dua malam. Tapi beda banget sama aku soob, aku orangnya mah, kalau disakitin bawaannya pengen konser lagu d’masiv aja dah dikamar seharian yang judulnya ‘diantara kalian’. Sambil memandang fotonya yang bermesraan sama kekasih barunya itu. Siapa yang gak sakit hati cobaa?? Cuma orang yang gak waras doang yang gak sakit hati.

Emang bener sih rasa cinta itu kalau dimiliki sama manusia normal, pastinya bawaannya pengen happpyyyyy mulu. Tapi, kalau udah patah hati, bawaanya pengen cemberuuuuut terruuus. Gak tahu kenapa hari ketiga ini,kayanya ini hati teteeeep aja mikir dia padahal gak bermanfaat banget. Mungkin lebih pastinya mikirin ALLAH aja dah, sambil istikharah minta petunjuk, habis itu tawakkal lagi dah,untuk mengambil hari esok lebih cerah. Gitu yang bagus bukannya mikirin yang gak bener apalagi yang gak ngehasilin manfaat sama sekali. Harus jauhin aja tuh pikiran kaya gitu. Aku sih pelampiasannya dengan laptop aja sih, biarin tulisan ini kan bisa di bukukan , pertanda buku yang aku buat itu sungguh berawal dari kepatah hatian. Biarin ajaa kata mereka, lho kok itu tulisan pribadi kok di umbar-umbar?? Ya biarin aja lah, kan nama nya expresi itu bisa dalam bentuk apa aja. Gak mesti novel atau apalah yang best seller. Yang penting kita BUKTIKAN saja dengan karya yang menurut kita baik. Tentunya jangan sampai menyinggung pihak orang lain. Kita berbuat yang positif aja deh. Biar orang tahu , kalau kita orang baik yang bisa dikenal orang banyak. Kan intinya kalau mahasiswa atau siswa sekolah kalau berkarya pastinya di tunggu-tunggu sama pemerintah barang kali. Dalam bentuk nyanyi kek, nulis kek, drama kek, kabaret kek,pidato kek, atau apa kek, yang penting temanya itu berkarya buat bangsa dah. Itu yang musti ‘dicam ken’ bener-bener di hati lubuk yang terdalam anak bangsa. Bayangkan aja nih, kalau anak bangsa seperti itu, bisa dibayangin, dalam waktu sekejap aja Indonesia bahkan bisa nyaingin itu Negara Amerika , Negara yag digembar-gemborkan sebagai Negara adidaya super power. Nah maka dari itu buat sobat-sobat sahabat ku sekalian. Marilah kita berubah untuk bangsaa, merdeekaaaaaaaaa..!!!!! # keluar dah jiwa patriotnya.

Aku teringat akan pesan dari orangtuaku yang menyuruh untuk selalu belajar, belajar, dan belajar. Kata-kata itu selalu mengiringi setiap langkah hdupku. Apa sih yang dinamakan balajar?? Belajar pastilah sangat bermanfaat buat kita-kita ini, apalagi kalau mahasiswa, pastinya gak jauh dari namanya buku. Baik buku diktat, atau semacamnyalah. Nah yang gak sering aku kunjungi yaitu perpustakaan, kalau ada tugas aja baru kesana. Hehe.Gak tau kenapa, itu perpustakaan kaya hantu aja, apa dari pihak fakultas ya yang sedemikian rupa mendesain tempatnya kaya ‘boring’ gitu. Tapi itu cuma anggapan aku aja sih. Tapi aku sering kalau ke perpustakaan fakultas, tapi kalau ada perlunya aja, tapi biasanya di luar sih aku mencari bahannya, contohnya di internet. Ya paling sering mahasiswa itu di hadapkan dengan dunia maya sih, seperti facebook, mbah ‘google’ dan semacamnya. Maka dari itu, buku pun sepertinya jarang aku temui ditangan mereka. Yang pasti sudah jelas handphone selalu di tangan mahasiswa, kemana pun dan kapanpun. Kaya perangko aja nempelnya.

Tambah lagi nih kegiatan di kampus juga macam-macam. Ada yang rapat organisasi, ada pengabdian masyarakat di bidang kesehatan. Ada juga yang kegiatan mahasiswa itu cuma belajar , ke kantin, terus pulang sama temen-temen mereka. Kalau di rumah temen juga palingan mereka maen games kesukaan. Malah tambah gak ngerti juga aku ini sama kegiatan mereka. Kok bisa-bisanya ya mereka begitu. Ya mungkin karena terbiasa aja kali yee, makanya mereka pada suka main games daripada belajar. Padahal kan games itu banyak mudaratnya. Ibaratnya kalau kita nutupin hidung selama 2 jam, nah kan gak bisa nafas tuh, mudarat kan???. Gitu juga dengan maen games kebanyakan. Kalau sekali-sekali sih gak apa-apa.

Banyak mudaratnya. Pertama, waktu terbuang percuma. Bayangkan waktu yang kira-kira kita bisa hasikan uang 1 juta misalkan. Kalau maen games selama 5 jam. Nah , berarti sudah 5 juta kan broo yang keluar. Makanya soob, kita ini juga perlu berpikiran manajemen seperti kaya pengusaha mapan aja. Bayangkan aja nih, kalau kita jadi pengusaha kaya, yang materi dapat diraup dengan sebanyak-banyaknya, pastilah kita udah kaya dari dulu soob. Hidup ini juga kadang membuat sukses, sukses dalam artian kita musti nyadar akan waktu yang sangat amat berharga. Manusia diberikan oleh ALLAH akal, maka apa yang menyebabkan manusia tidak berpikir dengan nikmatnya???. Toh kita sama diberikan waktu 24 jam, maka dari itu. Gunakanlah waktumu seperti orang penting. Sibuk mengatur diri lebih baik agar semakin mantap ke depannya. Waktu itu adalah pedang dan waktu. Kapan-kapan bisa menghunus membunuh dan kapan-kapan juga bisa menyengsarakan. Maka waspadalah, waspadalaah…# iklan bang napi.

Tahu gak malam tadi aku di temenin sama siapa?? Aku di temenin sama lagunya pakde Kenny G. Wah itu bunyi saxophone merdu banget dah. Aku sempet ngebayangin “ kapan ya aku tidur dengan istriku yang sangat amat cantik jelita, ihhiii prikitiieeww. Kami tidur dengan perasaan kasih sayang nan abadi, senyum simpul dan kecupan manis kami berikan ikhlas, dan satu yang tak kalah penting, saling menghangatkan badan dengan pelukan mesra yang penuh dengan letih dikala hujan turun. Huahahaha. Pastinya di setel dengan lagu pakde Kenny G, uuuuuh so sweet mah, tapi siapa yaa?? Pertanyaan itu mungkin pertanyaan yang cuma bisa dijawab sama ALLAH. Memang aku tak tau siapa jodohku kelak. Tapi hal-hal yang aku impikan pastilah aku impi-impikan. Maklum kan namanya juga manusia, punya sifat nafsu, bukannya malaikat.wkwkkw.

Lagu yang sering di dengar oleh telingaku adalah’ wedding song’ dari pakde Kenny G. Itu lagu sekarang aku dengarkan dengan syahdu. Membuat hidup jadi lebih bermakna dari sebelumnya. Memang lagu-lagu itu sangatlah aku impikan di saat aku bersama istri berduaan di kamar kelak. Mudah-mudahan aku diberikan oleh ALLAH anugrah yang tak terkira harganya. Hhahahahaiiii prikiittiiieeww…….Karena aku percaya sekali bahkan banget kalau bisa di omongkan. Percaya akan janji ALLAH bersama para orang yang mencintai-Nya. Walau hati sedang menggalau alias membatin, tapi emang rasa gak pernah bohong. Rasanya ingin cepat saja menikah, tapi aku belum siap sob, umurku kan masih 19 tahun. Gak nyangka umur bisa secepat itu. Dulu aku mikirnya masih umur 17 tahun. Ya seventeen an lah kata temen-temenku. Waktu itu aku kelas 3 SMA. Waah pokoknya seru campur acaranya sangat bersahabat dah, aku ngundang teman-temanku sekelas. Serunya gak kalah lagi dah pokoknya sama acara kawinan. Walau acaranya sederhana bin elegant. Tapi susananya aku sangat senang mengenang waktu dulu. Aku ingat sekali waktu itu ada temanku yag namanya Faisal yang memberi kado ultahku yaitu sebuah shampoo ‘pantene’. Nah maksud hati aku kan maunya handphone kek apa kek, kan handphone ku belum diganti. Eh ini mah dikasih shampoo. Huuuh, apaan lah ini, kalau shampoo mah banyak di rumahku. Trus ada juga yang ngasih permen sepuluh biji yang di setiap permen itu ada tulisan ‘happy birthday wewe’.

Dulu mereka manggil dengan panggilan wewe. Wah kataku, ini macam-macam aja. Ya bisa dikatakan mereka adalah sahabat karib sampai sekarang. Makanya aku seneeng sekali memiliki mereka dan bisa berkesempatan untuk mengenal mereka. Sungguh hati rasanya tentram kalau berteman dengan mereka. Canda tawa bahkan takkan pernah berhenti untuk dilontarkan setiap hari. Bahkan sampai-sampai kami dijuluki ‘the gang’ nya IPA 1. Kami waktu itu banyak sekali prestasi yang didapat. Dari lomba kebersihan, lomba debat, lomba paling banyak semrawutnya alias ributnya kami. Pokoknya mengenang masa itu sangatlah indah. Kapan ya kami bisa kumpul-kumpul kaya kemaren. Sungguh kesempatan yang langka kaya premium bersubsidi aja.

***

Bakti Sosial

Sabtu, 2 juli 2011

Hhmmmm sobat, aku tadi baksos  langkah pertamanya yaitu minta sumbangan dulu di jalanan sama temen-temen KSI Asy-Syifa. Kayanya ini acara sumbangan sudah dilaksanakan yang ketiga kalinya. Alhamdulillah tadi sudah banyak terkumpul uang dari sumbangan seikhlasnya para pengguna jalan. Senang rasanya untuk membuat tertawa dan membuat simpul senyum pada hari Selasa nanti. Selasa tepat jam 8 kami segenap panitia melakukan baksos di desa Pumpung. Aku sudah kesana bersama Danang 2 kali. Kami adalah anggota dari humas. Tugas kami cukup berat. Melakukan hal ini itu supaya acara pada ‘deadlinenya’ akan berjalan sukses. Surat menyurat adalah salah satu tugas kami. Tentunya juga langsung terjun ke masyarakat.

Aku senang sekali kalau belajar langsung ke lapangan. Aku bukan orang yang suka belajar teori saja. Tapi semuanya aku suka. Teori memang penting tapi sangat disayangkan kalau ada temen-temen seangkatanku yang gak suka terjun ke lapangan. Mudah-mudahan saja acara baksos bisa berjalan dengan lancar. Aaamiin.

O ya sebelum  turun mencari sumbangan kami rapat sebentar dulu lalu ‘brifiing’. Rapat tadi membahas tentang persiapan 3 hari lagi acara baksos berlangsung. Tapi di sela-sela acara rapat. Aku bersama teman-teman sedikit bercanda masalah bisnis buku. Ada satu temanku yang paling sering mendebat dan sering manasehatiku waktu itu. Gak usah kusebutkan namanya. Ia selalu berbeda pendapat denganku, selalu mendebat dan menasehatiku. Rasanya pengen nampar aja itu mulut temanku. *Uppss sadis.  Pokoknya aku tak suka sama dia, terlalu kritis orangnya. Ingat kalau orang terlalu kritis pasti saja ada yang tidak suka dengannya. Memang sih dia pintar, orangnya juga ulet dalam bekerja. Tapi dia ku nilai seperti orang yang tak tahu tata karma dalam mengutarakan dan memahami perasaan lawan bicara. Bukankah kita pernah diajarkan dengan guru di sekolah. Kita harus benar-benar menjaga perasaan lawan bicara jangan sampai membuat sakit hati lawan bicara. Begitu seharusnya. Tapi tak mengapalah, aku cuma bisa diam saja waktu tu, maleess rasanya mendebat dia. Soalnya gak dapat untung juga buatku. Kalaupun menang debat pada waktu itu dengannya pastilah aku ngotot. Sedangkan ini tidak, jadi buat apa juga?? Lebih baik aku mendengarnya saja. Toh kita juga disuruh kan, mendengarkan baik-baik lawan bicara.

Ambil positifnya saja dari pembicaraan orang. Jangan sebaliknya, malah mendebat tak karuan bahkan tak mendapatkan hasil. Toh kalau kita dihadapkan dengan masalah aku lebih suka terjun langsung daripada mendebat sana sini gak jelas juntrungannya. Nah kalau ingat masalah debat, aku jadi teringat dengan ayahku, ia adala pendebat ulung jika dihadapkan dengan masalah politik yang menyangkut persoalan bangsa. Coba saja pancing dia ngomong yang bertentangan dengan pemahaman dia. Pastinya sobat kewalahan mendebat beliau karena argument beliau cukup membahana dengan lentingan suaranya yang khas. Bahkan beliau itu gak mau kalah kalau aku debat tentang suatu masalah. Beliau itu tipe memimpin kalau berbicara ‘A’ ya ‘A’ yang harus dituruti. Beda halnya denganku, kalau aku tipe adonan alias tipe memimpin campuran. Aku pikirkan dulu baik baik saran dari beberapa teman. Baru aku putuskan. Itu lebih baik bagiku.

Memang kalau aku memimpin haruslah belajar dengan teman sebaya bahkan kakak tingkat sekalipun. Semua itu yang membedakan adalah jam terbangnya saja. Semakin ‘expert’ jam terbang memimpinnya semakin bagus kinerja yang dihasilkan.Tapi kalau mengandalkan teori saja tanpa bertindak itu sungguh mustahil. Aku tadi lihat sejarah di Tv One. Televisi itu sungguh jernih tampilannya di televisi, makanya aku suka sama tv tersebut. Yang mereka bahas adalah sejarah dari Soeharto. Tahu sendiri kan si Soeharto itu??? Kebangetan kalau gak tahu. Presiden yang menjabatnya selalu otoriter dalam melaksanakan fungsinya sebagai kepala Negara. Maka dari itu ia sangat sulit dilengserkan. Sampai-sampai ia menjabat selama 32 tahun, bayangkan saja!@#$%#$%^……

***

Lagu d’masiv emang dah bikin suasana hati jadi merindu dirinya. Kenapa ya, kok hati ini tetep sama ke orang yang ada jauh Sumatra sana. Kenapa juga dia nyakitin hati secara gak langsung. Emang bener dah, cinta bikin orang gila. Seperti sihir aja dah. Emang rasa ini gak pernah dusta, coba aja kalau dusta, udah pasti bukan cinta namanya. Ini emang bener-bener cinta beneran soob, gak boongan aku. Mungkin ALLAH masih memberi bayangan wajahnya malam ini. Pokoknya aku kok kaya orang pusiing gini yak??. Kenapa jadi begini. Pengen nulis aja susahnya minta ampun tapi aku paksain aja. Soalnya Cuma lewat tulisan aja rasa sakit patah hati ini bisa terobati.  Ada sih yang manjur yaitu sholat, udah juga aku lakukan soob, aku bawa berteman sana sini juga tetep aja bayangan itu berkelebat sana sini di pikiran aku. Gak habis pikir dah setan apa siih yang ngerasukin otak aku. Mungkin udah stadium 4 kali sampek wajahnya berkelebat ke sana ke sini. Memang virus cinta tak bisa pindah kecuali kita sendiri yang memindahnya. Nasiiib nasiiib, kok begini amat yaa sakit hati ini. Gak habis pikir aku. Kok cerita cinta saya kaya begini amat yak??? Sedih rasanya. Tau gak aku bikin puisi ke dia aja rasanya gak sanggup lagi soalnya keburu kecewa banget soob. Aku tanya kabar pake sms aja , eeh malah gak di balas, padahal pengen silaturahmi ajee tujuannya. Aku message nya gini nih” assalmu alaikum, ***** kamu sakit apa?. Aku dengar kabar kalau dia lagi sakit makanya langsung aku message dia pake sms. Tapi apa, sampai sekarang gak ada balasannya. Hati ini mau di bawa kemana tujuannya?? Gak jelas gini arahnya. Pengen ngapain juga maleees, aku rindu sama dia tapi dianya gak ngerti. Apalah coba?

Apa salahku, kau buat begini, kau tarik ulur hatiku hingga sakit yang kurasa. Apa memang ini yang kau inginkan. Katakan yang sebenarnya, jangan mau tak mau seperti ini. Akhirnya kini aku mengerti apa yang ada dipikiranmu selama ini. Kau hanya ingin permainkan perasaanku. Tak ada hatii, tak ada cintaa. Apa emang ini yang kamu inginkan tak ada sedikitpun pun serius kepadaku , katakan yang sebenarnyaa. Jangan mau tak mau seperti ini. Akhirnya kini aku mengerti, apa yang ada dipikiranmu selama ini. Kau hanya ingin permainkan perasaanku tak ada hati, tak ada cintaaL # d’masiv –apa salahku.

Ku akui ku sangat , sangat menginginkanmu, ku di antara kalian,aku, tak mengerti, ini semua harus terjadi. Ku akui ku sangat sangat mengharapkanmu, tapi kini ku sadar ku tak akan bisa, aku tak mengerti, ini semua harus terjadi. Lupakan aku kembali padanya aku bukan siapa-sapa untukmu. Ku cintai mu tak berarti bahwa ku harus memiiki mu selamanya. Ku akui ku sangat menginginkanmu, tapi kini ku sadar ku diantara kalian, akuu tak megeti ini semua harus terjadii. Lupakan aku kembali padanya, aku bukan siapa-siapa untukmu. Kucintaimu, tak berarti bahwa ku harus memilikimu selamanya. Aku tak mengerti, ini semua harus terjadi, lupakan aku kembali padanya, aku bukan  siapa-siapa untukmu. Kucintaimu, tak berarti bahwa,ku harus memliki mu selamanya. Lupakan aku kembali padanya. Aku bukan siapa-siapa untukmu. Kucintaimu, tak berarti bahwa ku harus memilki mu selamanya. #lagu kedua nyanyi bareng sama lagu d’masiv-diantara kalian.

Apa yang harus kulakukan lagi kau tak setia, karena aku hanya seorang manusia, yang tak kau anggap. Aku telah coba untuk memahamimu, tapi kau tak peduli. Cukup sudah kau sakiti aku lagi. Serpihan perih ini, akan kubawa mati.  Aku mencoba, memberi segalanya yang telah aku punya namun semuaya hanya sia-sia , percumaaa. Aku telah coba utuk memahamimu tapi kau tak peduli. Cukup sudah kau sakiti aku lagi. Serpihan perih ini. Akan kubawa mati. Cukuuuup sudah kau sakiti aku lagi. Serpihan perih ini, akan kubawa matiii. Sampai akan bisa membuatmu mengerti, membuat aku bermakna di hatimu, dimatamu, sayaaaang.

Aku rindu setengah mati kepadamu, sungguh ku ingin kau tau , aku rindu setengah mati, kepadamu. Meski lama kita tak bertemu, ku salah memimpikan kamu, ku tak bisa hidup tanpamu. Aku rindu setengah mati kepadamu, sungguh kuingin kau tau aku rnduu, setengah matiii. Aku rindu, setengah mati. Aku rindu setengah mati kepadamu, sungguh kuingin kau tau, ku tak bisa hidup tanpamu. Aku rinduu…yiiihhhyaaaa

***

Jam 02.00 dini hari, 3 juli 2011

Terbangun lagi raga ini utuk sholat tahajud. Jiwa ini rasanya terbangun sendiri mungkin gara-gara musik yang di setel dengan keras. Yaiyalah soalnya tadi nyetel music dan  lupa matiinnya. Tapi ambil aja hikmahnya broo yaitu terbangun untuk beribadah kepada ALLAH. Sholat tahajud bagiku adalah kebutuhan yang sangat primer. Banyak yang aku adukan semua masalah ini kepada –Nya. Maka dari itu, hati ini rasanya tentram untuk menghadap kepada-Nya di waktu jam 2 ini. Kata ALLAH kalau umatku meminta dan berdoa pada sholat tahajud, bagaimanapun kondisi umat-Ku maka doanya akan kukabulkan. Aku meminta untuk semua proposal rencana bulan Juli ini dapat terlaksana semua. Kehendak hati kalau semua ini terealisasikan akan baik ke depannya. Asal konsisten saja dengan apa yang sudah di tuliskan di binder note. Banyak kegiatan yang tak terlaksana dari agenda di Bulan Juni. Maka dari itu, aku masih punya hutang untuk menyelesaikan berbagai tugas yang aku selesaikan sendiri. Memang susah sekali melaksanakannya. Kita merencanakan itu adalah hal yang baik tetapi waktu hendak melaksanakannya itulah yang sangat susah sekali.

Nah sekarang timbul dah pengen ngebanyol aja. Kalau malam-malam gini asyiknya kirim surat kepada Dekan ah. Gak papa ngebanyol sdikit wong cuma ‘guyon’ semua kok isi suratnya. Nah let’s go cekidot…..

Ui assalamu alaikum paak, wah bapak kayanya lagi tidur yaaa?? Kalau saya udah kebangun dari tadi nih pak, gak ada kerjaan , makanya langsung buka laptop buat iseng-iseng nulis yang aku tujukan kepada bapak. Gak jelas sama siapa ini, dekan fakultas seluruh Indonesia kali. Gini nih pak, saya mau usul ke sampean-sampean. Tolong dong pak berikan arahan kepada dosen-dosen yang mengajar, tolong sampaikan bahwa pendidikan sangatlah berarti, tidak hanya itu pak. Pendidikan saat belajar mengajar sudah sepatutnya bukan hanya meninggikan kecerdasan inteleknya saja. Tapi juga kecerdasan emosinya juga pak. Diajarin nyanyi kek, apa kek, atau apa lah sejenisnya, pokoknya ada keterampilan. Nah yang bagus lagi nih pak ya, diakhiri dengan penyampaian surah al-qur’an  diakhir pembelajaran kalau dosennya agama Islam. Kan enak tuh pak, tiap hari kita secara gak langsung sudah paham dengan kebiasaan kita untuk menyampaikan surah yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Jadi tambah adem aja ini hati pak, ya kan-ya kan………

                Sekarang bapak pasti udah pulees di pulau kapuk alias tempat tidur bapak bersama istri. Maaf-maaf kata nih pak dekan ya di seluruh Idonesia. Pasti dah, dekan yang ada di Indonesia ini kebanyakan sudah menikah.Ya pastilah, kalau belum nikah mah nikah aja dulu pak. Lumayan udah dapat istri perhatian. Emang sih pak, saya sangat membatin, patah hati bener nih pak hari ini, si doi yang ada di Pulau nun jauh sana, tega bener melupakan saya begitu cepat pak. Hilang akal sehat saya gara-gara dia. Emang bener dah pak, cinta memang gila, gak pernah permisi kaya lagu ‘Netral band’ gitu dah.haha

                Maka dari itu nih pak dekan, sampean jadi saasaran empuk saya buat tempatnya curhat. Ya curhat itu bagus bener pak buat kesehatan. Awalnya nih kalau kita gak curhat pasti kita uring-uringan di kamar, gak mau makan atau apalah, maka dari itu sampean jadi tempat curhat saya. Kan gak papa curhat begini ya pak ya, asal jangan mengganggu orang aja. Aku teringat Bang Raditya Dika pak. Dia penulis yang ajiiib bener dah kalau di bilang. Best seller bukunya. Salah satunya yaitu buku diarinya. Aku gak mau ngikut dia pak.Buat apa coba buat buku kaya dia. Lebih baik tulis dan torehkan karya sendiri kita buat kemajuan bangsa. Menambah kepustakaan buku yang banyak malah tambah bagus. Intinya buku yang aku terbitkan ini nantinya akan aku dedikasikan untuk berkenalan sama orang secara gak langsung, bukan masalah aku mencari duitnya tapi aku mencari hal yang positifnya saja. Yaitu penyambung silaturahmi bagi yang belum kenal sama aku karena aku orangnya suka berteman dan bersahabat pak, ya itung-itung tukar pengalaman gitulah.

                Kayanya udahan aja deh pak ya surat ini aku tulis buat sampean. Ini surat buat pak dosen dan dekan di seluruh pelosok negeri bangsa. Salam kenal dari aku . Wibi anak Borneo Banjarmasin yang lahir di Surabaya, mahasiswa KesMas UNLAM. Salam kenal pak yaa. Salam cubit dari saya. Hahahha…. Trimakasih. Wassalam.

***

                Pagi hari Minggu. Aku menerima suatu kabar duka dari Surabaya. Eyang kakung aku meninggal jam 08.30 waktu setempat. Apa yang aku lakukan setelah mendengar berita itu. Aku sedang sholat duha. Aku tak mendengar kalau ada telepon handphone mendering dari tadi yang ternyata ayahku yang menelpon. Aku sungguh terkejut, langsung saja aku ambil surah yassin dan membacanya dengan khusyuk. Aku memang ingat sekali dengan kebaikan tentang kakekku. Apalagi ia sangat menyayangiku waktu kecil hingga sekarang. Ya ALLAH semoga kau melancarkan segala urusan perjalanannya kepada Engkau, tempatkan ia di sisiMu yang sangat amat terbaik, yaitu Surga Firdaus ya ALLAH. Aku mencintai eyang, ia bagai emas yang tak terkira harganya, kebaikannya selalu kukenang. Aku jadi teringat saat ia membelikan gelembungan balon di kebun binatang Banjarmasin. Kami liburan bersama keluarga besar Roesman. Ya Roesman Ediyanto adalah nama lengkap eyang kakung aku.

Ya ALLAH memang apabila Engkau telah berucap ‘kun fa yakun’, engkau tak bisa mengundur-undurkan waktu yang telah Kau tetapkan. Sungguh mulia dan sungguh subhanallah Engkau ya ALLAH. Ampunilah segala dosa yang telah kami perbuat ya ALLAH. Aaamiiin.

***

Dentingan lagu masih saja mengiringiku di waktu pagi yang cerah ini. Aku jadi teringat dengan perkataan dari seorang sahabatku. Waktu itu amat berharga, seperti memuliakan istri kita juga. Gak tau itu perkataan aku atau perkataan sahabatku, ah tak penting. Yang penting waktu itu kalau digunakan dengan sebaik-baiknya akan bersahabat dengan kita. Tapi kalau waktu itu kita sia-siakan akan menjadi bom waktu yang akan meledak menerpa kita. Waktu aku ibaratkan sebagai pedang dan waktu. Bisa membunuh dan bisa membuat kita kaya di dunia. Kalau peribahasa dari Arab, waktu adalah pedang yaitu kalau kita tak bisa menggunakannya dengan bagus maka sewaktu-waktu akan menebas kita. Guruku juga sering menyampaikan hal itu. Bahwa berhati-hatilah terhadap waktu. Waktu memang ‘culun’ tapi keculunannya membuat orang terbengkalai dan membuat manusia terlena oleh waktu. Sedangkan peribahasa orang Barat, waktu adalah uang. Waktu mereka pikirkan hanya untuk uang dan mencari materi, bagiku itu salah . Karena kita hidup di dunia dan diakhirat. Mencari uang boleh tapi jangan lupa dengan yang menciptakan kita yaitu ALLAH SWT. Ia sangat mencintai kita maka kita harus lebih mencintai-Nya sebagai tanda kasih kita bersyukur kepada-Nya. Gak bosen-bosennya aku menyampaikan ini kepada sobat sekalian. Karena ini sangatlah penting sebagai modal kita menuju jalan-Nya yang benar dan hakiki.

Memang manusia itu bodoh seperti lagunya ada band ‘manusia stupid‘. Manusia itu letaknya salah dan dosa tergantung kitanya aja lagi mau berbuat salah terus atau benar. Di umpamakan seperti botol kosong yang tak ada air. Kalau kita mengisinya dengan air jernih/kebaikan, maka orang akan melirik dan mendekati bahkan membeli akan kejernihan dan kesehatan air tersebut. Akan tetapi kalau botol kosong tersebut di isi dengan air sungai yang kotor/perbuatan yang jahat. Maka orang bukan hanya tak membeli bahkan bisa saja membuang botol itu jauh-jauh. Sekarang pilih yang mana??? Mau dibuang atau di beli dan didekati sama orang. Begitu juga dengan kita. So, Life adalah pilihan.

Aku jadi teringat perkataan Ustads Abay dalam bukunya ‘melawan dengan cinta’. Beliau berkata’ karena kemenangan Islam adalah niscaya, tetapi ianya bukanlah hadiah percuma, ia yang harus ditebus, dengan berlinang air mata, bercucur keringat, bersimbah darah, bahkan berpisahnya ruh dengan raga’. Dari perkataan beliau aku teringat pengorbanan baginda Muhammad SAW. Beliau mati-matian memperuangkan Islam sampai tegak di muka bumi ini. Emang sih sebuah perjuangan itu tak bisa ditandingi dengan semangkok bakso yang habis di santap, Kada Kawa…..!!!!! (bahasa Banjar=tidak bisa).

Apalagi pengorbanan beliau tak bisa dibandingkan dengan rasa sakit dan patah hati yang di alami oleh manusia kebanyakan umum. Maka dari itu, kita haruslah mengingat pengorbanan beliau dan bagaiamna caranya kita membalas yaitu berperilakulah seperti sifat-sifat yang yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

***

Senin, 4 Juli 2011

Gladi bersih baksos KSI ASY-SYIFA coming in desa tiung sob. Ceritanya berawal dari proker kerja dari organisasi untuk membantu umat. Nah dari proker kerja tercantumlah baksos yakni bakti sosial yang diselenggrakan secara penuh oleh panitia dari anggota KSI. Hmm, pasti seru acara besok. Besok tepatnya harus benar-benar melakukan hal yang berbeda nih. Tau tidak sekarang aku ada dimana?? Aku sekarang ada di sekolah dasar sungai tiung 1 dan 5. Ini aku nulis aku sempetin di sekolahnya langsung. Tahu tidak hari ini keadaannya bagaimana. Sungguh pekat bener, maksudnya malam sobat. Kami memepersiapkan dengan matang pokoknya. Gak mau kalah dengan persiapan teman-teman yang lain.

Persiapan peralatan baksos, nah ini kegiatan yang amat seru bagi teman-temanku. Waktu menyiapkan di malam hari cuma bertiga saja broo, kami sempat diganggu dengan adanya sesosok suara bayi. Suara pertama itu memang benar bayi beneran, nah tapi kalau suara kedua, itu suara aku gak tahu dari mana. Soalnya aku tak tahu dan tak medengar. Yang mendengar cuma kedua temanku yaitu Tono Bojonegoro dan Danang Jawa Tamban yang sedang mengambil barang dan meletakkan sesuatu di sana. Mereka mendengar suara bayi yang samar tapi tak tahu asalnya darimana. Sepertinya mereka saja yang diperdengarkan tapi aku tidak, syukurlah. Waktu kami pulang bener-bener tambah merinding kedinginan bukannya ketakutan tapi malah kedinginan gara-gara udara yang amat dingin menusuk tulang. Aku bersama kedua orang temanku pulang sekitar jam setengah 12. Maka dari itu kami harus benar-benar menyiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Prinsip kinerja keras memang harus dilakukan dengan teratur. Walhasil kalau kita sebagai mahasiswa, siswa, guru, kenek angkot, pilot, masinis, dan lain-lain jenis profesi melakukan prinsip kinerja keras tak kenal lelah maka akan mendapatkan suatu hasil yang membanggakan bagi diri sendiri maupun orang tua. Aku memiliki teman yang bisa dikatakan kurang mampu dalam segi hal financial, pintar pun juga biasa-biasa saja. Tapi satu yang aku salut dari dia. Dia adalah sesosok perempuan yang tangguh dan rajin mencapai cita-cita yang ia kenang yaitu hendak menjadi guru. Dari situ aku belajar dengan teman, bagaimana caranya menghargai hidup seseorang. Aku pernah beranggapan waktu dulu bahwa semua orang dikategorikan dengan kasta-kasta seperti zaman dahulu. Tetapi sekarang apa yang kuperoleh, selama aku terjun langsung berteman dari berbagai kalangan kegiatan, aku sadar bahwa manusia tak bisa digolongkan kaya-miskin, pintar-bodoh, bawel-diam, dan sebagainya. Akan tetapi yang terpenting adalah menilai sesorang harus dari kadar iman taqwanya, hanya ALLAH yang tahu itu semua.  Maka dari itu salah besar jika menilai orang dari luar saja.

Satu contoh aja nih, seorang lelaki hendak menikahi seorang perempuan yang menurutnya sangatlah pas dengan dirinya. Tapi sang ibu dari perempuan tak setuju diakibatkan oleh karena penampilannya seperti tukang ojek. Padahal sang ibu tak tahu menahu tentang sang lelaki yang mau menikahi anak semata wayangnya. Sebenarnya yang dikira tukang ojek itu adalah jebolan sarjana S2 di Kairo, tetapi sang lelaki ini ingin mengetes dari pihak calon perempuan, menilai dari segi materi penampilankah atau dari segi kuantitasnya yaitu kemampuan. Alhasil sang lelaki perjaka ini tak ingin menikahi sang perempuan, karena baik sang ibu dan anak sama saja. Menilai orang dari penampilan. Alhasil sang perjaka itu pindah ke lain hati yaitu memilih perempuan yang sholehah dan tak menuntut apapun darinya, sang perempuan sholehah itu memilih tak muluk-muluk, asalkan sang calon suami itu bisa memimpin keluarga dengan baik, bisa membimbing sang calon istri dengan penuh belaian kasih sayang serta jika anak-anaknya kelak lahir.

Bayangkan betapa ruginya jikalau kebanyakan wanita di dunia ini melihat dari segi penampilan saja alias dari luarnya saja. Melihat dari uang saja, melihat dari materi yang bergelimangan harta dan apapun itu bentuknya. Sungguh rugi zaman sekarang masih berpikiran kuno. Wahai perempuan yang memiliki akal  dan yang memiliki rupawan yang jelita, aku di sini memberitahu dan mewakilkan temen-temen sejawat kaum adam, mereka ngeluh akhir-akhir ini,kok zaman sekarang banyak sekali ya perempuan yang melihat cuma dari fisik, kekayaan yang fana didunia, dan tak benar-benar melihat iman, kemampuan, skill,dan  taqwanya kepada ALLAH semata. Tapi itu cuma sedikit dari sebagian besar wanita sih. Maka dari itu sungguh beruntung dunia dan akhirat apabila wanita dan laki-laki menilai lawan jenisnya dari penampilan luarnya dan melihat dari hatinya. Begituu…….

Semua itu sudah dijelaskan pula di dalam Al-Qur’an bahwa “ Laki-laki baik hanya untuk perempuan yang baik-baik, begitu sebaliknya perempuan yang baik untuk lelaki yang baik pula”. Akan tetapi ini nih yang sadis dan semoga kita dijauhkan dari golongan ini. Yaitu laki-laki tidak baik untuk perempuan yang tak baik pula begitu juga sebaliknya perempuan yang tak baik maka balasannya mendapat laki-laki yang tak baik pula.” So, Life Is Choice.

Satu lagi nih tips dariku pribadi, jikalau ingin mendapat pasangan hidup maka pilihlah yang sesuai kriteria dari segi agama dulu, karena kalau itu di pahami dan dilakukan maka imbas yang baik dapat kita peroleh sepenuhnya. Jika mau dapat cewek/calon istri  atau cowok/calon suami yang setia maka kita musti berlatih untuk setia. Kalau mau cari calon istri yang baik hati maka kita juga harus baik dengan orang. Maka dari itu dianjurkan sekali buat you-you semua untuk menebar kebaikan dan mengamalkannya di kehidupan. Kalau kita memenuhi semua kriteria di atas maka ALLAH juga pasti senang dan memiihkan jodoh yang amat terbaik sekali. Kita boleh berencana tapi ALLAH lah yang menentukan semua because ALLAH adalah maha pembuat makar. Maha pembuat rencana yang sebaik-baiknya.

***

Saatnya Bermimpi

Mimpi jadi Presiden dan membuat segala perangkat menteri terkait yang memiliki kemampuan di atas rata-rata orang umum.  Sekarang aku bermimpi jadi Dekan Fakultas Kedokteran tapi aku harus cetak impian itu lebih dari biasanya, yaitu pengen jadi presiden yang membuat semua rakyat Indonesia menjadi makmur sentosa semuanya. Tidak seperti aku melihat warga yang aku lihat pada saat acara baksos tadi. Kasihan bener mereka. Aku ingin sekali memakmurkan mereka, tak terbelakang, dan memiliki pengetahuan yang lebih. Sehingga bisa kita lihat dan kita pantau hasilnya. Kan enak punya warga yang pintar dan bisa mencukupi kebutuhannya masing-masing. Coba saja lihat negeriku Indonesia ini. Kemiskinan bisa kita lihat di mana-mana. Kita toleh ke kanan udah ketemu ama orang miskin. Kita toleh ke kiri juga ketemu orang miskin. Waktu kita mimpi aja juga ketemu ama orang miskin. Huuuuh, memang Negara zaman sekarang haruslah putar otak. Hebat atau tidaknya suatu Negara faktor utamanya adalah ideologinya terlebih dahulu.

Saatnya bermimpi. Mimpi adalah separuh harapan sedangkan keputusasaan adalah separuh dari kegagalan. Maka dari itu kusarankan banyak-banyaklah bermimpi setinggi surga. Sungguh bener-bener asyiik kalau kita bermimpi tentang masa depan. Tapi jangan kelewat batas mimpi. Soalnya berpengaruh terhadap angan-angan semu yang membuncah tinggi nantinya. Setelah bermimpi lakukanlah hal berikut.

  1. Mimpi lagi yang banyak
  2. Olah proposal hidup
  3. Tentukan langkah-langkah menggapai mimpi
  4. Istiqomah di jalan yang lurus jangan sekali-kali bengkok kalau bengkok istiqomahnya insya ALLAH bengkok juga cita-citamu
  5. Setelah itu buat agenda perbulan dan apa-apa yang ingin ditargetkan pada bulan itu
  6. Ada juga nih yang paling baik , kalau perlu setiap hari rincikan agenda kegiatannya kalau perlu ditambah pakai jam, nah ini kaya orang sempurnaistis (bahasa gaulnya aku).
  7. Kalau sudah dilakukan baru ditambah dengan doa soalnya usaha kan juga sudah
  8. Ingat usaha dan doa, ini harus berbarengan jangan ditinggal satu-satu. Soalnya aku pernah pengalaman masalah ini, so doa dan usaha harus berbarengan.

Kalau 8 tips power mimpi ini dilakukan dengan baik dan bagus insya ALLAH akan membuahkan hasil. Inti dari ini semua haruslah tekun dan rajin melakukannya. Kalau tak rajin ya mana bisa. Kucing baru kawin aja bisa ngelakuin ini semua (membayangkan yang gak gak). Nah 8 tips tadi aku peroleh selama bertapa di kamar sobat, tepatnya habis bangun tidur. Aku waktu itu bingung  mau ngapain pagi ini, sekedar berawal dari iseng mau berbagi aja. Eh ternyata ini tangan pengen nulis tips tadi. Ya udah, aku tulis ajas seadanya. Berhubung itu tips sederhana, tapi kalau sampean bener-bener melakukannya insya ALLAH akan berhasil. Sedikit pantun aja nih, soalnya dari tadi pengen berpantun ria di pagi hari:

Kalau ada sumur di ladang

Boleh kita menumpang mandi

Kalau ada umur yang pajang

Boleh kita berjumpa lagi.

Nah udah tahu kan maksud pantun saya di atas, emang basi sih. Itu artinya saya gak mau nulis lagi, soalnya capek. Byee…nanti ketemu lagi di sesi berikutnya.

Serahkan Cinta Tulus di dalam Takdir

Tanggal 7 bulan 7 tahun 2011

Cinta, cintaaaaa, emang cuma 5 huruf tapi ini punya arti. Dalam benak mahasiswa kebanyakan cinta adalah konotasi pacaran. Apa itu pacaran tanya saja pada diri sendiri…! Pasti tahu sendiri jawabannya. Tak usah diberi tahu juga semua juga bisa jawab. Tak tahu jawabannya berarti tak tahu cinta dan tak pernah hidup sebelumnya. Cinta memang indah tapi bisa juga menyakitkan. Bagai duri sekam yang tak sengaja diinjak. Walau tak sengaja diinjak juga, sakit itu pasti ada. Tak usah ditunggu, semua rasa sakit itu pasti datang dengan sendirinya. Bagaimana tak mau gembira, cinta seluruhnya memang menaruhkan kesenangan bagi mereka yang menyandangnya. Tapi saat ku lihat banyak juga yang patah hati gara-gara salah satunya adalah cinta kepada lawan jenis. Minta ampun bener kalau masalah satu ini. Ini pernah aku alami sob, bayangkan 2 kali berturut-turut aku cuma sama dia aja. Pertama ketemu dan akhirnya jadilah hubungan,terus itu mengalami gangguan yaitu putus cinta sob. Terus balikan lagi sama orang yang itu-itu juga. Dan bertahan lama akhirnya, tapi ada lagi nih sob penghalangnya. Dianya cemburuan banget sob, masa’ cuma berteman di sini sama perempuan kagak boleh??? Apa kata dunia nih namanya sob??? Bayangkan soob, cuma berteman aja sama orang eh dibilang gak sayang lagi ama dia. Apa salahku sob, emang ini buku khusus loe-loe semua dengarkan curhat bin share ane sama kalian-kalian. Habisnya sob, sama siapa lagi gua cerita. Selain pengen berbagi ilmu dan cerita, ya aku cuma mau kenalan sama tambahin temen pembaca aja. Sekarang dia sama orang lain sob. Eeeh ternyata dia malah nempel kaya perangko ama cowok laen, apa kata dunia tuh sob??. Pokoknya loe-loe semua harus dengerin gua cerita yak, kasian gua sendirian cerita eh tapi gak dibaca. Kan kita temenan sob yak…sengaja buku ini bertema gak jauh dari kata patah hati entar biar bisa dibikin novel gitu. Oh ya pasti sobat sekalian pasti pernah merasakan cinta bukan, nah itu dia masalahnya sob, kadang sakit kadang menggembirakan. Tapi aku punya cara yang paling gak ngebosenin plus ditambah cinta kita ini mendatangkan manfaat yang luar biasa soob. Yaitu Cuma satu cinta yang benar-benar kekal di dunia yang rusak ini. Yaitu cinta kepada ALLAH. Aku gak habis pikir nih sob, kok ada yak, pemuda jaman sekarang yang gak cinta sama Tuhannya sendiri padahal Tuhannya kan sayang banget ama mereka, eh ternyata nyatater malah berkebalikan gitu keadaannya naudzubillah.

Dah tau kan ceritaku di atas, nah itu ungkapan hati sang penulis yang pernah dijuluki ‘bala so sweet’ sama temen-temen matkul PAB . Gak tau kenapa kok bisa dijuluki si bala malah ditambahin so sweet lagi. Oh mungkin, gua orangnya suka berpuisi puitis romantic kali yak…?? nah bisa juga tuh jadi jawabannya. Mau tau puisi yang pernah ku buat sama dia yang telah berpaling jauh dariku itu. Ceemon…!!!

Ndaa….you my love always in my heart…

sory i very busy if you call me yesterday…

But that is the real condition…

Mudahan you understand me…this is my puisi for you…you & I so far but you is my motivation in my self….

Love In Sea

In this condition ,i want you understand me,

You are my soulmate…

You are best….

this puisi for you…this puisi i make for you….

 

Laut Cina takkan berarti bila kupandang

desiran lembut tak selembut bila kau tak disampingku

Kau begitu indah

Semua sifat & tingkah lakumu

I miss u

 

layaknya karang

Layaknya ombak yang setia disampingnya

Begitu pula My feel for You

 

This statement real in my heart

This sentence, word, and all

Ingin rasanya membentangkan tanganmu kearah laut cina mediterania

Tapi sekarang apa broo, balasannya sungguh tak beralasan. Aku orangnya mah melawan arus aja soob, entar kalo ikutin air malahan bisa jatuh ke jurang ?? nah lho siapa yang mau tanggung jawab?? Makanya kita sebaiknya  ikutin air tapi musti juga melawan arus air. Gitu juga kehidupan sobat. Makanya saatnya untuk berkarya aja dulu. Emang bayangannya masih terngiang sembarangan di pikiran ini. Gak penting buangaat!!!. Tapi apa mau dikata , sekarang ia begitu, yah mau diapain lagi. Toh kalau jodoh gak kemana juga soob, yang penting di doain aja dianya supaya insyaf , maafin juga si dia yang pernah salah. Itu sekarang yang ada dipikiran gua sob. Loe-loe pada tahu gak?? Dua minggu ini lagu yang disetel Cuma lagu d’massiiiiiiiiiiiv aja….. jadi bingung aku jadinya. Kalau gak lagu kenny G yang pake lagu romantic sedihnya, ya lagunya d’masssiiv cuma 2 lagu itu nemenin hari-hari sedihku sob. Coba kamu yang ada diposisi ini , gak nahaaaaan dah. Pengennya terjun ke laut aja. Gak pengen nyebur ke lumpur (yaiyalah sudah bau, kotor, item lagi).

Ini aku udah bangkit sob, gak pengen lagi disakiti. Saatnya berkarya aja sudah buat bangsa tercinta. Bulsyeeet (kalo gak salah artinya omong kosong). Aku cuma bisa ngedoain si umat ALLAH yangs satu itu yang ada di pulau yang jauh sana biar dia diberi hidayah, pertolongan , kasih sayang dari ALLAH. Soalnya ini tangan gak nyampek ke sana sob, biarlah ALLAH yang jaga dia lewat perantara orang tuanya. Semoga nantinya akan baik-baik saja. Aku percaya ALLAH kok, soalnya beliau yang sangat amat mulia adalah maha pembuat rencana yang paling baik buat aku. So, jangan nangis wooy yang mbaca (gua aja gak nangis).

Nah sekarang aku mau nulis apa yak?? kok habis cerita cinta sedih tadi bawaannya pengen tiduran soalnya penulis udah capek nih , mau nulis apa juga bingung. Yah itulah tulisanku. Memang bikin susah orang yang membaca tapi dari semua itu aku pengen menyampaikan yang ada manfaatnya , ternyata di balik semua tulisan dan pembicaraan diskusi sama temen-temen ada baiknya juga. Kita bisa bijak banget masbro dan mbakbro sekalian.

Nah kalau ke paragraph baru ini pikiran saya mau cerita tentang jodoh masbro dan mbakbro sekalian. Bagi yang sedang patah hati kaya saya, jangan dianggap serius entar semua pekerjaan malah jadi rusak gara-gara mikirkan yang gak bener dan gak ada manfaatnya barang sedikitpun gak ada. Bayangkan kelakuan orang patah hati itu kaya daun mau runtuh ke tanah terus siap-siap di gigit sama ulat-ulat dan cacing-cacing tanah. Nah maka dari itu kalau gak mau patah hati jangan seperti daun yang bisanya melongo meratap nasib. Tegarlah seperti karang yang tak pernah nangis diterpa oleh deburan ombak masalah.

Lagu d’massiv masih aja mengiang di telingakuku, judulnya apa salahku broo sekalian, dan mbak broo sekalian. Hentakan syairnya sungguh menyayat hati pokoknya. Pas bener buatku di saat kaya gini. Oh ya ini rencananya mau terbitin ke penerbit. Yah jadi buku gitu lah. Terinspirasi dari tulisan Raditya Dika yang ngebanyol trus aku modif ala Wibi sendiri. Kalau Raditya Dika gaya tulisannya emang bagus dan judulnya juga lumayan ngebanyol dan buat orang pengen ngebeli bukunya. Tapi kalau nurutin orang sih namanya menjiplak itu. Yang bagus itu sih. ATM (Amati Tiru Modifikasi)….!!! Itu baru bener-bener ide brillian.

Kalau Raditya Dika yang judul buku pertamanya “Kambing Jantan”, kalau aku mah beda buangat yang lebih kerenan sedikit aja. Dan nambah orang bikin penasaran yaitu judul yang pertama bukuku yang insya ALLAH mau terbit berjudul “Catatan Komandan Tingkat” tapi itu masih rencana broo, belum fix judulnya. Buku belum jadi broo dan mbakbro sekalian. Soalnya lagi nunggu bunda, mamah, ibu (biasanya panggilannya) datang dari Surabaya. Oh ya sory broo baru cerita, kakaek gua meninggal broo, sedih gua dengernya dua hari dua malam berturut ditambah pengajian dan ditambah lagi kirim doa sama eyang kakung. Ya ibuku lagi berkabung, ia ke Surabaya untuk menjenguk kakek saya. Tanggal 8 mereka baru datang yaitu besok hari masbro dan mbakbro sekalian. Makanya besok aku ke BJM buat nyambut mereka. Sekaligus mau bicarakan masalah buku yang pertama yang mau aku terbitin. Mudah-mudahan aja dapat tambahan dana insentif dari bunda, mamah tersayang. Sebelumnya dapat dari bokap, bapak, alias bapake (kebiasaan kalau di kota Kebumen) yang aku hormatin kaya panglima perang. Soalnya aku pengen banget  untuk nulis buku khas buah tangan dariku sendiri. Kan jarang-jarang sang Komandan Tingkat nulis buku kaya gini. Hihi….

Sekarang pas jam 5 sore nih, kulihat jam dinding rumahku gak bergerak-gerak eh ternyata udah mati itu baterenya. Kulihat televisi 14 inch sedangku seperti duduk merenung melihat sang komandan patah hati. Yah itu tivi bisa-bisanya nebak aku berimajinasi seperti itu. Apalagi kalau aku lihat bangku merah plastic yang sering aku duduki di depan laptop, sepertinya ia duduk meratapi nasibnya yang begitu-gitu aja. Yah namanya aja benda mati yah harus siap dengan konsekunsinya dong. Siapa suruh jadi benda mati, kan lebih enak benda hidup kaya kita-kita ini. Terus aku lihat juga ada ikat pinggang yang kugantung di belakang pintu kamar, sepertinya ia sedang cemberut atas keprihatinan patah hatinya sang empunya ikat pinggang. Bagaimana tidak ia kurasa memilki perasaan yang sama denganku. Ikat pinggang oh ikat pinggang kok aku ngehayalin yang enggak-enggak yaa, gak bener emang. Terus aku lihat kitabku al-quranul karim yang sering mengobatiku di  saat berputus asa. Al-Quran itulah yang setia menemani bacaanku setiap hari. Ia sungguh kucinta sungguh benar-benar ku sayang. Apalagi kalau aku setel lagu shoawat nabi Muhammad, bawaannya pengen seneng aja. Soalnya itu lagu membaut hati lebih tenang tanpa beban pikiran.

Sekarang aku lihat banyak sekali sih buku yang bertebaran tentang motivasilah, cerita sukses, buku pemahaman islam ekonomi, buku imperialism barat dan komunisme lah. Pokoknya buuanyaaak banget dah. Mau tentang kedoketeran juga ada sampai-hal-hal yang terkceil juga ada di jual di toko-toko terdekat rumah kita. Tapi aku ini beda dengan yang lain, aku pengen nulis buku. Yah kalau beda sedikit kan lebih asyik aja. Apalagi nih kalau itu buku bisa difilmkan dan bisa dibuat seri terbitannya. Sungguh itu harapanku yang luar biasa dalam bidang kepenulisan. Aku lihat juga banyak penulis yang sangat kompeten untuk menghasilkan karya yang ajiiiibb. Tapia apa gunanya kalau menjiplak. Bisanya cuma meniru tulisan orang bahkan meniru persis tulisan buku orang. Kalau aku sih beda, aku melaknat bener seperti itu. Gak mau aku sepeti itu, lebih baikkan, menampilkan hasil karya kita sendiri. Itu yang lebih baik. Ingat karya sendiri yang lahir dari buah tangan sendiri lebih mahal harganya dibanding dengan tumpukan emas.

Karya aku ibaratkan dengan segurun banyaknya akal yang lahir dipikiran kita. Bagaimana cara kita menggali potensi yang ada dalam gurun itu yang tidak lain tak bukan adalah segenap potensi yang harus kita ketahui terlebih dahulu. Kita gali , kita selidiki, kita amati, kita ambil itu pikiran kita yang ada di gurun lalu buat lah gurun-gurun pasir karya pikiran kita ke arah karya besar lainnya. Itulah yang musti dicoba. “Saat ini sepertinya teori belajar sedikit sekali pengaruhnya buat kesuksesan akan tetapi yang membuat orang sukses adalah pengalamannya. Karena pengalaman adalah kakek buyut dari guru besar”.

Oh ya, aku lupa menceritakan kegiatanku yang lalu dan sekarang masih digeluti. Aku sekarang menjabat kordinator PAMI wilayah UNLAM. Sungguh pekerjaan yang lumayan asyik. Aku tak melihat pekerjaanku sebagai beban , semua aku bawa tenang tapi serius. PAMI (Pergerakan Anggota Muda Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia) yang sebentar lagi mau berdiri di Kal-Sel kota dimana aku di besarkan. Aku memang lahir di Surabaya tapi dibesarkan dikota Borneo ini. PAMI sekarang mau berdiri sobat. Makanya aku ikut berpatisipasi untuk mendirikan ikatan anggota muda khusus mahasiswa Kesehatan masyarakat atau sering dikenal di dunia Public Health. Ini pekerjaan sungguh benar-benar mengasyikkan untuk mengenal adanya organisasi yang prestisius bisa mengembangkan bakat kita sebenarnya. Apalagi kalau kita di PAMI ini kita diperkenalkan dan di suruh untuk memecahkan masalah kesehatan di Indonesia beserta dengan solusi yang amat terbaik bersama pemerintah. PAMI juga bertujuan untuk mendidik anggotanya menjadi anggota yang benar-benar dipersiapkan untuk menjadi kader kesehatan dunia yang nantinya mendukung dan memberantas adanya masalah-masalah yang mendera menerpa. Kan lebih baek mencegah daripada mengobati bukan??? So pasti jawabannya.

Ya mudah-mudahan impian itu bisa terwujud dengan sempurna dan secara keseluruhan/kaffah. Bunyi orang mengaji al-qur’an mulai terdengar pertanda suara azan magrib sebentar lagi datang. Hari ini hari kamis yang benar-benar lelah bagiku dengan sederet kegiatan bermanfaat yang dapat membaut raga penat lelah. Besok ada lagi kegiatan yang perlu dikerjakan. Pokoknya aku sarankan buat mahasiswa sekalian organisasi memang penting tapi jangan lupa melupakan kodrat kita sebagai mahasiswa untuk belajar materi pelajaran yang telah disampaikan oleh para dosen. Karena mustahal (saking kecepetan) buat mahasiswa atau kita-kita yang asyik berorganisasi bisa cepet pintar tanpa adanya ilmu yang didapat. Semuanya harus seimbang. Bagai Yin dan Yang (pepatah Cina).

Surat buat presiden tercinta kita Pak Beye:

Assalamu alaikum bapak SBY. Pak sungguh bener-bener nekat sampean, tadi siang saya lihat sampean ngadakan rapat kabinet paripurna tentang masalah yang menghadapi Negara ini ditambah lagi persiapan buat menghadapi bulan suci Ramadhan dan acara 17 agustusan. Dari rapat tadi saya menangkap, kok sibuuuk beeneer ya sampean. Saya aja sibuk yang ecek-ecekan aja pernah mengeluh sedikit. Eh bapak kok bisa-bisanya mikul beban Negara ini bersama teman-teman. Sungguh ajiiib beneeeeer. Ketegaran bapak itu lho yang musti saya turuti. Rugi bagi saya kalau gak bisa nuruti contoh yang baik buat saya.

                Pak gantian dooong jadi presideeennyaaaa, saya juga pengen nih, memerintah di Indonesia (semoga terkabul). Kayanya asyiik aja gitu pak memegang peranan penting pemerintah di Indonesia. Apalagi saya jadi presideen. Sungguh jabatan yang luar biasa bagi saya. Pokoknya saya ikutin aja caranya nabi Muhammad memerintah semampu saya. Soalnya beliau itu yang patut dituruti pak Beye. Beliau adalah contoh yang sangat bagus bagi saya. Beliau aja memerintah sangatlah ‘gentlema’n. Berwibawa banget gitu paak. Nah kalo saya jadi presiden dan memimpin negeri ini. Beeeeeh bakalan insya ALLAH lancaaar deh paaak, makmur lagi. Tapi harus ganti system dulu pak, saya milih system yang diajarkan oleh rasul kita. Karena teruji secara klinis dah kalao mau dikatain. Berjayaaa banget pak. Coba lihat system kita sekarang. Masih banyak kan yang ngannggur. Kalau zaman khilafah ya jelas gak ada pak. Soalnya itu system dari ALLAH langsung perintahnya. Pake syariat islam. Tapi jangan dikira saya ini NII lho pak, bukan sama sekali. Saya cuma ngusul aja. Toh zaman khilafah sebentar lagi akan terwujud kok sesuai sabdanya nabi Muhammad SAW. Tinggal tunggu saja.

***

 

Belajar dari yang berpengalaman

11.45 malam WITA Banjarmasin

                Saat aku di sms kakak tingkat buat membicarakan masalah seminar nasional di Jakarta. Aku pun langsung bersigap untuk ke sana yaitu membicarakan hal-hal terkait dana dan pengiriman delegasi ke Jakarta. Aku suka dengan pembahasan ini. Bukan hanya untuk mencari wawasan dan ilmu saja. Akan tetapi ini menyangkut kredibilitas yang baik buat nama PSKM itu sendiri. Aku berniat untuk mengikuti seminar nasional itu. Tapi ada beberapa kendala yang membuat kami harus putar otak berpikir untuk mendapatkan dana dari fakultas. Ini merupakan acara prestisius dan memiliki gengsi di mata kesehatan masyarakat nasional Indonesia. Maka dari itu sungguh rugi kalau tak mengirimkan delegasi ke sana. Yah, minimal ada dua orang lah yang ke sana. Lumayan kan, mendapatkan ilmu yang dapat diterapkan langsung pada HIMA KesMas UNLAM Banjarbaru. Sudah dapat ilmu, teman dan relasi yang akan menambah semangat dalam berorganisasi. Yah mudah-mudahan saja besok dapat hidayah dan kelancaran untuk mendapatkan dana dari proposal itu, aaamiiin.

Tujuan diselenggarakannya seminar PAMI nasional yang berjudul IPHSS itu untuk mengumpulkan seluruh wakil mahasiswa kesehatan masyarakat untuk menyamakan persepsi arti pentingnya PAMI bagi mahasiswa kesehatan anggota muda. Bukan hanya itu masih banyak kegiatan yang akan dilaksanakan dari pagi sampai sore bahkan ada yang dlakukan sampai malam pada hari tertentu. Acaranya akan dilaksanakan tanggal 13-16 Juli sobat. Maka dari itu ini penting sekali buat diikuti. Tujuanku kalau terpilih nanti untuk mewakili kesana adalah mengembangkan HIMA KesMas yang sudah ada dan diceritakan kepada anggota HIMA lainya.

Oh ya, bagi sampean yang belum tahu arti dari HIMA adalah Himpunan Mahasiswa. Jadi itu organisasi sangatlah berguna bagi mahasiswa untuk berorganisasi. Kita jadi tahu tentang seluk beluk luar dalam kegiatan kampus. Tak hanya berkutat di daerah bangku kuliah fakultas saja. Akan tetapi kita bisa menambah ‘link-link’ tambahan jaringan yang bagus buat sarana komunikasi kita ke semua orang. Nah organisasi yang aku geluti sekarang adalah HIMA KesMas, KSI Asy-Syifa, dan satu lagi nih yang aku mau incar di semester berikutnya yaitu BEM Fakultas Kedokteran. Aku sekarang semester 3 dan sekarang aku targetnya ikut jadi anggota BEM dulu. Nah baru dah pengabdian selama 1,5 tahun. Setelah itu kan ada pergantian kepengurusan, otomatis, aku itu udah semester 5 an lah kalau tak salah. Nah saatnya aku mau mencalonkan menjadi presiden BEM FK UNLAM. Itu cita-citaku soob. Beeeeeh ajiiib dah.  Kapan lagi bisa memimpin. Makanya aku mulai dari sekarang musti banyak belajar di organisasi. Toh nantinya saat kita lulus kita dituntut untuk berorganisasi dalam masyarakat. Kalau bukan dari sekarang pengalaman yang didapat, kapan lagi, ya gak ya gak??

Aku tadi barusan pulang dari acara ngobrol bareng sama kakak tingkat, yah kami sambil minum STMJ laah (Susu Telor Madu Jahe) dekat kampus kedokteran. Wuuih itu to’ rasanya STMJ. Baru tau aku sob secara aku baru minum itu minuman ya baru tadi. Sekarang aku tahu rasanya dicampur sama telor dan seperangkat bahan ramuan. Alhasil ini badan kerasa banget angetnya. Emang itu minuman dicampur jahe, rasanya pedes-pedes enak masbroo dan mbakbroo sekalian. Di sana tempatnya ya kaya warung gitu tapi didirikan di pinggir jalan. Otomatis pemandangan saat minum jelas kendaraan dan mobil-mobil yang lalu lalang. Swaaang swiiiing sawaaang swiiing….seliweran. Gak mungkin kan ada kuda yang lewat bergerombolan.

Dari tadi kami membahas tentang seputar HIMA gitulah. Maka dari itu aku banyak-banyak tanya sama kakak tingkat tadi. Oh ternyata aku bisa ngambil kesimpulan bahwa berteman dalam organisasi itu selain menambah partner juga nambah wawasan. Bisa juga nih organisasi tu orang-orangnya kita bawa buat wirausaha bagi yang mau. Walhasil kalau ada yang mau apa gak jadi untung  tuh wirausaha yang kita rintis. Ada sih dosenku yang suka berwirausaha, ia malahan mau minjemin sebagian uangnya buat wirausaha mahasiswa. Malahan dipinjemin secara gratis. Apa gak untung kita kalau nyetujuin. Tapi syaratnya hanya satu soob, harus konsisten berwirausaha. Jangan mentang-mentang udah diterima jadi PNS eeeh malah ninggain wirausaha. Itu yang gak disenengin salah satu dosen saya. Orangnya baik bener soob, punya cita-cita yang mulia bagi mahasiswa. Tapi ya itu masalahnya. Dia belum menemukan sesosok mahasiswa yang berani mengiyakan untuk minjem duit buat modal usaha. Seandainya ketemu sama orang itu, bakalan disenengin ama tuh dosen, yang sehari-harinya itu  sering ngobrol sama mahasiswa.

Sesampai di rumah , aku mengecek berkas yang ada di tanganku buat besok di bawa. Mudah-mudahan saja semua urusan besok lancar dan urusan proposal uang diterima dan uangnya juga lancar keluar. Aaaamiin. Tambah lagi nih, doaku supaya bisa jadi wakil ke Jakarta untuk acara IPHSS (Indonesian Public Health Summit Student) yang kunanti-nantikan acara itu di Depok, Jakarta. *itu juga kalau jadi….Ya udahlah , sekarang waktunya istirahat, udah malem banget nih. Besok harus ‘fit’ tak boleh sakit ataupun loyo. Because dalam Islam, istirahat adalah momen untuk menyiapkan diri untuk beribadah besok hari. Luar biasa banget prinsipnya orang Islam.

Liburan di Banjarmasin

9 Juli 2011

Sobatku yang tersayang, halo broo ketemu lagi kita dalam acara ‘sehari bersama Wibi’. Hahai…… Hari ini aku tepat posisinya di Banjarmasin masbro dan mbakbro sekalian. Wah kemarin itu dapat banyak pengalaman aku tentang hal ini itu. Pokoknya seru banget dah walau itu pengalaman sedih banget dan banyak kekurangan serta kegagalan, tapi tak apa-apa semuanya aku jabanin bro sekalian. Nah sekarang aku di Banjarmasin pengennya sih ngobrol sama temen-temen di SMA, soalnya kangen banget bro, apalagi kalau jalan bareng ama mereka. Wah pasti seru dah jadinya. Ibuku sudah datang tadi malam broo, beliau dari Surabaya bersama adekku. Wah ini oleh-oleh buanyak banget soob. Aku aja lagi seneng-senengnya ngabisin kue ‘Amanda’ dari Surabaya. Ueennnaak tenan masbro.

Liburan kaya gini enaknya makan soto Banjar di restoran sama minum kopi di waktu malam nih masbro. Omong-omong disana gemana keadaannya masbro dan mbakbro sekalian.??? Mudah-mudahan baik-baik aja yak…aamiin. Terlintas dipikiran aku sekarang pengen ngebangun hotel nih bro, gak tahu kenapa. Oh mungkin aku ngeliat iklan hotel di televisi kali. Emang aku ini punya cita-cita tinggi bagai surga. Mudah-mudahan aja bisa terkabul yee. Semuanya itu harus ada pengorbanan dan satu lagi yaitu 3 jurus pamungkas dalam menjalani kehidupan: sabar, ikhlas, dan tawakkal. Kalo itu jurus dikolaborasikan semua. Beeeh, ajiiib dah.

Enaknya kita membahas apa ya, masih banyak nih problem-problem di dunia ini yang perlu kita koreksi dan kita ceritakan lewat forum buku ini. Kemarin aku hampir nangis gara-gara satu acara di televisi judulnya “Jika Aku Menjadi” broo sekalian. Itu cerita menyentuh perasaan banget dah. Pantesan adek aku sering ngeliat itu siaran. Emang bagus sih, supaya kita ingat sama yang di bawah. Ternyata kalau kita di posisi sekarang eh ternyata lagi nih ada yang masih di bawah kondisi ekonomi dari kita. Bayangkan bro perjuangan mencari sesuap nasi dengan berjalan mengurus kebun orang lain. Bukan kebun sendiri tapi itu kebun milik orang lain. Dan ditambah lagi harus di bagi dua penghasilannya. Memang ibu-ibu yang aku lihat di televisi tadi bener-bener tangguh mengahadapi kehidupan. Nah kalau orang yang gak bersyukur malahan jadi tambah sombong dan gak mau melihat penderitaan rakyat di bawah. Naudzubillah jadi orang sombong. Mendingan jadi orang sederhana dan baik hati. Mudah-mudahan kita menjadi orang yang beriman tinggi dan berahklak mulia.

Nah di saat aku nulis tadi aku melihat ibundaku pakai kerudung, ibuku kalau pakai kerudung kadang Cuma asal-asalan sekenanya aja. Aku pengen ibu tuh niru zaman makai kerudung yang modern gitu. Kaya temenku di kampus, macem-macem dah gaya penampilan kerudungnya. Aku suka ama yang penampilan kaya gitu. Ada sih temen yang aku suka penampilannya , dia itu perempuan, lumayan cantik, pinter dan kayanya gaul abis tapi dia tahu sopan santun. Nah mudah-mudahan aku ketemu jodoh kaya gitu. Tapi bukan saatnya untuk memikirkan tentang pacaran sob, aku mah trauma bisa di bilang. Takutnya kalau pacaran dapat dosa plus ditambah urusan yang laen gak ke urus. Nah itu aku gak mau. Cukup sudah sakit hati yang  kurasakan. Bener-bener sakit sih rasanya kalau dirasakan. Tapi ya itulah cinta kadang ngebosenin, ngejengkelin dan bahkan bisa membahagiakan kita sampai kita seolah-olah di bawa ke langit surga yang indah.

Bukan saatnya pacaran saat ini. Cukup kuliah, organisasi, cari uang, berteman dan perbanyak jaringan bisnis aja dah buat sekarang. Kalau ada yang bertanya “ki, kenapa gak cari cewek yang lain aja?”. Itu mah aku jawab, kalau aku cari pengganti sekarang sih udah dapat,  kalau bisa aku juga bisa sampai dapat lebih dari dua kalau boleh sombong. Itu beneran lho gak bohong. Tapi ini hati kecil berkata lain dengan bisikan sang Illahi yaitu ALLAH. Jadi orang bener itu disayang ALLAH masbro dan mbakbro sekalian. Makanya aku sekarang kayanya mikir untuk masa depan dulu aja, kalau udah sukses dan sesuai harapan langsung aja aku capcus cari pendamping buat hidup kelak. Nah kan enak kalau begitu. Tapi harus kenal dulu calon pendamping itu. Harus aku lihat , aku nilai, apa sesuai criteria atau engak . Kalau aku ngenilai gak ‘srek’ sedikit aja bakalan gak aku pilih. Tentunya dengan persetujuan orang tua. Dan baiknya lagi nih, sepenuhnya pemilihan aku aja yang milih bukan lewat tangan orang lain. Emangnya ini zaman siti Nurbaya apa? Ya bukanlah. Saatnya yang muda berkreasi maka tambah asyiik+bagus hasilnya asalkan sesuai aturan saja.

Nah kalau udah dapat uang banyak, pekerjaan tetap, rumah ada, proyek bisnis melimpah. Baru tuh ngelamar anak orang. Emang sih pacaran itu banyak mudaratnya, aku sendiri yang merasakannya. Nih aku beri tahu keluhanku tentang pacaran dulu sama dia itu tuh yang ada di luar pulau Borneo sana. Gak pengen aku nyebutin namanya di sini. Cukup aku dan dia saja yang tahu. Walau ini hati masih sakit. Tapi ora opo-opo, “all is well”, semuanya akan baik-baik saja.  Keluhannya ini nih waktu pacaran dan ketemu jawabannya: pulsa terkuras habis gak karuan bukannya pelit sih kalau maslah pulsa no problem akunya, kalau dia di sini pastinya urusan penting lainnya bakal keganggu, ibadah kepada ALLAH jadi kebagi-bagi gak karuan, status di FB aku membatin mulu, gak penting banget dan lain-lain deh, nah yang pastinya dosa bertambah  masbro dan mbak bro sekalian.

Aku tau kok, kalau pacaran itu kata orang untuk mengenal dan cara mengasihi kepada lawan jenis. Tapi harus tahu aturannya dong, masa’ pacaran aku lihat gandengan mesra sambil pelukan sama cowoknya kaya teletubbies aja. Dimana harga diri itu perempuan???, aku sempet ‘mringis’, kok ada ya perempuan yang rela tubuhnya dipegang, padahal gak halal baginya. Sekali lagi aku jangan di kira mendakwahi kalian ya, aku di sini cuma berbagi cerita dan perasaanku aja. Jadi kita sama-sama tahu manfaat dan mudaratnya. Nah terus aku juga pernah denger info juga sampai ke hubungan intim segala. Kan itu namanya zina dan elu-elu tahu juga kan ganjaran dosanya apa? Yaitu “nar” kalau bahasa arab yaitu neraka. Gak usah aku certain ya tentang neraka dan jilatan apinya yang amaaaaaaaat panaaaas. Udah tau sendiri kok kalian. Aku ibaratin perempuan itu kaya perhiasan bahkan lebih dari perhiasan masbro dan mbakbro sekalian. Makanya sepantesnya lho ya, perempuan itu marah kalau sedikit saja kulit dari mereka disentuh sama lelaki yang tak bertanggung jawab atau iseng sekalipun. Bener-bener aib dah kalau ketemu perempuan kaya gitu. Dikampusku banyak perempuan yang sopan dan tahu Islam gitu dan gak mau kulitnya kesentuh sama lelaki walau salaman aja. Tapi gak sedikit juga yang gaul-gaul gitu dan ngobrol sama kaum lelaki yaaah nurutin zaman sekarang aja lah mereka itu. Kaya gak tau aja zaman sekarang kaya gemana.

Sekali lagi aku pengen cerita aja lho bukannya bermaksud untuk ngajarin masbro dan mbakbro sekalian. Ini murni pengalamanku sendiri makanya aku berbagi cerita sama kalian. Nah yang miris lagi nih kalau melihat perempuan yang sudah sholehah, cantiknya bukan main, dan tahu agama eeh malahan hamil diluar nikah, ini nih yang bikin hati jadi nangis sejadi-jadinya. ALLAH juga sayang lho sama kita, kalau kita bisa menjaga diri sendiri. Semua karunia dijabanin dan diturunkan  sama ALLAH dah kalau kita juga bersyukur atas karunia yang Dia berikan. Yaaah mudah-mudahan aku dapat yang aku impikan selama ini. Istri yang sholehah,cantik, pintar, mengerti perasaan orang lain, kalau cemburu sedikit boleh laah kan tandanya sayang. Nah kalau cemburuan baangeeeet gitu yaa, aku gak suka, hidup kayanya terkekang aja. Masa yak masbro dan mbakbro sekalian, berteman di FB dan koment-komentan sama temen perempuan aja gak boleh. Padahal ini maksud hati cuma berteman aja lho gak lebih. Eeeh ini malah cemburu buta kaya gitu. Haaaah, sakit hati sih masih ada sampai sekarang, tapi dia sekarang udah sama cowok laen masbro, makanya itu kok cepeet beneer dia ngelupain gitu ya. Padahal ini rasa masih tetep sama lho, gak tau nanti ke depannya. Semoga ALLAH menggantikan ini semua dengan yang amat lebih baik dari sebelumnya , aaamiiin. Emang bener dah wanita itu susah ditebak perasaannya, bagai dalamnya lautan samudra. Gak bisa dicari kemana-mana itu perasaan hanya dia dan dirinya saja yang tahu.

Wuuuiih, hari ini aku curhaaat abiiiissss. Gak tahu nih tangan pengennya curhaaaat aja. Mungkin ini anugrah kali. Ambil baiknya dan buang buruknya aja. Kalau aku ingat dia, bawaannya membatin teruss soob, apa lagi kalau aku lihat fotonya bersama dia. Haduuuwh, ini hati bagai ke iris pisau tajam sampai bener-bener dicincang. Hati ini kayanya dibanting-banting gak sengaja sama dia. Walau jauh sampai hari ini juga tetep sama masbro perasaanku sama dia. Tapi yaaah begitulah masbro-masbroo sekalian, takdir cinta gak bisa ditebak. Cuma ALLAH saja yang tahu jodoh kita, kita hanya bisa berdoa dan berusaha mendapatkan jodoh yang terbaik.

***

Cuma ini doaku pada ALLAH untuk hari ini….

Ya ALLAH jauhkanlah pikiran kotor di dalam otak ini

Ya ALLAh aku mohon berikanlah suatu hari nanti jodoh yang Engkau janjikan

Hamba mohon padamu , berikan jodoh yang sangat terbaik buat hamba, yang cantik, yang sholehah dan dapat membawa hamba ke arah keberhasilan dunia dan akhirat.

Hamba memang benar-benar membutuhkan itu semua ya ALLAH untuk mendampingi hari-hari hamba beribadah bersama yang ditujukan hanya untuk-Mu.

Ya ALLAH janganlah Engkau membiarkan hamba jatuh ke dalam keputus-asaan, hamba hanya percaya pada-Mu ya ALLAh, aku mencintaiMu setulus hatiku

Ingatkan hamba jika hamba berbuat salah kepada-Mu. Jangan biarkan hamba yang berdosa ini jatuh ke dalam lembah kenistaan yang kau kutuk.

Hamba hanya bisa berharap kepada-Mu bukan dengan orang lain

Jadikanlah hamba ini menjadi manusia yang paling beruntung mendapatkan anugrah yang tak terkira dari-Mu.

Sungguh kesalahan waktu lampau aku sadari dan aku menyesal telah melakukan kesalahan-kesalahan dulu. Tapi Engkau adalah zat yang maha segalanya, maha pemberi ampun bagiku.

Terima Kasih atas karunia yang Kau berikan ya ALLAH, tolong ingatkanlah hamba terus untuk selalu ingat dan mencintai-Mu. Aaamiiin ya Robbal Alamin.

 

Jam 12.19 siang

Rasanya pengen keluar rumah nih, tapi gak tau kemana, enaknya sih kalo gini ke pantai sambil berendem sampai 2 jam berenangnya. Pokoknya kalau liburan bareng keluarga terasa asyiikk dah. Kaya biasanya, jam-jam segini enaknya cerita apaan yaaak. Sepertinya mau tidur gak enak, nonton tv keseringan, ah gak peduli aku. Yang penting sudah di depan laptop kesayangan. Apapun kerjaannya, yang penting buatlah yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Aku teringat perkataan dari seorang dosen yang sekaligus adalah dokter muda. Beliau memberitahukan bahwa sesungguhnya kita ini memiliki pekerjaan yang berat sebagai muslim. Bagi yang muslim, pekerjaan merupakan suatu hal yang dianggap ibadah. Dalam pekerjaan juga pasti ada susah, duka, senang, tawa, dan canda. Pekerjaan yang dirasa berat akan terasa berat kalau kita tak ikhlas menjalankannya. Sebaliknya bila pekerjaan itu berat akan tetapi kita ikhlas menjalankannya, bahkan bukannya enteng lagi itu pekerjaan akan tetapi kita malah seneng dengan pekerjaan yang dihadapi. Bukan dari faktor kesenangan atau kebosanan yang menentukan pekerjaan itu berhasil akan tetapi kesungguhan kita menerima pekerjaan itu.  Contohnya nih kalau kita diberi tugas sama dosen, lantas kita membiarkannya begitu saja, apa yang terjadi ?? pasti nilai akan terjun payung (maksudnya turun). Nah kalau kita jalani serius itu tugas dari dosen, maka kita akan mendapatkan hasil yang sesuai perlakuan kita terhadap tugas tersebut. Kalau gigih mendapatkan nilai bagus justru bagus pula hasil yang kita peroleh akan tetapi sebaliknya kalau sedang-sedang saja mengejar nilai alhasil nilai yang keluar juga pas-pasan (sedang-sedang aja).

Tapi bagiku mengerjakan tugas dari dosen atau semacamnyalah itu aku niatkan untuk beribadah. Selalu aku niatkan dalam hati untuk megingat kepada ALLAH. Karena tak pantas rasanya kalau melakukan pekerjaan dan memulai pekerjaan itu tanpa mengingat nama ALLAH. Minimal ya baca basmallah. Lebih bagus lagi kalau baca doa sebelum beraktifitas. Hmmm, alhamdulllah sekarang aku dengar adzan zuhur, pertanda sudah siang. Rencananya aku mau keluar bersama keluarga habis ini untuk membeli baju di toko. Yaah sekedar refreshing mata lah. Masa liburan Cuma di rumah doang, apa kata mang Suueeb??? (terinspirasi dari kalimat “apa kata duniaaaa??”).

Memamg kalau kita pikir sejenak, rencana ALLAH itu adalah yang paling baik se semesta alam. Tiada yang bisa menandinginya. Bahkan rencana yang menurut kita baik pun  belum tentu sama dengan rencana ALLAH.  ALLAH itu maha pembuat rencana yang baik, bahkan bisa dikatakan amat sangat teramat sekali bagusnya. Maka dari itu, sebenarnya aku hendak sekali masuk program studi pendidikan dokter. Akan tetapi ALLAH berkehendak bahwa aku harus tetap di Program Studi Kesehatan Masyarakat, itu terbukti kalau aku tak lulus SNMPTN yang baru-baru saja diumumkan. Aku ambil hikmahnya saja. Bahkan temanku yang pintar dan berambisi untuk masuk Pendidikan Dokter tak masuk juga. Kalau begini caranya salah siapa coba?? Jelas bukan salah ALLAH dan salah temanku itu. Ini adalah pertanda ALLAH yaitu menunjukkan rencananya pada kami. ALLAH telah memilihkan program studi yang baik di mata ALLAH. Kalau aku sih santai-santai aja tapi di bawa serius. Aku lihat temanku itu yang berinisial MN sangat terpukul kayanya. Aku lihat dia adalah sosok mahasiswa yang ulet dan rajin, dia ingin masuk Pendidikan Dokter sama sepertiku, tapi kami tak masuk. Sama juga seperti teman-temanku yang lain mendaftar SNMPTN tadi. Semuanya tak lulus. Gak tau aku seneng atau kecewa. Tapi kok aku merasakan damai aja di PSKM (Program Studi Kesehatan Masarakat) bersama teman-teman dan para sahabat.

Program studi hanyalah jalur yang mengantarkan kita ke arah cita-cita yang dituju. Akan tetapi semuanya ada di tangan kita untuk menentukan baik atau tidaknya kompetensi kita. Kamu tahu tidak expresiku waktu aku dinyatakan tak lulus SNMPTN. Ah biasa aja tuh malahan aku sambil tertidur lagi setelah mendengar hasilnya itu. Ngapain dibawa puyeng, toh hasil gak akan berubah juga, syukuri aja apa yang ada. Yaitu di program kesehatan masyarakat.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s