Saatnya Kita Sahur di Jalanan

16 Agustus 2011

Asslamu alaikum broo, apa kabar, kalu aku jawabnya harus selamat subuh nih, soalnyahari ini tepat sahur yang ke berapa juga aku gak tahu. Haha, pokoknya bawaanya pengen asyik bernostalgia lah sama loe-loe pada. Nah ini nih hari yang cukup bagus buat bercerita. Aku tadi sahur di jalanan broo,di dekat kampus. Waah asyiik dah pokoknya tapi sendirian aja nih soalnya temen-temen di Banjarbaru pada mudik semua. Coba aja mereka gak mudik wuuuiih bakalan seru dah. Aku di Banjarbaru sini ada yang kukerjakan sih. Yaa, mengisi liburan dengan agenda yang dibuat sendiri. Kemarin itu ada latihan cabaret buat persiapan acara seminar yang diadakan organisasi kampusku. Tepatnya KSI Asy_Syifa. Waah ini organisaisi selama di pegang oleh zayed dan kawan-kawan serasa memiliki arti waah tersendiri . Acara yang diadakan itu broo sama program kerja sungguh menggiurka dan plus tambah manfaat yang sangat banyak.

Kalau organisasi lain di kampusku, setelah aku amati, tidak ada yang mengadakan acara yang sungguh-sungguh wah. Aku bilang sih organisasi ini beda dari yang lain. Aku saja sempat ngeliat video yang di olah oleh teman angkatanku. Dia ahli deain makanya ia dipercaya untuk mengurusi masalah perdesainan. Sungguh spektakuler, kalau BSO (Badan Semi Otonom lainnya di kampusku gak ada tuh yang menampilkan acara cabaret. Pas KSI tampil dengan menyuguhkan acara, beeeeeeeeh, aji gileeee. Aku salut dah sama namanya program kerja itu.

Oh ya, ini waktu sudah emnunjukkan jam setengah 5. Setengah jam lagi tiba saatnya sholat subuh broo. Maka dari itu, ini hari memang sangat luar biasa. Tak begitu dingin saat kurasakan keluar tadi. Pas aku makan di rumah makan dekat kampus kedokteran, ternyata disampingnya ada warung juga yang namanya “SABU” artinya sahur sepuluh ribu. Woooow, ini warung makan ada-ada aja memilih nama yang sangat bagus. Aku saja samai pangling, aku kira emang tempatnya orang ‘nyabu’ gitu. Hahaha, ada-ada saja yang bikin nama itu. Itu warung baru pertama kali aku lihat, dan aku keluar untuk makan sahur baru dua kali dalam seumur hidup. Biasanya di rumah terus kalau sahur, tapi beda banget cooy kalau hidup di Banjarbaru. Mandiri itu sudah pasti kita lakukan. Soalnya apabila remaja saat ii tak mandiri, apa kata duniaaa…!!!!

Mandiri dalam artian harus mengurusi semua keperluan hidup dengan kinerja sendiri. Malu apabila sudah besar tapi masih di ninabookan sama ibu dan bapak, preeet. Itu mah anak mami namanya. Kunooo. Sudah sepantasnya remaja saat ini mencari jati diri identitas yang selama ini mulai menghilang. Identitas diri itu perlu sekali dalam pengembangan diri manusia. Sebab kalau identitas saja sudah tak kenal maka sudah jelas arah tujuan hidup orang itu bakalan gak sempurna. Beda sekali sama orang yang emmiliki cirri dan sifat identitas diri yang sangat kuat. Halangan dan rintangan dalam kehidupan pasti sudah ia hadapi dengan gagah berani layaknya panglima perang menghadapi musuh bebuyutan.

Oh ya, sebenarnya ada pertanyaan yang amat besar saat ini yang aku ingin jawabannya sekarang. Tapi ya itulah namanya pertanyaan. Sungguh sulit apabila dijawab kalau pertanyaannya sulit akan tetapi mudah dijawab jika pertanyaannya mudah juga. Itu mah semua orang juga tahu. Tapi emang bener pertanyaan yang ada di otakku ini selalu mengahantui setiap saat. Kenapa yaa, orang jujur itu selalu ada musuhnya di zaman sekarang ini??. Ini emang bener kisah nyata lho. Gak bohong aku, aku tahu maslah orang itu, akan tetapi ya itu dia masalahnya, dia orang jujur akan tetapi banyak sekali yang memusuhinya. Sungguh benr-bener edan kalau ada orang tak menghargai kejujuran. Kata jujur kalau kita omongkan sangatlah mudah akan tetapi pengimplementasiannya sungguh sulit. Contohnya banyak kok. Itu Nabi Muhammad, banyak yang memusuhinya, padahal beliau kn tujuannya baik. Mungkin sudah dari dulu kali yee, ada orang baik ada orang jahat. Itu sudah memang ikatan duniawi. So, jadi kita lngsung pilih aja yang criteria baik. Karena sudah jelas ganjaran pahala dan disukai oleh orang juga banyak. That’s true.

17 Agustus 2011

Asyik-asyikan dalam perjalanan Banjarbaru

Halo broo, tadi aku di jala melihat tentara nasional Indonesia (TNI) gitu lah broo, tapi khusus daerah Banjarmasin. Mereka tadi tujuannya ke Banjarbaru, beeeh keren banget broo. IPDN aja kalah dapat itu TNI. Luar biasa dah pakaian mereka. Kemungkinan mereka latihan gitu, gak mungkin kayanya langsung tempur,soalnya kerusuhan d mana juga ya kan??. Nah tadi aku buntuti aja dari belakangt solanya perjalanan dari Banjarmasin ke Banarbaru itu cukup seru da bin asyik. Waah kalau loe-loe pada merasaan ke ‘asyikan’yang akurasakan, beeeh loe bakalan ketagihan dah off roud di jalan tadi. Debu-debu tadi gak terlalu kelihatan, siang sih soalnya. Panasnya itu lho broo, gak ketulungan, tapi mendung-mendung dikit sih. Akhirny adem juga sih hawanya.

Aku lihat tadi waja tentaranya ada yang berwajah oriental, sangar, sampai anteng-anteng saja. Wah pokoknya kaya gemana ya jadi tentara itu. Pastinya tanggung jawab yang di amanahkan sungguh bener-bener luar biasa. Aku dulunya sih gak mau jadi tentara.Soalnya gak suka aja broo-mbakbroo. Makanya aku suka jadi pengusaha atau pebsinis aja deh. Soalnya aku itu ngebayangin yang sangat wah sih. Terbang ke uatu kota bahkan bisa ke luar negeri kalau prospek bisnisnya sudah luas dan banyak dikenal orang. Aku setuju saja sih dengan kata-kata motiasi Pak Mario Teguh. “Jadilah pribai yang selalu action jangan hanya bisa omong saja, karena kebanyakan manusia itusuak bicara tapi tak suka praktek, orang lain menilai dari apa yang kita lakukan bukan dari kemampuan kita”. Kalau dipikir-pikir itu bener banget broo-mbakbroo.

Kita mustinya sebagai manusia yang kerangka berpikirnya jauh lebih abgsu dari manusia yang belum bisa berpikir musti kudu bersyukur yang sangat luar biasa. Anugah yang diberikan ALLAH itu sungguh luar biasa, maka apa yang menyebabkan kita mengingkari keanugrahan yang telah di berikan-Nya.

***

Maless nulis and nulis cerita broo. Soalnya ini lagisetengah 2 malam. Tadi barusan kumpul-kumpul membahas samapi larut gitu ditambah lagi ngopi sama teen-temen organisasi. Habis tarawih terus langsung aja capcus buat negbahas mahasiswa baru. Dalam kondisi yang sangat abgus , percapaan yang kami alami sungguh manrik canda tawa sungguh menghiasi percakapan kami tadi. Makanya ini baru pulang ke rumah nih, capeek beraaat brooo. Makanay aku susah mau cerita apa, entar takutnya kalau mau cerita serius eh malah gak seru. Kan akalu diawali dnegan gak enak nulis akan berawal dengan hasilnya yang tak bagus. Maka dari itu broo, utnk sesi tulisan ini, kayanya aku ngawur bin ngocol aja dah yaa. Soalnya lagi pengen nulis yang gak bagus nih broo. Juju raja sih untuk sesi mala mini, hehe.

Oke broo, kayanya tadi aku kebanyakn minum kopi Nescafe nih, makanya gak bisa tidur. Kalau tidur juga pastinya gak kebangun pas sahur mendingan nemenin kalian ya gak ya gak….Soalnya ini jam udah tengah malam banget broo. Asyik dah pokoknya kalau main PS. Sampai subuh sampai sahur pokoknya. Nah aku sekitar 3 hari yang lalu minta kopikan file game bola, soalnya aku suka sama itu game broo. Bikin hidup lebih hidup . Sepertinya kalau ada game bola, rasa penat serasa terobati. Jujur sih di sela-sela kegiatan di BAnjarbaru kita harus ngerefresh otak dengan permaianan. Ngomong-ngomong permaianan aku jadi pengen main game it uterus nih. O ya broo, awal-awal si susah banget maininnya. Eh tau-taunya setelah aku pelajari dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Aku akhirnya mahir juga. Jadi pengen main and langsung tanding PS aja nih sama temen. Tapi mana ada juga orang atau temen yang bagun am segini. Palingan mereka sudah tidur.

Nah sudah terbukti kan broo, sesi tulisan yang ini bakalan ngaco beneran. Soalnya kondisi ku ini gak mau tidur broo. Ini kepala juga rasanya penat buangat. Mata juga rasanya mengantuk hendak mengedipkan lansng ke pulau kapuk ranjang. Eh tapi rasanya bgak bisa nih broo. Pengen di depan laptoooooooop mulu. Waduwwh, bisa gawat nih sama kesehatan. Oh ya tadi aku sempat ngobrol sama temen masalah kesehatan gitu. Aku dianjurin angkat barbell lho broo. Ya sekitar 1 sampai 4 kg an dulu katanya. Baru kita bisa fit dan bisa membentuk tubuh ideal katanya. Olahraga itu penting buangat broo untuk kesehatan. Orang tuapastiya juga seneng kan kalau kita bahagia apalagi sehat walafiat. Moga-moga aja kita diberi umur yang panjang serta kesehatan yang semakin lama semakin bagus. Aaaaamiiiiiiiiin.

Broo, ini mata rasanya penegn tidur tapi kayanya aku takut gak bisa bangun sahur broo. Mana tidur siang tadi Cuma sebentar lagi. Waduuwh, kaya gemana nih caranya. Kalau keluar kayanya gak ah, soalnya udah malam banget broo. Waah kayanya asyikkanmain game PS nih. Check This One Out.Wassalam.

Di tengah malam jam setengah 3 an tanggal 20 Agustus 2011

                Halo assalamu alaikum broo-mbakbroo semuanya. Hassek kita ketemuan lagi yaa. Dalam indahnya tulisan mas wibi, nyihuuy…..Gini broo, aku tadi langsung kebangun mungkin gara-gara efek tadi aku doa yak….Soalnya aku berdoa dalam hati supaya gak telat sahur. Soalnya kemarin aku ketiduran broo, jadi gak sahur dah yank e empat kalinya alau gak salah. Memang kalau sudah tidur nyenyak itu sepeerti lupa segalanya termasuk sahur. Oh ya, akan kuceritakan nih kegiatanku pagi tadi sampai malam.

Pas pagi aku latihan abaret buat persiapan nah pas siangnya, aku langsug capsus ke masjid  yang amat besar di martapura, perjalanan dari ABnjarbaru Cuma sebentar kok, pas ke masjid kira-kira 5 menitan gitu, itu kalau cepet pakai kendaraannya. Aku tadi pakai celana hitam broo, soalnya kalau pakai sarung takutnya aku njelimet, ribet maksudnya. Cuma beda pas tarawihnya, kalau tarawihnya baru aku pakai sarung. Tapi seumur-umur ke masjid sablal Muhtadi di ABnjarmasin gak pernah juga aku pakai sarung. Nah sehabis aku sholat jumta di sana aku terkapar langsur di springbedku. Waah pokoknya asyik dah. Sampai jam 3, pas jam 3 aku langsung kebangun. Aku lihat di hpku ternyata ada sms dari ketua KSi. Si masbroo zayed, katanya supaya aku hadir di acara pembekalan menjadi kakak asuh bagi adik-aiknya nanti. Intinya kami di suruh menjadi monitoring dan mengisi pengajian. Ya aku langsung ambil saja tantangan itu. Karena tantangan adalah lift untuk cepat mendapatkan keberhasilan asalkan optimis dan langsung action saja. Ituu..!.

Nah dari penyampaian yang disampaikan oleh si masbroo zayed. Aku jadi terinspirasi dari kata beliau terakhir setelah menyampaikan isi dari pembedahan dari urah Al-Insyirah. Kita di tuntut untuk mengerjakan sesuatu itu dengan focus. Bekerja kata beliau jangan mencar-mencar pikirannya. Aku pun juga setuju kalau itu. Nah ada lagi nih pelajaran yang berharga yang bisa di petik. Manfaatkanlah waktu se efisien mungkin, mnfaatkanlah waktu sebaik-baiknya, bahkan kalau bisa manfaatkanlah rencana kebaikanmu untuk orang lain, bukan dengan cara memanfaatkan orang lain dengan tujuan yang bukan-bukan.

Nah kami juga buka puasa bersama habis acara itu. Pokoknya ini perut tadi seakan berdisko gembra melihat ayam kentucki warna kuning keemasan. Sungguh ayam yang enak. Kurmanya juga, sampai-sampai aku makan dual ho. Enaknya itu lho yang gak nahan. Saking aku hausnya tadi, ya aku minum saja aqua gelas berjumlah 2 biji. Beeeh Alhamdulillah dah kalau kita berbuka dengan perasaan gembira dan ikhlas tanda syukur kita kepada ALLAH. Padahalah au tadi gak sahur broo-breeww semua. Soalnya kebangun terlambat banget sih.

Nah pas sesampai di rumah langsung saja membersihkan diri dan siap-siap sholat tarawih, pokoknya hari tadi full bannget dah. Nah pagi ini juga broo, ada latihan cabaret terakhir untuk acara di hari minggu ini. Hari sabtu ini bakalan yang kukerjakan adalah penyerahan proposal ke gedung utama fakultas Kedokteran untuk acara kepenulisan KSI. Waah pokoknya proker kerjanya anak KSI bakalan nomor satu kalau aku lihat . Beda dengan BSO (Badan Semi Otonom). Setelah aku bandingkan, dan aku simak selama ini. Ternyata selama organisasi di pegang oleh sang pemimpin yang ahli konsep, manajerial, ptimis, suka istiqomah, baca Al-Qur’an, suka baca buku, dan lain-lain yang bersifat baik untuk di dunia dan akhirat, pastlah organisasinya berjala lancer dan amat sukses. Itu pasti, satu kuncinya broo, yaitu ikhlas menjalankannya.

Rasanya pelajaran ikhlas sudah pernah aku ceritakan yaa. Mungkin semua orang juga sudah tahu itu. Oh ya satu lagi nih, ada pertanyaan di tv tentang acaranya Mario teguh. Sang wanita tersebut bertanya kepada Pak Mario. “Pak bagaimana cara mengikhlaskan orang yang sudah pernah kita cintai, akan tetapi orang yang kita cintai itu tak paham dan selalu emnyakiti hati kita??”.

Nah jawaban dari Pak Mario Teguh supper seklai broo. Beliau mengatakan masih banyak laki-laki yang jauh amat sanagt baik nantinya yag Anda pasti temukan. Yuk kita gunakan keahlian di hati kita untuk tegas menolak segala bentuk kejahatan yang tidak emmbaikkan hati kita. Hati kita ini punya ewenang penuh utnuk mnyeleksi. So, kalau kita disakiti, tegaslah mulai sekarang untuk menolaknya dan langsung saja ambil tindakan yang baik agar kita tak tersakiti dengan cara-cara yang cantik. Ituu.!!. Itu rasanya jawaban Pak Mario, kalau gak salah, tapi intnya begitu kok broo-mbakbroo. Luar biasa banget kata-kata beliau.

Mmang sih aku berpendapat , pas ketemu awal dengan kata-kata motivasi sejak SD kelas 2. Au mulai paham bahwa kata-kata motivasi itu meruapakn padanan kata-kata yang cukup emmbuat orang berpikir dan membaca hati-hati serta perlahan kalimat motivasi itu. Seperti ini nih contohnya “ Kita ini eprlu membaikkan hati, karena hti merupakan sector produksi yaitu pembaikan dari segala perbuatan yang nantinya akan diperbuat.  Tuh kan , itu kalimat dariku sendiri broo. Makanya kalimat mtivasi itu seperti di ulang-ulang dan familiar akan tetapi penempatan kata-kata sesudah kata-katanya itu lho yang musti diperhatikan dan dipikirkan.

Nah sekarang aku menceritakan perasaan temanku kayanya. Sebutlah si gu8ndul , ia merupakan teman baikku di angkatan. Dia bilang, “ Ki, kamu bisa gak bantu aku meneyrahkan proposal ke gedung depan untuk acara KSI kpenulisan nih??’ Ya lagsung saja aku bantu dia. Tepatnya besok pagi nih aku langsung ke sana. Cuma sebentar saja kok urusannya. Ya langsung saja aku bantu itu temanku. Kan hitung-hitung pahala broo. Tapi maslahnya aku gak ada dibanjarbaru hari selasa karena ada agenda bukber bareng sama teman SMA yang kedua kali. Maka dari itu aku nyuruh si gundul buat minta tolong sama yang ‘stay’ di BAnjarbaru. Aku suruh saja si Jagau sebagai orangnya. Tapi kayaknya dia gak mau. Si gundul berkata “ aku gak mau ki nyuruh orang yang sepertinya gak ikhlas , dang a langsung action, ribet entar urusannya”.

Nah sekarang kita coba amati nih broo. Di sini ada kata ikhlas untuk kita pahami bersama. Kata ikhlas sih memang enak kalau di baca akan tetapi pengimplementasiannya dalam kehidupan sehari-hari iu sudah bisa di lihat orang lain. Kita ikhlas atau tidaknya , orang lain atau teman-teamn juga bisa langsung nebak lho. Nah maka dari itu broo. Kita sebagai mahasiswa kek, pelajar kek, pengusaha kek, pebisnis kek, harusnya mengimplementasikan dalam kehidpan sehari-hari sifat ikhlas itu. Langsung saja bergerak dan action. Itu sebaiknya di lakukan.

Nah beda lagi kalau gak ikhlas kalau yang itu ya jangan dikisah lagi soalnya terlanjur gak baik untuk sifat-sifat yang nantinya mengambaht proses kebaikan kita kepada orang lain.

Nah pas acara penyampain ilu sharing tadi. Si mabroo zayed sebelum tampil meyampaikan isi materiya. Ia mengajakku untuk setengah 4 ke Rumah Makan Bundo besok. Kata beliau ada pertemuan bisnis untuk seluruh pebisnis daerah Banjarbaru. Waah, alngsung saja aku tertarik. Dan tentunya aku atur jawal buat besok. Aka kulihat wajah-wajah orang pebsnis itu. Kata beliau salah satunya yang mengundang adalah pebisnis yang punya toko 3 cabang ‘famacom’ di Banjrbaru. Iu bisnis toko computer dan alat perelektronikan yang terkeanl di Banjrbaru broo-mbak broo. Makanya aku harus ikut besok. Lumayan kan dapat pengalaman. Dan katanya lagi nih, si beliau itu tuh bisa saja mau minjemin modal. Woooow.

Secara aku suak bisnis broo, apalgi untuk saat ini aku focus ke pencetakan bukuku. Tapi nanti aku juga coba ceritakan  kehendak bisnis yang mau dijalankan oleh ibuku. Yaitu rumah makan atau sejenis kue-kue itu. Secara ibuku itu mulai dari bujagan sampai sekarang punya anak 2, jelas masih berbisnis itu. Tapi sayangnya beliau gak punya modal buat negmbangin usahanya. Veliau itu terkenalnya Cuma dari omongan-omongan tetangga. AKhirnya se RT an sudah kenal ditambah teman-teman ibuku yang sekaligus teman kerja ayahku, juga pada ikut nimbrung pesan kue-kue dariibuku. Pokokya uuueeenaaak tenan lho masakan ibuku itu, jadi ketaguhan aku. Paalgi kalau ngolah kue-kue brownies. Beeeh asyyiiikk lagsung ku sikat aja itu kue. Biasanay aku paling banyak makan sih akalu di rumah. Terutama wadai alias kue. Wadai itu bahasa Banjar broo.

Tanggal 20 agustus 2011, hari yang amat menyenangkan hati

Halo broo, ketemu lagi kita dalam indahnya bulan Ramadhan yang terakhir. Singkat aja nih bro, sore tadi aku diajak sama masbroo zayed buat pertemuan syuro para pengusaha muda di Banjarbaru. Yang pastinya diketuai oleh pengusaha yang sudah mapan. Kalau kalian tahu Banjarbaru kalian pastinya tahu toko Famacom yang sudah ada 5 cabang. Nah pendirinya itu adalah pak Fama. Barusan tadi sore kami ngobrol di rumah makan doa bundo deket Balitan rumah kontrakan dulu. Sekitar lebih dari 15 mahasiswa duduk bersama termasuk aku broo. Aku waktu itu disampingnya kak zayedmendengarkan petuah nasehat dari Pak Fama. Wah beliau itu inspratif banget broo. Makanya aku sampai tergila-gila dengan namanya bisnis. Untuk saat ini aku suaknya bisnis buku broo. Karena ini menjanjikan banget. Dari harganya ataupun yang lainnya.Beeeh ajiiib dah pokoknya kalau aku punya uang. LAngsung aja ku cetak buku ertamaku. Yang nantinya kuberi judul “Sehari Bersama Wibi” hahahhaha.

Dulu aku pernah mau jadiin tulisanku ini dengan judul “catatan Komandan Tingkat” tapi kayanya terlalu besar deh judulnya. Maksudnya judulnya terlalu macho takutnya gak sesuai sama isi bukunya. KAlau catatan Komandan Tingkat kan seperti TNI gitu. Makanya aku gak berani. JAdi aku ganti aja dah menjadi Sehari Bersama Wibi. Itu kayanya lebih berseahabt sama telinga pembaca sekalian. Jujur lho bro, seneng rasanya berkumpul sama pengusaha-pengusaha muda di Banjarbaru tadi. Penglaman baru nih kayanya. Waktu itu Pak Fama Tanya sama aku.. Tolong ceritkaa riwayat pekerjaan usaha kamu? Dengan singkat saja. Ya aku langsung ceritakan saja, aku bekerja di Avicenna Managemant. Itu perusahaan sangat aku perhatikan bener-benr. Itu perusahaan didirikan sama masbroo zayed. Makanya harus aku perhatikan dan memang harus belajar secara rutin tentang perbisnisan. Melihat dan mendengar penjelasna ku Pak Fama sih angguk-angguk kepala aja. Tanda mengerti akan pekerjaanku sekarang.

Kalau loe-loe pada yang berdomisili di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. You semua pasti tahu namanya Famacom. Di sana tempatnya orang menginstal computer dan segala macam yang berbau perelektronikan. Ada juga Famashop. Dan kayanya Pak Fama mau mendirikan Komunitas pengsuaha. Beliau bertekad tahun 2015 ini menghasilkan pengsuaha-pengusaha muda milyarder. Salh satunya aku masuk komunitas itu. Luarrrr biasa. Ah bakalan banyak tantangan menantang nih broo. Makanya harus bener-bener istiqomah dan harus jaga motivasi nih supaya dapat mencapai impian ane. Semoga tercapai. Karena impian besar didapatkan tentunya dengan usaha besar pula. Mustahil apabila ingin keberhasilan besar tanpa pengorbanan.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

