Kebosenan di bulan Ramadhan

24 Agustus 2011

Halo broo, assalamu alaikum, mungkin banyak yang bertanya kenapa judulnya kebosenan. Tapi ya itulah broo. Semuanya kalau tak dijalani dengan ikhlas di bulan puasa yang penuh berkah ini, kita bagai merasakan yang namanya kebosenan yang sangat memilukan. Ya wajarlah anmanya juga bulan puasa bagi norang yang gak punya kegiatan sudah jelas boseen. Ini nih yang sudah kuamati bai mereka yang sudah kuliah atau sudah sepulang sekolah misalnya. Mereka ya kalau gak tidur , main PS, membaca buku, ngerjakan tugas, ngerjakan PR dari guru atau dosen, dan yang pasti ngabuburit. Nah kalau bicara masalah ngabuburi, ini sudah pasti dilakukan oleh berbagai macam manusia broo. Dari awewe cantik sampai lelaki manapun. Biasanya sore sih, semua itu mereka lakukan dengan penuh canda tawa bagi mereka yang suka berteman kaya aku ini.

Nah you-you semua pada tahu gak, di Banjarmasin ini kalau gak ke DM (Duta Mall) ya pasar wadai lah. Bagi mereka yang belum tahu arti kata ‘wadai’, sini biar aku yang beri tahu. Wadai itu artinya kue. Biasanya tempat penjualannya itu yang paling besar adalah dekat Masjid Sabilal Muhtadin. Masjid kebanggan rakyat Banjarmasin. Nah di sebelah kirinya pasar wadai tu ada sungai, tepatnya sering di sebut orang ‘pantai jodoh’. Itu tuh tempatnya muda-mudi ngobrol. Nah loe-loe yang pada belum tahu, sini biar aku yang beri tahu. Itu tempat pantai jodoh tuh, aku lihat di saat malam minggu, beeeh bagai kaya Lapangan Murjani daah, tempatnya para pemuda-pemudi melepas dan membuang-buang waktu. Luar biasa dah pokoknya kalau aku lihat. Di situ jug aloe-loepada ngelihat lelaki dan wanita pastiiii ada yang berpegangan tangan, nah gak tahu tuh kalau sudah muhrim atau gak. Aku gak ngurus broo, yang penting aku ambil positifnya saja dari kejadian yang pernah aku lihat. Tapi menurutku sih, sepertinya kebanyakan dari mereka belum nikah, lha wong wajah mereka lebih muda dari aku, ckckck, ya pasti belum nikah lah.

Sekitar dua bulan yang lalu, aku jalan-jalan melepas penat gitu. Waah pokoknya serru buangaat kalau malam minggu itu jalan-jalan, tapi aku saranin jangan lewat Jalan veteran, muaaaccceet nya broo yang gak nahan, bisa-bisa kamu terperangkap di daerah sana selama setengah jam. Hanya untuk lewat doang. Aku ajaogah lagi ke sana kalau malam mingguan. Pokoknya asyyiik dah melihat pemandangan malam di pantai jodoh itu. Lampu-lampunya itu lho yang menawan setiap orang yang melihat. Bakalan gak rugi kalau melihat pemandangan itu. Apalagi panorama keindahan sungainya dengan pantulan lampu snar di air sungai. Pancaran-pancaran lampu yang terpancar di air tersebut menambah sekumpulan pemuda-pemudi yang di mabuk asmara.

Nah sekarang kita ganti bahasan tema aja yaa. Berhubung ini bulan Ramadhan, ya kita ngomongin bulan Ramadhan aja, nah tadinih, tepatnya siang jam 11 kurang aku capcus ke Sabilalbuat sholat dhuha. Beeh, adeeem broo. Aku langsung sholat saja di sana, setelah itu aku baca Al-Qur’an. Adeem rasanya hati ini mendengar orang membaca Al-Qur’an. Sekitar 7 orang kalau gak salah yang ada di masjid agung itu. Termasuk aku juga. Aku lihat Al-Qur’an yang ada di sana sungguh sangat memesona. Di rumahku gak ada soalnya Al-Qur’an yang super mewah itu. Waah bener-bener masjid yang menyuguhkan penampilan modern dalam hatiku berkata.

Beberapa musfah juga aa di sana. Beruntung banget rasanya kalau melihat, membaca, dan mendengarkan orang membaca Al-Qur’an, sekaan hati kita in melayang ke surganya ALLAH. Apalgi pas kita baca itu kitab, beeh sekaan hati kita di balut dengan dinginnya cahaya Islami.

Setelah itu aku nlangsung capcus ke gramedia Duta Mall, waah , lumayn penuh kayanya, tapiaku tadi serasa mudah untukparkir, biasanya susah benget broo kalau parker di sana apalagi terlambat. LAngsung saja aku lihat-lihat toko-toko yang ada di lantai bawah. Aku lihat eh ternyata aku kayanya mengenal toko yang satu ini yaitu ‘MJ Collection’. Sepertinya ini toko pernah aku lihat promonya waktu aku syuro alias rapat alias perkumpula dengan pengusaha muda di BAnajrbaru. Waktu itu aku rapat terkait pembentukan komunitas pengusaha muda di Banjarbaru yang diprakarsai oelh pak Fama. Wah beliau itu kayanya milyarder di BAnjarbaru broo, jadi terinspirasi aku karenanya. Waktu itu aku sama kakak tingkat, masbroo Zayed namanya. Dia yang megenalkanku kepada komunitas itu. Rencanay sih, komunitas ini mau dibentuk setelah semuanya sudah menikmat liburan, kebanyakan mahasiswa yang hadir di sana. Ya soalnya pak Fama berniat untuk membantuk komunitas dan beinisiatif memuncukan para pengusaha muda kira-kira berjumlah 5000 pengusaha muda. Luar bisaa bangeet, dan target beliau mencetak tahun 2015 sudah komplite yaitu untuk mencetak pengusaha-pengusaha muda di banjarbaru. Ya aku dukung saja, soalnya aku juga tertarik benget dengan namanya bisnis.

Hari-hariku di Banjarmasin ini sangatlah ngebosenin bagiku. Aku lebih suka dengan namanya Banjarbaru, soalnya di sana lingkungannya bagus banget broo, makanya aku senang ada di sana, yaa ibaratnya ‘merantau’ lah. Dikatakan merantau kayanya juga gak terlalu pas sih, soalnya jarak antara Banjarmasin sama Banjarbaru itu kira-kira satu jam saja. Kayanya gak bisa deh di panggil merantau, lha wong deket aja. Nah beda lagi kalau namanya Palangkaraya, nah tu baru namanya merantau di negeri orang. Oh ya seiring berjalannya waktu aku merasa, gaya tuisanku ini seakan pas denganku, subhanallah. Tinggal istiqomah, belajar,berusaha, dan berdoa yang harus dilakuakn terus menerus untuk mencapai arti kata berhasil.

Memang namanya usaha itu kita harus konsisten jangan pantang mnyerah. Dan satu lagi nih kebanyakan orang di antara kita yaitu cuam bisa ngomong. Apalagi di kalangan mahasisawa, kalangan intelektualn yang selalau menjadi acuan tingginya inteleknya anka muda. Kebayakn sih banyak ngomong daripada bertindak alias praktek. Coba saja lihat demo sana sini yang gak kunjung padam di belahan bagian Nusantara Indonesia tercinta ini. Coba saja mereka paham akan pemanfatan waktu yang baik yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang sangat bagus untuk dirinya. Terlebih dan yang terbagus adalah mereka membangun bangsa dengan jerih payah mereka sendiri. Entah ini pemahaman atau pemikiran nasionalis atau apa…Tapi yang penting aku menyampaikan yang benar yang harus dilakuakan mahasiswa sekarang ini. Saatnya berubah, jangan minta duit sama orang tua terus. Ya kalau minta sedikit dan orang tuanya ikhlas sih gak papa. Tapi yang gak boleh itu, kalau duit orang tua digunakan dengan hal-hal kegiatan yang takbermanfaat. Kasihan lho entar orang tua. Capek-capek cari uang , eh ternyata malah bikin hati orang tua jadi jengkel, ya bsebaiknya dihindari hal-hal demikian. Ingat broo, membahagiaan orang tua itu laksana kita mnedapata berkah dari ALLAH, serrasa hati ini menjadi kaya dan menjadi lebih dewasa dari sebelumnya.

Coba lihat faktanya, mana yang lebih bahagia orang yang memberi uang alias berbagi gitu atau orang yang tak suak berbagi alias tak ingin mneydekahkan sebagian uangnya kepada orang lain yang membutuhkan…?? Ya jelas jawabannya pasti, lebih condong ke orang yang selalu bebagi kepada sesama. Keindahan bebagi itu merupakan kekayaan yang paling berharga di dunia ini.

Bukber di malam Ramadhan 24

                satu yang aku sukda dari seian banyak yang aku suka yaitu kebersamaan. Ya tadi malam aku bukber alias buka bersama di rumah salah satu sahabat SMA ku. Luar biasa pokoknya, kebersamaan merupakan pemersatu sekalangan rasa, canda, tawa, dan sedih. Kami memang terkumpul untuk merayakan kebersamaan itu. Sekian lama sudah tak bertemu akhirnya kami dipertemukan kembali di rumah sedrhana milik Jati, salah satu sahabatku. Dia merupakan gadis yang berperawakan sedang ke bawah, mkasudnya mini alias kecil tapi pintarnya itu lho memanajemen suatu acara yang patut diacungin jempol. Faisal dan Makki ada ku lihat di acar itu. Dua orang itu mengingatkanku akan suatu canda yang tak kunjung habis. Ada juga si MAs Rizki, nah ini dia yang pakai sepeda sendirian. Lha wong rumahnya deket aja kok sama rumah Jati. Jadi dia tenang-tenang saja.

Ada lagi sang ketua kelas si Lystiana. Wah ini dia orang jauh dari Jogaja datang lagsung buat liburan di Banjarmasin. Kami ada sekolah di perawat, bidan, kesehatan masyarakat aku saja sendirian, dokter gigi, teknik sipil, hokum, dokter hewan, calon guru di SD, calon ahli computer, dan sampai ahli Kimia juga ada. Pokoknya kami diprediksikan akan menjadi pemmpin masa depan di bidangnya masing-masing. Bukber tadi sungguh mengajrkan aku akan adanya kebersamaan yang tak kunjung padam. Selain itu ada juga sih, teman SMA sudah ada, teman kuliah juga ada. Tapi yang sulit itu adalah mempersatukan antara teman angkatan. Mungkin sebentar lagi akan terbentuk kok. Sahabat sih ada di kampus itu, banyak sekali yang dekat sama aku, baik dari kegiatan kampus, sampai ke perkuliahan, dan ada juga nih sampai ke urusan bisnis.

Tapi satu yang gak bisa buat ukber sesame teman satu angkatan, lha wong mereka keburu pulang kampong sih. Yaah jadi gitulah. Seandainya saja mereka bisa ‘stay’ di Banjarbaru. Bisa saja kami bertemu.

Okay sekarang kita ngomongin yang lain broo. Soalnya kalau kita ngomong yang sudah basi sudah gak enak broo. Mmmm, enkanya kita ngomongij maslah bisnis dah kayanya. Bisnis yang aku jalani ini memang sangat potensial broo, bergenre buku sih. Tapi kalau ini kita seriusin bakalan menjadi prospekkeuntungan yang sangat amat besar. Aku kayanya juga suka sama bisnis ini. Nah rencanay tulisan-tulisanku ini bakalan aku terbitin lewat buku gitu. Tujuannya sih pengen berbgi doang , dan satu yang aku mau bagikan manfaatnya bagi para pembaca sekalian yaitu dari kalimat-kalimat yang aku suguhkan, akan ku cetak tebal, dan itu kalimat mengandung kalimat motivasi. Seperti ini contohnya, kebaikan berperilaku baikterhadapa sesame bagaikan kebaikan yang tak bisa terbalaskan.

Buku yang bernada motivasi sih. Nah di otkaku ini berkelabat jug aide-ide bisnis gitu, makanya tinggal modalnya saja lagi yang aku mau. Karena kalau tak ada modal sulit juga sih. Tapi ada kok buku yang aku baca tntang bisnis modal dengkul. Katanya bisnis itu kalau gak ada modal juga bisa berjalan. Asalkan tekun saja. Misalnya jadi penghubung antara pengusaha satu dengan penguasha lainnya.

Salahs atu yang jarang dipikirkan oleh orang banyak saat permulaan memulai bisnis adalah satu yaitu niatnya broo yang tidak stagnan.  Kata Pak Fama kenalanku di Banjarbaru sh, gagal itu gak masalah, malahan kita di suruh wajib gagal. Tapi jangan keterusan di salah satu ekgagalan tersebut. Karena kalau sudah gagal dan kita mengulanginya hal yang serupa sama saja kita tak berahti-hati dalam bertindak. Kau perlu banyak belajar sama orang tuaku dan juga Pak fama. Pak Fama itu yang punya usaha dan bisns yang mumpuni. Kata beliau, dia awal berbisnis itu karena tuntuan perut dan mempertahankan hidup. ‘Wah’ kataku dala hati, sungguh simple bener ini bapak kalau ngejawab. Emang bener sih, dia itu suka berbisnis, sala satunya yang ia geluti adalah bisnis investasi emas.

Pengen rasanya seperti itu. Berbisnis, terus bisnisnya lancer, punya cabang 5 buah, terus nambah cabang baru berjenis atau bergenre makanan, kemudian, bergenre tiket penerbangan domestic. Wah pokoknya kalau dibayangtin bener-bener banyak deh konsep bisnis yang ada di benak ini. Pengen langsung nerapinnya.

***

Azan zuhur sudah tiba nih broo, sengaja aku ajakkalian ke alam aku, ya di Banjarmasin tepatnya. Suasananya panas bener broo, tapi ini kakiku mampir ke keramik pelaaran rumahku. Waah dingin rasanya. Coba saja deh broo, kalau kamu lagi kepanasaan iseng-iseng saja tempelin itu badanmu ke lantai. Beeh pas dah kayanya, dari panas aliaskegerahan bakalan asyik kedinginan. Zuhur sudah emnanti kita broo, saatnya kita sholat.

Sholat itu bagaikan obat hati kita broo, makanya salah bila orang sebagian menilai sholat itu hanya untuk menyembah ALLAH. Sholat itu dapat dijadkan sebagai sarana kita memperbaiki iman kita sembari emningkatkan pendekatan diri kita kepada ALLAH.

***

Oh ya, aku mau menceritaka nih maslaah kepemimpinan, aku membaca buku yang berbau Islam gitu broo di masjid Banjarbaru, tepatnya masjid Al-Baythar.  Itu masjid dekta seklai dengan Fakultas Kedokteran broo, tempat aku mengaji ilmu kesehatan masyarkat di sana. Itu masjid bagus banget broo, makanya aku seeng kalau sholat di sana. Tapi kebanyakan sholat zuhur sama ashar sih.

Masjid itu didirikan oleh kampus, kemungkinan kerjasama dengan kontarktor , ya pastinya dengan izin rector UNLAM juga. Itu masjid sungguh adeem banget dibandingkan masjid kampus yang ada di Banjarmasin. Bayangkan saja broo, orang bisa sampai pulees tidur di sana.

Oh ya, yang aku baca waktu di sana adalah majalah As-Sunnah terbitan Al-Wa’ie gitu. Tema yang aku baca sangat bagus broo. Nih aku ceritakan sekilas saja ya. Intinya kita di himbau untuk menghormati keputusan pemimpin, sudah sepantasnya kita sebagai rakyat menghargai jasa para pemimpin yang sedang bertugas. Kan enak kala kita patuh terhadap perintah pemimin yang baik yang sedang emnjalankan perintah-perintah yang baik pula. Nah kalau pemimpinnya di rasa tidak bagusperintah-peribtahnya, kita wajib menasehati beliau, dengan cara yang baik juga. Jangan demo-demo yang gak karuan di jalanan gitu. Sudah bensin habis, tenaga terkuras banyak, dan satu lagi nih, manfaatnya sedikit sekali. Kalau aku menganjurkan sih, ketemu langsung sama pemimpinnya itu dengan perwakilan tentunya. Duduk berdua dan berdiskusi mendiskusikan hal-hal terkait keputusan atau kebijakan yang di rasaharus di ralat. Begitu seharusnya para pemuda Indonesia. Demo sih juga boleh padahal, akan tetapi yang paling efektif adalah berdiskusi face to face. Seperti berunding gitu lah,jadikan sama-sama enak.

Pembicaraan yang paling efektif adalah pembicaraan yang dilaukan dengan serius dan dilakukan dengan tenang. Bukan dengan demo membakar ban di jalan, sudah tidak bermanfaat dan satu lagi nih yaitu bisa mengganggu kegiatan orang di jalan. Coba saa lihta asap-asap yang bertebaran akibat pembakaran ban, polusi sudah pasti kemana-mana. Bahkan yang mengerikan , kita bisa saja sewaktu-waktu di tangkap dan di jarring oleh petugas yang berwajib. Makanya aku gak suka seperti demo-demo itu. Saatnya kita bermain cantik kalau ingin menympaikan suatu pendapat kepada sang penguasa.

Sama halnya dengan kita berbisnis broo, contohnya kalau kita  berbisnis masalah buku. Kita gak musti jualan di pinggir jalan, kena debu, apalagi sampai di usir orang. Gak usah dengan cara seperti itu. Kita semestinya cari orang buat bisa kerjasama. Salah satunya dengan kontrak jual-beli. Bisa juga nih lewat selebaran. Jadi loe-loe pada tinggal tunggu sms saja dari emreka yang tertarik dengan buku yang kamu suguhkan dan tawarkan. Kan enak tuh, sudah gak capek, kita juga bisa sesambilan mengerjakan pekerjaan yang lain. Jadi dua tiga pulau terlampaui ibarat perbahasanya.

Ingat juga, orang berbisnis beda sekali pengertiannya dengan berdagang. Kalau orang berdagang , ia pasti mencari unutng dan kalau rugi ya rugi langsung dia. Nah beda kalau berbisnis. Kalau oang berbisnis pastinya dia gak mau gak berbagi. Pasti dia itu ingin berbagi penghasilan dan berbagi keuntungan sesuai keuntungan yang didapat dari berbisnis itu. Sudah kerjanya enak, gak keluar keringat banyak, terus banyak relasi kerja lagi yang sewaktu-wakt bisa dikntak kembali untuk melancarkan bisnis selanjutnya. Itu namanya orang berbisnis. Dan itu pula trik khusus main bisnis dengan cantik or beautifull.

Jujur saja aku lebih suka berbisnis dengan banyak teman sebagai teman relasi. Jadi swaktu-waktu kita bisa sesambilan mengerjakan perkerjaan yang ingin kita laksnakan.Sebagai contoh, kalau kita ingin berbisnis buku, ya jalankan saja. Tapi usahakan harus bisa mengerjakan pekerjaan yang sudah kita rencanakan. Contohnya pekerjaan selanjutnya adalah membuat buku. Jadi berbisnis buku lancer dan membuat buku juga lancer. Itu yang namanya dua tiga pulau terlampaui.

Untuk saat ini di benakku banyak sekali konsep berbisnis,ini gara-gara aku brgaul sama kakak tingkat yangs uak berbisnis orangnya juga visioner. Orang visoner itu bagus lhi ditemani. Membuat kita lebih bermakna untuk merencanakan berbagai rencana yang hendak direncanakan.

***

Kalau dipikir-pikir cinta itu menyiksa juga yaa…wah gak habis pikir nih. Kok itu kata Cuma 5 huruf doang tapi berjuta rasanya yaa…wah luar biassaa dah. Emang kalau cinta sulit ditebak, banyak yang salah dan masuk perangkap. Siapa saja, dan gak terbatas umur, kakek-nenek, pa’de-bude, sampai-samapi anak-anak SMP SD, SMA juga pernah merasakan. Tapi sepertinya kebanyakan dari mereka belum tahu cinta sebenarnya dan cinta yang kekal itu dengan siapa , jelas sama ALLAH. Itu pasti jawabannya. Barusan aku tadi iseng lihat foto profil di facebook. Beeeh bayangkan brooo, anak SMP udah gandengan tangan, gemana kalau SMA nya yaa, wah bisa-bisa kawin nih mereka. Kalau ada yang bales jawaban, “ aaaaakkhhh biasa aja itu” , nah itu kayanya orang sudah termakan oleh zaman yang salah. Karena sekarang ii tahun 2011 mrupakan tahun di zman yang pendidikan cinta yang salah. Kalau zaman dahulu, nah out baru bagus broo. Memang sekarang ini orang tua pun sudah termakan zaman yag didikan dari zaman itu gak bagus. Ibarat kata sudah termakan bujuk rayuan zaman.

Cinta, memang luar biasa maknanya. Kalau zaman sekarang sih, pacaran nama bekennya. Menurut beberapa ulama dan beberapa mashaf, ada yang mendefinisikan bahwa pacaran itu terkait dengan satu ayat di Al-Qur’an yaitu barbunyi seperti ini “ Janganlah kamu mendekati zina, karena itu merupakan jalan yang menyesatkan” kalau gak salah sih, pokoknya intinya di al-quran menceritakan mudarat gitu deh. Kalau gak salah seburuk-buruknya jalan. Nah dari situ aku berpikiran bahwa zina itu kan berpegangan tangan dengan bukan muhrimnya. Nah pacaran juga pasti ada kegiatan pegang-pegangan kaya gitu. Nah setelah aku pikir-pikir ‘pacaran’ itu merupaan salah satu kegiatan zina. Nah bearti pacaran adalah zina dan merupakan seburuk-buruknya jalan. Wooooow….luar biasa sadisnya….

Nah makanya bagi mereka yang sudah paham layaknya harus menjauhi. Kan lebih baik berteman, sudah banyak, gak terkekang peraturan setia sama pasangan. Kalau aku sih lebih suka cerita cintanya Pak Habibie dan Ibu Ainun Habibie. Belau itu mau nikah, eh ternyata berawal dari saling pandang lalu cita itu tumbuh. Dan ara pendekatan mereka juga cukup sangat sopan, yaitu jalan pasti diiringi dengan muhrimnya. Tidak seperti sekarang ini, beduaan di sepeda motor. Peangan tangan, rangkuan, itu tangan kedua-duanya mendekem ke pnggang si cowoknya. Padahal mereka belum nikah, wooow, …kalau kita berpikiran gaya ekstrim nih, itu jelas dosa kata temanku. Bukan kata temanku juga sih, ALLAH juga berfirman begitu dan dikuatkan sama nabi Muhammad.Sudah jelas dosa hukumannya. Dan dosa berujung kea pi neraka yang menyala yang bahan bakarnya dari tubuh manusia. Iiiiiiiii takuuuutt.. Itu aklau aku berkomntar tentang pacaran. Lebih baik sekarang itu berteman yang banyak sih, dan banyak-banyak cari relasi apalagi bisa di ajak bisnis, kan sudah bermanfaat dan bisa menguntungkan kita lagi. Nah kalau sudah pekerjaan menetap, rumah ada, proyek bisnis bejibun, wisuda lancer, IPk tinggi, waah itu baru namanya langsung sja kawin, kan enak. Sudah simple gak banyak mikir lagi kaya pacaran. Itu pemikiran brilian ku sih…..pemikiran baik datangnya dari hati baik dengan prasangka baik yang menghasilkan perbuatan serta hasil yang baik pula.

***

Lebih baik mencintai yang tak bisa kau miliki, daripada memiliki yang tak bisa kau cintai. Ini merupakan kalimat motivasi bagi orang pernah di tinggalkekasih dan pernah merasakan kepahitan cinta dalam hidupnya. Ini memang benar-benar kalimat motivasi dari Pak Mario Teguh. Luar biasa penempatan dan pemilihan kat-kata yang sangat supperr. Cobs saja lihat kalimat pertamanya. Sungguh beda dengan kalimat motivator luar negeri yang lain. Memang Pak Mario teguh itu merupakan saah satu orang yang aku contoh kebaikannya darisekian banyak contoh baik di muka bumi ini. Kita harus meniru orang lain yaitu kebaika yang kita ambil. Kemudian menjahit kebaikan-kebaikan orang lain lalu kita kumpulkan. Sehngga apabila sudah dijahit potogan-potongan kebaikan itu, jadi tidak akan menjadi kain perca lagi akan tetapi menjadi kain yang indah yaitu kita sendiri. Kain indah kebaikaan itu kita pakai setiap sehari-hari sehuna menjadikan kita sebgaai pribadi yang anggun. Lalu perhatikan apa yang terjadi setelah kita memakai segala kebaikan yang kita pakai pada diri kita.

Itu merupakan petuah yang sangat baik bagi siapa pun. Menjadi pengsuaha kek, pebisnis ulung kek, pedagang sukses kek, atau mejadi mahasiswa teladan kek. Itu terserah you-you semua, yang penting action nya itu lho yang harus dilaksanakan.

Broo tadi aku sahur jam 4 an gitu broo. Wah dingin bener, sebelum sahur aku sempetin dulu sholat tahajud. Waah serasa otakku ini di’refresh’ kembali. Pikiran baik datangnya dari sang Maha baik yaitu ALLAH. Biasanya sih kalau bangun tidur gitu bawaannya pengen tidur lagi, gak tau tuh kenapa, ya mugkin pembawaan sifat manusia kali ya, pengen istirahat lagi. Tapi sukur saja ada bapak yang bangunin aku, soalnya aku tadi tidur di depan televisi keasyikan nonton film. Eh ternayta ketiduran sehabis sholat Isya, ckckck…

Tapi syukurlah bangun lagi pas sahur, nah kalau di Banajrbaru ya broo, wah itu bakala gak ada yang negbangunin. Ya inisiatif dan kesadaran masing-masing aja dah. Kira-kira sudah 4 kali aku gak sahur di Banjarbaru itu. Kalau perut bisa di ajak kompromi sih eh tapi rasa salah gak sahur juga ada broo. Rasa kasihan banget sama makanan yang tadi malam sudah di beli. Pernah tuh sate yang sudah aku beli, akhirnya harus aku tunggu magrib lagi,baru deh bisa di makan. Waah tapi satenya itu lho, yang setengah basi udah. Makanya itu broo, aku lebih enakkan sahur dulu. Bukannya bangun pas sudah subuh….hihi..

Memang kalaunya temanku itu Islam, dia bisa bangunin aku. Tapi teamn angkatan yang serumahku ini orangnya Kristen broo. Makanya dia gak bangun dan gerakin aku. Namanya Bagus broo, anak Buntok, Kalimantan Tengah. Waah kalau dia Islam aja bisa bangunin aku.

Kalau di pikir-pikir sukses itu enak juga yaa, tapi harus satu yang dilakuakn broo, dan itu juga yang menajdi kunci utama menajdi sukses yaitu pengorbanan. Pengorbanan ini bisa berbentuk terkuras tenaga, pikrian, dan satu lagi yang tak disukai orang yaitu gagal. Banyak orang lho yang gak bersahabat dengan kata gagal. Padahal gagal di sini merupakan tangga menuju kesuksesan. Aku saja bearni gagal dei mencapai kesuksesan itu. Makanya aku berani mengambil berbagai kegiatan yang aku handle sendiri. Itu melatih kita sebagai manusia untuk memimpin dan memanajemen diri sediri dan orang lain.

Manajemen di sini merupakan kalimat yang berarti mengatur. Sungguh bagus banget kalau sudah bisa mengatur diri sendiri apalagi bisa megatur orang lain.

***

Kegagalan satu tak mengapa tapi jangan sampai mengarah ke kegagalan ke-2,
Hidup itu perlu bangkit,
Hidup itu perlu bersedih tapi jangan terlalu lama, tak ada gunanya,
Lebih baik menghargai yang belum bisa diraih, daripada dapat di raih tapi tak bisa dihargai…

Mungkin ini menjadi kalimat yang kudapat dari panggilan jiwaku sendiri. Bagaimana cara mengatur diri ini agar tak gagal. Ini juga perlu menjadi bahan pelajaran untuk semua orang. Waah hari ini aku perlu banyak sekali belajar tentang waktu dan intensif memanajemen sebuah waktu yang berharga. Untuk saat ini aku dapat belajar dari sebuah waktu. Waktu apabila tak dapat di gunakan dengan sebaiknya dapat menyakiti hati orang lain, dapat menggagalkan sebuah bisnis yang sedang berjalan, tidak dapat menimbulkan kembali efek percaya terhadap diri kita, dan yang pasti tak disukai oleh ALLAH.

Sebuah waktu saat ini sangat-sangat kurasakan, kalau tak bisa dikendalikan bagaikan boomerang buat kita. Sii biar aku ceritakan yaa buat you-you semua. Aku ada janji buat ketemu sama orang , tujuannya bisnis sih. Nah tapi apa yang aku perbuat, aku terlampau asyiik ketiduran sampai jam 8 lewat, nah terus pas langsung ke Banjarbaru buat ketemuan sama teman bisnis, eeh ternayta sepeda mootr ku di pakai sama ibu buat ke pasar. Yaah aku tak bisa menyalhkan ibuku sendiri, ini murn kesalahanku. Jka aku memberitahu ibu, bahwa kendaraanku ingin aku bawa ke Banjarbaru sudah jelas beliau memakai kendaraan yang lain. Lantas aku langsung saja menunggu beliau sampai jam setengah 11. Padahal janji sama teman bisnis jam sepuluhan gitu. Dan rencananya aku ingin presentasi di depan rakyat perawat fakultas Kedokteran terkait bisnis ini. Eh ternyata teman bisnisku itu langsung cabut, dipending aja katanya, cari waktu yang lain, dan yang maslah perawat itu, mereka keburu pulang sudah.

Waaaah rugi besar hari ini, aku seakan mendapatkan hikmah yang sangat banyak dan perlu banyak-banyak belajar mengatur waktu terutama waktu apabila hendak ketemuan sama orang. Perlu banyak belajar nih sama orang yang kompeten. Mudah-mudahan aku gak keenakan ketiduran lagi, sehingga membuat orang dirugikan waktunya. Maafkan aku ya ALLAH, aku saat ini tak bisa memanage waktu dengan baik. Semoga ke depannya aku tak begini lagi. Aamiiin….

Pengalamanku ini senagaja aku ceritakan supaya kita juga dapat mengambi hikamh dari semua kejadian ini. Sungguh pegalaman megatur waktu yang amat buruk. Bayangkan sudah jauh-jauh dari Banjarmasin ke Banjarabaru akhirnya gagal semua rencanaku. Semoga saja teman bsinisku itu gak ngambek, aaamiin, untuk rakyat atau mereka-mereka bgaian perawat sih gak apa-apa. Soalnya aku gak bikin janji yang pasti juga ke mereka. Tapi yang paling fatal sama teman bisnisku yang satu itu. Oya aku belum menceritakan bisnisku. Bisnis yang sedang ku jalankan adalah bisnis buku anatomi untuk anak mahasiswa kesehatan. Ini bisnis beromset ratusan juta kalau sudah mencapai se-Indonesia. Itu cita-cita kami. Semoga saja berhasil dan berjalan lancer ….aamiinn.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s