Pembicaraan Serius

Dari sekian banyak permasalahan yang ada gue sadar bahwa pintu ijtihad bagi umat muslim itu harus di buka, gak kaya zamannya sultan utsmani tempo dulu….dulu memang sangat luar biasa ijtihad umat Islam, maka dari itu gak nyangka, Islam berkembang dan mampu bertahan sepanjang ratusan tahun,gue salut akan hal itu….

Dalam partai politik pastinya kita di didik oleh musyrif atau yang memberikan mentor pada kita , artinya kita tenang aja, sudah pasti dapat ilmu dan pencerahan motivasi dah….musyri gue namanya bapak Isur Marhan, beliau kaya orang cina, tapi cinanya itu kebanjar banjaran, yaa kaya ustadz felix juga…..

Beliau sempat memberikan wejangan, bahwa semua umat muslim ini minimal tahu dan kalau bisa berijtihad dengan baik atas semua permasalahan di dunia ini…..

Misalkan kalo kita bicara jualjasa tukang ojek itu, nah kita pastinya melihat di sana ada pertukaran dan pebelian jasa oleh pembeli kepada si paman ojek…alih alih paman ojeknya juga harus menunaikan kewajiban yatu mengantarkan sang pelanggan….kebanyakan paman ojek itu laki laki, jarang banget bencong…..nah namun ada pengecualian kalo pelanggannya adalah perempuan, dalam Islam kan gak boleh kaya gitu….namanya berikhtilat, gue sempet bingung jadi yang boleh gemana yaaa….apakah si pelanggan perempuan itu gak boleh pake ojek karena yang membonceng adalaah lelaki atau gemana…

Di satu sisi itu adalah perniagaan dan jual jasa gitu, dan bayar juga.,,….tapi akhirnya gue dapat pencerahan, pokoknya selama itu proses perniagaan dan muamalah, itu gak apa-apa….

Lantas gue punya usulan brilian bagi yang bener bener gak pengen naik ojek….kebanyakan orang kan gak tahu ojek itu apakah tujuannya pacaran atau tujuan bermuamalah…..

Kalo emang paman ojek itu bemuamalah dan gak mengandung unsure pacaran, gampang broo, tinggal beri kode aja , yaitu taroh karton warna hitam yang tanda nya bermuamalah yaitu niatnya membonceng dengan upahan dari si pelanggan sebagai upah capek nganternya….

Nah tapi kalo kodenya pink karton di depan motor, ah itu unsure pacrannya ada, tapi pasti di benak lo ada yang ganjil, wajar ……

Ya zaman sekarang mana ada..kalo orang pacaran gak keliatan wajahnya, kebanyakan terselubung tapi ada juga lho yang nulisin statusnya I bm  twitter facebook dan lain lain bahwa ia adalah pacaran….

Yaa namanya anaka muda zaman sekarang , mana ada yang gak bener, kecuali orang yang dekat dengan ajaran Islam dijamin dah, ia pasti cinta Allah dan Rasul-Nya……

Sekali gue miris kalo liat perempuan gak pake hijab karena alasan yang amat cetek ….

Dimana ya pemikiran Islam dan kesadaran mereka, tinggal tunggu waktu atau gemana ya, gue berkesimpulan bahwa factor lngkungan lah yang bepengaruh…..

***

Kayanya agak serius juga kalo kita ngomognya, kalo ngomongin yang gak serius gemana reaksi lo pada???

Pernah ya suatu ketika gue waktu bayi….pernah di kacamatain sama om….nama om gue itu om win, diakumisan, tapi kumisnya itu gak sangar, biasa aja, malahan sangat biasa…kalo dicabut satu biasanya dia marah, nah ini dia yang bikin gue bertanya Tanya, kenapa ya , kalo o mom punya kumis, kalo di efek atau dicabut pake tang kumisnya itu langsung marah, aneh aja gitu…gue memimpikan di dunia ini ada om om yang rela dicabut kumisnya pake tang, satuuuuu aja manusia kaya gitu, syukur sujud gue sama Allah….langka sih langka, tapi kan sama sekali gak ada , o mom yang kumis tebel, rela di tarik satu persatu kumisnya dengan tang…malahan gue imajinasinya pengen narik kumis dengan tema acara parade tarik kumis pake mobil…kalo aja ada parade kaya gini di banjarbaru, gue pasti sediakan kamera 8 megapixel, jadi gue zoom habis habisan itu kumis…nah rontokannya gue laminating dan gue bawa ke kuburan muslim….

****

Oke sekian banyak gue erita akhirnya gue sempetin cerita yang lain nih,tau gak namanya partai politik, yap gue suka naanya politik, tentunya sesuai dengan ajaran Rasul yaitu ISLAM, gue suka paratai politik Islam,Yap gue suka pemikirannya hizbut tahrir, jujur gue gak di cuci otak, tapi pas di analisis secara mendalam, memang inilah yang murni memerjuangkan syariah selama bangsa di dunia ini meninggalkan nya…sekarang mana ada negara islam..yang ad amah negara kapitalistik..

Negara camuh kata orang banjar……gue paling gak suka kalo ada umat muslim berpikrian sekuler, yaitu memisahkan agama dan dunia, asli pengen gue lempar pake kue yang isinya besi beton…..kata ustaz dwi condro , kita musti sarana kontak terus , harus berdakwah terus, nah kalo kata muhsin temen gue beda lagi, kata dia kita musti menjadi generasi emas dan asli bener bener memperjuangkan agama Allah dengan cara memperhatikan betul apa yang telah di ucapkan oleh Rasul…gue terkesima, dari sekian banyak temen gue, gue bersykur , karena gue punya tim yang solid, selain IYCB organisais yang gue dirikan yang tujuannya cari duit, gue asli bertekuk luut sukur Alhamdulillah dah ketemu sama temen temen yang pemikriannya sama dengan gue…Ada sih yang partai politik Islam tapi berjuang lewat parlemen, udah tau parlemen itu pake kata demokrasi dan gak pake hukum Islam, byktinya banyak abnget broo,kalo gue certain di sini banyak banget masalah yang mencuat kaya bajing loncat……

Kalo pengen lebih jelasnya yaa terus aja membaca tulisan ini, ini sekali gue bilang sama lo pada, tulisan gue emang kaya gini adanya broo, so sweet banget dah….makanya ita msti hargain intelektuldan bakat rang…kalo kita hormat dengan orang pasti nanti kita dihormatin juga sama temen atau kerabat atau juga paman pentol yang suka lewat dimanapun berada, pokoknya siapa aja dah…..kalo kita baik pasti menuai kebaikan dari orang juga…kalo gak kekita pasti ke keluarga terdekat, mari ucapkan Alhamdulillah…..

Gue asli suka engan gaya retorikanya ustadz dwi condro,…..asli bergidik ria sambil ketawa ketawa gue denger belaiu ceramah, ceramah belau itu sungguh up to date banget, ilmu fisika, ilmu social budaya, ilmu agama, ilmu persahabtana, ilmu manajemen, ilmu ekonomi , ilmu hokum, dan poltik, semua nyampur broo jadi satu..dan kedengerannya gak menggurui tapi mlaah bersahabat.,salut dah…

Kalo dose gue belum ada tuh yang memprlihatkan tajinya untuk mengkritik pemerintah yang ada ini Cuma mahasiswa doang, wah asli garing banget….semestinya dosen pskm gue harapin bisa mengkritik kebijakan pemerintah, makanya pas KTI entar gue lebih milih mengkriitik kebjakan AKK analisis kebijakan kesehatannya….karena basic gue PPP (bukan nama partai ya) maksudnya itu Pelaksana, perencana, dan pengamat, gue asli bisa ketiganya……asalkan dimana gue berada , kalo gue kedapetan orang yang gaya gaya segklek kaya orang gila , gue mungkin iktu sedikit..kalo ketemu dan suka bergaul dengan yoseg kemungkinan gue ke ikut suka olahraga futsal, kalo terkumpul dnegan laptop gue asli cerdas , gaya pemikiran gue kata jenis explorer gitu lah..kalo ketemu amrullah dan temen temen nya, gaya biacra gue kaya bapak bapak, kalo ketemu sama Nadia temen cewek yang suka urut dengan tukang urut kemungkinan gue suka urut urut trus beli langsung balsam caplang, kalo terkumpul dnegan pak fajri, kemunginan bisa stand comedy di tempat gue, kalo keemu ustadz gue yang namanya pak isur marhan, pastinya gue keluarin hadits summa takuwnu khilafatan ala minhajnubuwwah…..kejayaan Islam pasti tegak , makanya kita harus berjuang tegakkan syariah dan khilafah….takbiiiRRRRR !!!!!

Nah kalo terkumpul dengan kak madel dan kak zayed, palingan bisa bikin KTI….atau juga proposal PIMNAS ……ya gitulah, bisa kemana man ague  jadi intinya bisa jadi tpe pengamat, perencana, dan pelaksana….suak sukague lah, jadi ide pemikrian gue ini namanya “suka suka gue” huahahah…

Sekarang lo tau gak namanya nunggu itu kaya gemana, pasti bosen kan, yap gue asli bosen kalo nunggu lama lama acara yang mau berlangsung itu…..pengennya gue berontak tapi takutnya ke usir sama panitia….

***

Emang sih kalo kita berontak pasti mendapatkan cap negative, tapi ada juga berontak yang positif yaitu berontak kea rah pemikiran, jadi yang diserang adalah pemikirannya, yaitu transfer ilmu yang positif, gue emang banyak tahu tentang pergolakan dunia persilatan saat ini, umur gue saat ini baru 20 tahun, dimana ini meupakan sebuah titik awal pergolakan batin dunia permudaan, yap emang sih orang muda itu identik dengan kegiatan yang seabrek, kita ambil contoh temen gue yang sekarang mejabat jadi presiden mahasiswa BEM KM UNLAM si pazri, dia angkatan 2008, tapi pas gue bilang di blog ini, dia orang emang hebar, banyak kerja daripada omongannya, tapi ya itulah manusia, sewaktu gue acak adul namanya grup salah satu BEM seribu sungai, gue bahagia bisa transfer pemikrian yang begitu positif, bawa gue sentil tuh peradaan sekaang salah…..tapi tanggapan si Muhammad pazri si presiden ini diam aja, mungkin ini isu yang gak terlalu dipusingkan, yaa gue akuin ini emang ulah gue, argument gue emag nyentil terkait kebijakan pemerintah saat ini, waktu itu gue sentil masalah system di Indonesia emang gak mensejahterkana, Cuma falsafah doang pancasila itu, sama sekali gak ada untungnya, malahan rakyat kita suka bekerja sendiri tanpa elihat aturan, mereka udah gak percaya dengan namanya politisi kampungan yang keseharaoannya ngomong di gedung DPR Jakarta, yap itulah segelinti masalah yang pernah gue angkat ke public, gue asli bangga pas menyatakan solusinya adalah tegakkan syariah dan khilafah, berasa bangga kaya gemanaa gitu, soalnya ini panggilan Allah buat gue broo, untuk nyatakan bahwa system syariah Islam dan penegakkan khilafah itu luar biasa dampaknya,

Isma temen gue seangkatan di pskm pernah nanya sama gue di kantin, “Wib, lo suka sama partai politk Islam Hizbut tahrir ya? “trus gue jawab, “ya,gue suka cara pandang partai politik dan perjuangan mereka, mereka sama sekali gak pake kekerasana, waktu masyirooh atau menyatakan dan menyuarakan pendapat, hizbut tahrir ini tertib banget di jalan, persis sama kaya Rasul dulu menaklukan kota mekkah yaitu fathu mekkah, asli gue bergidik dan tertarik untuk mempelajarin pemikiran partai politik Islam ini…Gue suka sama Islam, dan satu juga gua suka sama pemikiran yang kea rah postif, gue cita citanya tinggi broo. Asli gue suka namanya pendidikan, politik, ekonomi dan bisnis, ke empat pilar ini sungguh enak kalo di jalanin….Salah satu bukti gue suka bidang pendidikan adalah gue dari umur 18 tahun sampai gue gak tau umurnya , bakalan gue privat les itu anak anak yang membutuhkan pengajaran gue, kemungkinan ini aliran darahnya bapak yang mampir ke gue. Nah bukti gue suka di bidang bisnis, gue udah meelurkan bentukan organisasi sendiri yaitu Indonesian Youth Community Of Borneo, ini adalah organisasi kepemudaaan yang bentuknya bukan partai tapi sejenis organisasi yang selalu bikin acara yang tujuannya cari duit aja….Nah kalo di bidang poltiik , selalu dan selalu gue belajar partai politik Islam ,bisa membaca dari majalah media umat dan lain lain yang berbau politik dan pemikiran….Gak hanya itu, kalo pembuktina gue suka di bidang ekonomi adalah, gue suka mengkolabrasikan antara duit yang didapat dari organisasi IYCB tadi dengan perhitungan laba dan rugi di akhir acara, nah seara gak langsung kita kan udah belajar ilmu eknomi, kata kak zayed si kakak tingkat dari pspd, dia suka dengan ekonomi , beliau dulu  mau masuk UI, gue pun setuju dan memakluminya lha wong eang dia basic dasarnya di itu, tapi dia nyasar di kedokteran….ya itu Allah semua yang ngatur…

Ekonomi dan bisnis gak bisa dipisahkan, di pagi hari ini gue nulis tentang apa nyang gue suka ya mungkin dari sisi bidang yang gue suka…..Salah satunya bidang kepenulisan lah yang menjadi mentor gue dala mentransferkan ilmu….btw terkait transfer ilmu, gue pernah ngobrol saa rio temen gue di angkatan yang sama yaitu pskm….dia pernah liat satu halaman twitter waktu itu isinya ialah gue semua…gue balas aja statement rio itu dengan”ini transfer ilmu yp”, trus di sahut, itu transfer ilmu atau asbun?”…

Nah sini gue beritau ya, transfer ilmu sangat berbeda dengan asbun atau asal bunyi itu ibarat kata langit dan bumi, tapi asli gue kalo ngtweet sesuatu di twitter @wibisono77 itu penuh dengan kegndahan yang ada di pemikiran gue broo, masalah PLN yang sering mati lampu, biasanya gue tulisin tuh di situ…

Kebijakan pemerintah yang kaya gado gado gak karuan itu gue tulisin juga, jadi gitu yoo, nih kalo rio membaca tulisan gue, yaa inilah jawaban gue broo, lu tenang aja, tulisan itu lebih bermakna dan jauh lebih berharga esensinya ketimbang kita ngomong doang…makanya kalo orang ngomong tanpa berbuat sesuatu ibarat kata kaya sapi ompong ngisep daun papaya busuk….sama sekali gak ada gunanya…

Makanya kalo kita ngomong terutama gue, selalu dan selalu gue berusaha untuk merealisasikannya…

Emang sih dalam sebuah perkumpulan organisasi kalau satu individu berbeda dengan individu lain terkait ideology atau pemikiran orang tersebut..wuih bakalan gak bersatu itu…makanya mendingan nyantai aja, kalo berhadapan dengan orang bertipe pemimpin autokratis plus bertipe dictator, mendingan jauhin aja dah pemimpin kaya gitu, ingat kta musti seirama dalam bergerak kalo beda prinsip yang mendasar, ya udah tinggalin aja…!

****

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s