Page One Until Seven

Barusan gue tadi kuliah kesehatan reproduksi coy, wah asik banget kalo kuliah yang ini, bener bener bertambah luas ilmu kita di kuliah ini, kita dapat paham ilmu persalinan, ya agak absurd en gak jelas sih, kalo laki laki mempelajari ini, tapi satu aja yang gue tertarik dari pelajaran ini, soalnya gue musti persiapan kalo kalo pas gue beristri dan istri gue hamil , gue bisa udah siap…..

Asli musti banyak makasih kita sama ibu kandung, jangan durhaka deh, soalnya susah lho coy buat ngelahriin, musti ngeden dulu, ngolah dan mencetaknya sih enak, tapi pas udah hamil , beeeh pengorbana bakalan di tes di sana, jadi gak nyangka gue bisa ngebayangin gitu…

Yap dr.lena, ini dosen yang paling gue ekstriin, soalnya gue kalo belajar , udah takut coy, pernah kena hukuman gue…nah makanya gak bisa di bolosin mata kuliah yang satu ini…musti banyak belajar gue di dalam mata kuliah ini…..waktu dulu kesehatan reproduksi pelajaran gue pas pasn ajee, palingan dapat c+….yang laen ada yang dapat B…padahal dikiiiit aja lagi , nilai gue udah bisa B….

Nilai B itu beruntung banget dah,apalagi kalau IKMT kesehatan reproduksi ini…nah satu juga yang salut gue sama dr.Lena ini, cara penyajiannya bagus banget….gue angguk angguk kepala ajee, padahala ad sedikit sih yang gak ngerti….tapi kebanyakan kalo kuliah pagi, pasti ada temen gue yang punya keahlian hard skill , pasti dah nanya kesana kemari, tapi kalo siang atau sore kuliahnya,jangan harap bertanya, ngantuk pun dijabanin dah kalo waktu itu…

Kuliah kespro bagi gue penting banget, soalnya tadi dibahas tentang persalinan, akhirnya gue tau juga, pembukaan 1,2,3, dan seterusnya…nah di sini gue mau tahu banget, apa aja sih pembukaan itu…eh ternyata vagina sang ibu itu kebuka……nah pembukaan itu perbedaannya aja….ibarat kata pembukaan dua itu kalo jari telunjuk sama jari tengah kita di lebarin membentuk huruf peace…nah itu namanya pembukaan dua….nah kalo ingat pembukaan pembukaan gini, gue jadi inget sama temen bidan gue, pernah ssuatu ketika dia bilang gini….wib kalo bini lo hamil en mau ngelahirin, kontak gue aje yee…

Trus gue asli gak bisa jawab, emangnya pas bini gue lahir pas ngbrojol, gue musti bilang en nelpon lo gitu??”dalam hati, kalo gue kelamaan nelpon lo, kemungkinan bini gue ngebrojolin anak di tempat kalii…..

Yah inilah realita mahasiswa kebidanan, tapi gue bukan kebidanan lo ya, …..

Dalam sebuah pilihan ingin ngikutin acara kuliah kespro , gue asli galau men, dikit banget laki laki yang datang, terutama temen2 gue waktu itu….beh asli mereka lebih mentingin organisasi yang sedang berjalan….

Oke dari tadi kita ngomongin masalah kespro (kesehatan reproduksi), kita kayanya belum mikirin kea rah hadits terkenal nih, hadits ini ngebntuk orang jadi pengusaha…ya bener Rasulullah itu pebisnis juga broo, pemimpin iya juga, sang manajemen yang sejati, tentu banget soalnya kan beliau nabi, dan pilihan lagi….termasuk kaya Muhammad al faith, dia orang pilihan tuh, dia percaya banget sama hadits mengalahkan kota konstantinopel, sang kiainya juga dari hari kehari meyakinkan,walhasil dial ah yang bisa menaklukan bersama ratus ribuan pasukannya, gak heran zaman dahulu itu ijtihad para sahabat muslim itu sungguh luar biasa, mereka dekat dengan agama, mereka tau agama itu sebuah ajaran yang apabila kita tekuni dalam kehidupan sehari hari akhirnya jadi luar biasa….

Mustinya kita sebagai pemuda kaya gitu juga, gue keinget sama Dr. Qoqom, beliau udah S3 boo, asiik abnget, yang anehnya, beliau dulu ST, sarjana teknik gitu, nah pas S2 ke arah kesehatan, akhirnya dia dapat gelar M.Kes, dan satu lagi, dia lanjutin S3, akhirnya dapatlah gelar doktornya…

Orang banjar yang hidup di desa menyebut kebanyakan sang peraih gelar doctor ekarang ya kaya dokter..padahal kan bukan, kalo dokter, itu keahliannya di bidang kuratif alias pengobatan…

Entah kenapa juga orang bisa banting setir kea rah kesehatan….

Nah dari pengalaman beliau sampaikan tempo dulu, gue asli banget percaya, gue bener bener belajar dari beliau, bahwa doa dan usaha itu musti berjalan dengan seimbang…malahan kalo kita gak doa, beeh bakalan gak di denger cita cita kita sama Allah…

Beliau orangnya respect banget denagn mahasiswa, gue waktu itu diberi nilai 95…padahal waktu itu gak mut mutnya buat tutorial, beda dengan dosen s2 lain, tapi gue gak ngefek , tapi asli bener, dosen dosen di tempat gue itu, sangatlah memberikan inspirasi kehidupan, walau ada mukanya rada rada jutek tapi gak apa…yang penting kita ambil yang baik aja dari beliau beliau yang sudah jadi dosen….

*******

Gue pernah berdiskusi dnegan salah sati dosen yang dekat dengan mahasiswa, umurnya juga muda, kalo stand up comedy dia juaranya, dosen yang lain kalah, ya om fajri namanya, dia sebutan di kampus, kaka  atau pak…gue sering bilang kak 60% dan manggil pak 40%…yah inilah realita, dosen muda itu harusnya membaur pada mahasiswa, jangan bermuka jutek…

Yaw ajar sih, kalo udah jadi dosen kan ibarat kata udah naik level sebagai seorang pendidik…tapi hanya satu kayanya yang amaaaaat deket sama mahasiswa, yaitu om fajrii…

Di sini gue nyebutnya om, jadi lebih tua an sedikit beliau, asli orangnya bisa di bilang pemberi motivasi dalam berkuliah….saat HUT HIMA kami, beliau lah yang jadi motret motret gitu…..pas duduk duduk ngeliat orang silat, dia cerita hantu…nah iilah yang membedakan dia denagn dosen lainnya..memang dosen lain criteria dan keunggulannnya juga beda, musti dimengerti itu…

******

Oke tadi kan udah ngomongin dan membahsa masalah dosen nah sekarang kita negbahas tentang etika dosen saat belajar mengajar…banyak sih yang menjadikan kita sebagai orang berkompeten di bidang pendidikan, bidang pendidikan ini seru banget kalo dibicarakan…tentang manajemenya tentang segala sesuatu yang berkaitan tentang edukasi….ni gue campur campur aja ya ngomongnya….kita pertama ngebahas masalah kekonsistenan dosen, dosen seharusnya bisa mengatur jadwalnya setepat waktu mungkin, yaa kan sesuai dengan peraturan, kan malu baget kalo kita ngebuat peraturan, “aku malu datang terlambat”, eh ternyata malah kita yang melanggarnya sendiri, gak tau juga kebanyakan dosen tahun 2012 ini yang pernah gue lihat secara nyata dan objektif sungguh memprihatinkan tentang kekonsistenan mereka. Entah gak dapat liqo dari ustadz sewaktu kuliah atau kaya gemana, gue juga gak tau…..tapi yang paling penting dosen dosen yang gue lihat di depan mat ague, asli bener , gak bisa memberikan contoh yang baik, sekarang gemana bisa maju bangsa Indonesia dan menyambut peradaban dan kemajuan Islam yang ke2 sebentar lagi ini….Tuh kan kacau dan jadi banyak pikrian akhirnya…

Ni gue asli bener bener mengutarakan pengalaman dan penilaian secara objektif, gue pernah mengadakan pengamatan secara face to face, kenapa bisa dosen jadi salah tingkah kalo ditanya “bu kenapa sampean terlambat”…ini mungkin lho ya, mereka punya kesibukan yang bisa di tolerir, atau mengurus anak di rumah?? Seharusnya mereka kalao punya tanggung jawab lebih mustinya bisa mengkordinasikan dengan berbagai pihak terutama koti mata kuliah…

Kal di SMA itu kayanya gak masalah benr, soalnya di tanggung jawabi oleh kepala sekolah, mereka bisa ngontrol, tapi kalo ini beda, ini mainnya dan pembicaraannya udah masuk tahap pendewasaan yaitu area fakultas..mustinya kalo SMA aja bisa disiplin waktu, seharusnya pas ke fakultas ngajar kemahasiswa/I lebih bagus lagi dong…..ini ternyata kebalikannya…..

Gue juga pengen memberikan contoh yang baik, ya semoga aja kelakuan para dosen yang tak konsisten  itu menjadi baik dari sebelumnya…perlu turun tangan dan konsisi yang massiv bila kepala prodi turun tangan…

Memang keperluan leadership sungguh bisa dilakukan, tinggalbagaimana kitanya saja lagi mengaplikasikan setelah pulang dari pelatihan para dosen atau gemana…..oya, gue mau minta maaf juga, tulisan ini agak campur baur karena ini bukan tesis atau seancamnya, tapi inilah tulisan yang pas buat gue broo.

*****

Nah tadi kita udah bahas masalaha ketidak konsistenan dan ketidakdisplinan para dosen di mata mahasiswa, sekarang kita beralih ke area pemikiran….bedanya orang pemikir denagn orang tidak memikirkan (adem ayem aje), adalah dari segi tingkah lakunya…gak bsia kita ngejustic salah satu dari mereka dengan tingkah lakunya mereka….gak bisa melakukan hal itu begitu saja…perlu pendalaman kalau menilai seseorang…..

Ingat negara kita ini banyak banget pemikiran orang masyarakatnya, gak bisa kita bersikap otoriter dalam memutuskan suatu masalah…negara Indonesia ini terlanjur demokratis….

****

Sangking demokratisnya kita bisa melebur dalam satu kebersamaan, tidak heran ada motto, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, ini merupakan konsep umum yang ada di masyarakat sekarang, dari dulu sampai sekarang inilah yang menjadikan bangsa kita tetap utuh walau pulau Timor leste sipadan ligitan terlepa, entah karena factor apa, tapi miris juga…beda dengan peradaban islam yang mau bangkit ke 2 kalinya ini, sungguh tak bisa berbuat apa apa nanti orang orang yang tak senang dengan muslim, yahudi misalkan , mereka sama sekali tak suka dengan kemajuan islam, lihat saja orang Israel, pernah gue lihat gambar, di bokongnya ada gambar amerika dan di wujudkan sebagai bapak-bapak sdag menggandeng mesra ibunya yaitu orang yang berbaju bendra Israel, tak bisa dipungkiri mereka adalah teman akrba, bahkan sudah dianggap seperti saudara kandung sendiri……maka tak heran mereka menjajah kewat pemikiran…..dan tentu saja pergerakan umat islam takkan tinggal diam melihat hal ini, lihat saja Ikhwanul Muslimin, mereka bersatu padu, lihat saja pergerakan partai politik Islam Hizbut tahrir..mereka juga ergerak, intinya merka bergerak dengan syar’I namun tetep ajee kita musti mengingtakan kalau ada yang menyimpang dalam kaidah syariah Islam.

Gue pernah , dan suka sekali, sampai sekarang gue suka sama Islam, pengen jadi penolong agama Allah ini, gue percaya kalau kita menolong agama Allah dengan berbagai cara dalam konteks halal perbuatannya, maka Allah akan meninggikan derajat kedudukan kita….dimata Allah, kalau sudah membantu dan bergerak saja, beeeh kita pasti diberikan yang lebih oleh Allah, contohnya aja sedekah, nah itu pernah gue lakuin sampai sekarang tetep aja ngebet banget sedekah, soalnya kita diberi banyak nikmat dan kesabaran sama Allah…..sungguh subhanallah banget deh…….

****

Entah kenapa juga, kalo ngeliat bentuk tulisan gue sendiri, gue pasti banyak koreksi, tapi kalo ngeliat tulisan orang bawaannya pengen ngebaca teruus, so kita kea rah pembicaraan berikutnya lagi,, pernah suatu ketika guemakan bareng sama organisasi keprofesian yang bagus menurut gue, di sana mengajarkan kebersamaan, yap HIMA kesmas namanya, ini adalah salah satu wadah dimana kita bisa berragnisasii, bertukar pengalaman yang baik antar manusia kesehatan juga….

Zamannya kak edo ini internalnya bagus tapi eksterna ke lapangannya agak belum baik, terus dilanjutkan oleh zamannya kaka de, nah ini bentk organisasinya juga jalan dan bagus, tapi keliatan banget bentuk organisasi di bawah kepemimpinan beliau sungguh ideologis, beda halnya dengan kak taufik, ini system organisaisnya mengedepankan kebersamaan….nah ini bagus semua broo, ya memang ada organisasi yang bagus dan ada yang belum, tapi pastilah semuanya itu ada kelebihan dan kekurangannya, sadari akan hal itu maka kita akan dewasa dalam menilai sesuatu….

Gue pernah makan bersama dengan temen teen HIMA, nah di sini dominan orang Banjar seua, gue pernah ngeliat verita bukunya chairul tandjung…beliau ceritakan saat ingin mendekati sang pujaan hatinya, pernah ditegur sama ortu si pujaan hati, si CT ini orangnya kalau makan pasti berbicara walhasil diberikan cap gak sopan…yap berbicara saat makan sebenernya gak boleh, Rasul saja kalau makan sopa banget, ngomong aja enggak, soalnya memegang teguh prinsip ajaran yang disampaikan oleh Allah…kita lihat aja, kalo kita makan sambil bicara pastinya kita akan batuk atau tersedak nasi….nah bahaya kan,jadi mendingan, kita kalo mkana sama temen, jangan bicara deh, habisin dulu baru bicara…makan itu Cuma bentaran aja kok, habis itu boleh dah ngomong2….ngapai kek jungkir balik juga boleh….tapi awas muntah di tempat…..

*****

Nah sekarang gue mau cerita hal lain juga nih….gue perah ngobrol lama banget sama ibu ibu, lo tau sendiri kan ibu ibu itu kaya gemana, ngomongny bawel banget…..kalo kita ngomong satu kalimat dia pasti ngebalas 10 kalimat bahkan lebih, nah inilah uniknya ibu ibu atau wanita gitu….Gue punya temen sampai sekarang amsih akrab, mereka ini kalo di jadikan satu kelompok , beeh yang ada jadi trio macan, kalo kita ngomong saa dia 1 kata, bisa di balas berpuluh puluh ribu kata…dia adalah inisial D, N, sama A…kalo digabungkan jadi kelompok DNA…..tapi kebanyakan temen gue bilang mereka adalah trio macan, kalo trio macan asli kan goyang goyangin kepala, nah kalo mereka goyang goyangin lidah …..walhasil berpuluh puluh ribu yang ada di pikiran mereka teruntai semua…Yap itulah trio macan angkatan kesmas 2010 kami.

Kita kalo di hadapan mereka, gak ngomong aja, mereka pasti aja ada bahasan omongan buat dibicarakan…..inilah uniknya..mereka orang Banjar, Buntok, sama Kotabaru..yap ini kota sungguh luar biasa menurut gue, bisa menghasilkan jenis manusia seperti itu, gue musti banyak makasih sama mereka, kalo gak ada mereka gue kemungkinan gak bisa ketawa 2 hari….musti ada efek keterikatan juga sama geng ini…..

Gue kalo nulis sesi ini bawaannya keringat dingin cuy, takut gue jadinya…kalo suatu waktu dia membaca, bisa bakaln di santet gue nih. Tapi tenang aja, mereka gak mungkin balas kok….

Biasanya kalo kita bicarain cewek, bawaanya bisa jengkel atau kemungkinan bisa tertawa atau yang jauh di pikiran adalah jatuh cinta…dulu sih pernah gue alami ini, tapi udah tobat broo, saatnya focus sama tujuan cita cita kita, kalo udah siap nah langsung aja lamar, tapi sebelumnya kita musti kenal dulu sosok si dia itu, cari info sebanyak banyaknya….kalo sudah oke, nah langsung aja dah sholat istikoroh 3 hari 3 malam, biasanya oke banget jawaban dari Allah, kita kemungkinan dapat mimpi, tapi ingat mintanya musti tegas dan jelas, kalo kita selenge an alias begayaan kata orang banjar, beeh Allah juga bakalan ngendorin waktu untuk memberikan jawabannya…..akanya serius yaa..

Gue pernah ngedapein suatu masalah, akhirnya dapat pencerahan dari kakak tingkat “kenapa lo gak sholat istikhoroh aja” ka asik tuh kata kakak tingkat gue…gue iyakan aja apa kata dia…akhirnya semua maslaah dapat terselsaikan, ingat kao kita bertindak jangan sampai lupa dengan Allah….because Allah adalah tempat kembali dan tujuan hidup kita…..

Oke kita kembali ke trio macan tadi, kemungkinan si trio macan tadi, pas bayinya ibu ibunya mereka doyan sambel mercon…..makanya anaknya suka ngobrol terus, entah gen apa yang ada di dalam tubuh mereka, apakah mutan x men?? Ataukah gen mutan dragon ball?? Nah inilah yang jadi pertnyaan besar buat gue…

Pengn dan terlintas juga buat judul tesis gue entar,”menganalisis gen trio macan D,N,A  dalam sebuah intensitas bunyi kedengungan dan kebisingan dalam suatu ruangan”…..

Bisa bisa dosen gue setuju kalo ini terjadi, bisa juga kaya gini nih tanggapan beliau (dosen)

Dosen: wah wib, bagus banget judul tesis kamu, bisa saya rujuk sebagai bahan pelaaran saat kuliah saya…

Wibi: oh bisa pak, tapi bayar dulu…

Dosen: bayar pake apa saya…

Wibi: pake kolor dalem bapak bisa ??!!

Dosen: oh bisa wib, lagian kemarin saya beli kebeli lebih tuh kolor dalem sekwintal….hehehe

Wibi: pas sudah saya terima kolor dalemnya, terus saya robek robek boleh terus saya jadikan pel lantai boleh gak pak???

Dosen: oh boleh , makasih banyak wib, telah membantu saya…..

(hening)

*****

Oke dari kata hening di atas, kita sambung ke kata galau….yap ener banget amrullah sama rio sering juga di bilang datang kerumah kntrakan gue, tapi sory yo, gue gak punya makanan kaya di kontrakan cewek, emnag ebner kalo lo datang ke rumah mahasiswa boker kaya gue, dapat dipastikan makanan gak bisa dibeli, soalnya gue pengen instan ajee, itu kalo mkanan lo ya, yaa begitulah rio sama aam, kalo mampir ke rumah gue, yang dikerjakan mereka Cuma mbaca buku sama liat BB gue…..udah itu aja…kalo ada temen yang namanya tono sama adi beda lagi wataknya…mereka pada suka tidur di springbed yang lumayan enak untuk di tidurin……biasanya adi tidur ngebangkong di kamar gue, selanjutnya alex, kalo datang ke sini pasti maen PES atau ngecess hape,yap kontrakan gue awalnya di balitan terus pindah karena gak tahan jauhnya itu, lantas ke komplek meranti deket masjid qardhan hasana, trus pindah lagi karna di komplek meranti mahal banget 500 ribu satu orang, gak ketulungan itu duit banyak banget, kasihan MABOK (mama bokap) gue …..nah terus akhirnya ketemu juga rumah idaman di widya citra elok 2, terbilang perkomplekan juga….

Aneh bin ajaib, setiap gue pengen rumah pasti kenanya daerah perkomplekan yang asri dan nyaman untuk dilalui…nah ini syukur Alhamdulillah banget…dan ketiga rumah yang pernah gue diemin masing masing punya masalah tersendiri saat gue tempatin sama temen gue bagus namanya….

Kalo rumah di balitan , masalahnya jauh dengan kampus, kemudian pompa airnya agak macet dikit, tapi pas udah diperbaiki lancer aja kok, nah itu punya temen mama gue….nah satu lagi nih, rumput liarnya yang bahasa banjarnya itu’nyucuk’ke batis nyucuk ke kaki itu sungguh sakit luar biasa kalo nempel di celana …..saa itu rumput liar banget, hari ini diteba, seminggu kemudian agak numbuh lagi, rumput di balitan ini semacam kaya anak bandel, diberi pestisida juga gak mempan, pernah kepikrian waktu itu buat ngebakar seisi rumah sampek rumput liar nya ikut kebakar….tapi gue urungkan niat itu….takut kena denda gue….

Nah kalo di komplek meranti ini maslaahnya klasik, listrik yang agak ngadat sama kalo kami maen PES 2012 pasti aja kalo nyolokin itu colokan ke tempat nya, eh pasti turun listriknya, akhirnya mati mendadak…pernah jug ague aduin,eeeh ternyata 2 bulan kemudian baru dikabulin untuk naikin tegangan listriknya..wah kacau….sama juga kalo air, pompa mesin nya kaya jaman belanda men, jadul banget, gue juga sempet gak enak sama temen cewek waktu itu ngerjain tugas kelompok, mereka mau beol atau pipis ya waktu itu, gue agak lupa nih…..kemungkinan pipis mungkin..nah itu mereka pada protes kok airnya agak nagdat pas di ketek saklar on off nya…nah gue sempet malu waktu itu….

Pernah waktu itu ada kepikiran untuk ngebakar pompa itu buat di beliin yang baru sama bu mugi (pemilik rumah), tapi gue takut sama bu mugi, wajahnya agak suram sura gitu men, males gue ngejahilinnya….entar dia stroke di tempat eh malah berabe guenya entar….

Nah pas pindah ke rumah pak hasbi (pemilik rumah di komplek widya citra elok) sama juga nih, lagi lagi airnya yang bermaslah….gue agak specchles soaln ini, seharusnya kalo orang udah mau pindahan, dia mustinya ngecek, atau aplaah yang penting keadaan airnya oke…eh ini malah di biarkan aja….orang nya sibuk sih, di BJM (Banjarmasin) kerjanya……

Walhasil gue yang musti bersabar, gue akhrinya punya akal buat mandi, akhirnya mushola deket rumahperkomplekan lah yang jadi sasarn empuk gue buat cebar cebur…..pas di bandingin, wuiih lebih enak mandi di mushola daripada mandi di rumah …..wah asli banget sejuk men airnya , berasa kita mandi di Malang gitu, airnya sejuuuuuk banget…

Tapi yang jadi pikiran gue, kalo sewaktu waktu gue itu kepicirit atau kebelet pipis datang dari kampus, kan jadi berabe tuh, nah itu yang jadi momok pikiran gue, terkadang masalah pribadi itu sulit diselesaikan kalo tak tahu caranya…malahan masalah pribadi ini sungguh nyiksa batin…ckck

Gue juga ketawa kalo ngeliat bagus temen gue..dia kan kebiasaan kalo pagi jadwal boker tuh biasanya jam setengah 7 atau jam 7 an, …nah ini dia, dia sibuk nyari nomor kontak temen terdekat, walhasil rumah pebrilah yang jadi sasaran tempat boker bagus…..

Tapi setelah punya permasalahan seperti itu, gue putar otak seharian semalaman supaya bisa mandi tepat waktu dan tempatnya enak, yaa jawabannya adalah mushola setempat……itu solusi praktis buat mahasiswa yang kena masalah pompa air ngadat…..

Nah kayanya udah banyak yang dibahas, jadi kita tutup dan gue beri judul page one until seven…bye…..

 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

