PBL (Praktek Belajar Lucu-Lucuan)

Oke kemaren gue lupa ngasih tau blogger gue masalah pengeksekusian temen temen kelompok gue dari penguji fakultas…kelompok lain kena semprot juga….ya begitulah presentasi ujian PBL…ini sungguh menyakitkan sih, ibarat kata kena duri di kaki, tapi yang sungguh absurd dan bisa di bilang gak enaknya adalah, kami nunggu 7 jam, tapi presentasinya Cuma 30 MENIIIT !!!….

Jadi gue waktu di kelas teater, lagsung kepikiran ngolah tulisan…..

Ni gue beri semacam kaya percakapan ya…..

MC: saatnya kita panggil kelompok delapan antar JAYAAAAA….!

Pas kami masuk, wuih temen temen pada diem entah kenapa juga, mungkin ada salah satu dari temen yang maju kaya badut bencong…..tapi gue gak ngurus itu…gak penting soalnya , yang penting focus….

Satu yang pengen gue tampilin kalo ini semacam dagelan lawakan dalam presentasi, gue mau bikin judul, “Solusi Arisan Jamban Sehat di Muka Tedi”…

Awalnya gue pusang bin pusing gak bisa bikin judul yang baik, kenapa enggak yak an…..begituah dilemma para kelompok yang maju, dari baju KTI dan baju putih putih gitu, plus ditambah celana hitam….

Bikin muntah sih waktu gue nunggu sama temen temen selama 7 jam…asli bikin marah….mana pas pulang pompa air rumah mati, saat itu kepengen banting remote tv ke sumur….

Asli benci kalo hari kamis itu broo. Saatnya itu tidur enka, lha ini nunggu sampai 7 jam bayangkan, andika kangen band yang baru nongol dari wc bau aja pada bosen kayanya kalo nunggu presentasi selama 7 jam…

Ini pemborosan waktu, coba bayangkan, Selama tujuh jam itu kita sebenernya bisa dapetin duit sejuta, lha ini kosng melompong bro….sory bro ya, hari ini tulisan gue gak mau ngelawak tapi mau kritis soalnya di sesuaikan dengan mood hari ini….

Tujuh jam kata para ulama terdahulu bisa nglah buku mini tuh yang sangat bermafaat, yang pengen ngebanting tv waktu itu gue,asli bikin jengkel, waktu yang sebenernya bisa di optimalin secara baik dan bagus, eh maah kaya gitu….tapi gue sdara gue sudah masuk dalam system pendidikan yang pemimpin bangsanya agak agak gak beres plus gak ngehargain waktu…..tapi salut juga kok di bidang lainnya si pemimpin bangsa satu ini…..

Waktu kalo dipikir pikir sungguh luar biasa lho, musti dihargain itu, bayangkn aja, chairul tanjung aja yang jadi pengusaha itu banyak link karena menghargai waktu broo, dia gak pengen kebanyakan kegiatan yang terus terang buang buang waktu.

Terus gue belajar juga waktu kemaren, aklo ngolah judul itu yang bagus saat ngolah laporan, entar kan nilainya bagus juga….tapi salut banget deh sama penguji, kritisnya luar biasa, bisa di tiru itu…

Ada yang gue inget waktu itu

Saat penguji nanya ,jadi ini versinya agak ngaco bin becanda an aja….

Penguji: mmm, bisakah kelompok kalian memulai presntasinya plus diakhiran entar  jogging style di tempat…

Kami: ooo bisa, pak, malahan kami juga pengen bapak ikut gaya kami buka baju jam 4 subuh di jalan trikora..mau ikut pak???

Penguji: #bingung…..3 detik kemudian, oke boleh, ntar saya pamerin titit saya juga….eh maaf entar dikira porno entar saya masuk penjara gara gara kena undang undang porno aksi…tapi saya ikutan kok, tenang aja, saya suka presentasi kelompoknya ‘between sumpret’….

Kami: oh makasih banyak pak, tapi ngomong ngomong soal titit, kami gak pernah pamer titit pak…..kalo gitu boleh kami lanjutkan jawab…

Penguji: lho saya kan belum nanya,>>>>>

Kami: oh iya, bearti kami gak goblok kan pak?

Panguji: saya juga gak tau….

Kami: oh bearti sampean yang goblok….

Penguji: nah saya gak tau…..soalnya sy belum dapat akreditasi manusia goblok de’ oleh pemimpin bangsa ini….

Kami: oke kita lupakan aja pak, yang penting kita sama sama manusia..

Panguji : mmm saya mau Tanya, apakah judul yang kalian pakai saat PBL?

Kami: ‘arisan jamban sehat penghilang stress warga’ pak…..

Penguji: oo gitu bagus….

Kami: apanya yang bagus pak?

Penguji: tulisannya de….

Kami: lho itu kan tulisan computer , semua orang juga kalo nulis di computer hasil printannya juga bagus, jadi gak usah diragukan lagi, tulisan computer itu bagus….

Penguji: oh iya ya…soalnya wktu sy PBL saya Cuma ngetik di mesin ketik …kasian sekali saya waktu itu…

Kami: kami juga kasian pak sama bapak…

Penguji: terus saya mau nanya……apakah sifat intervensi kalian ini bersifat fisik atau non fisik?

Kami: gak dua-duanya pak,soalnya korelasi antara jamban sehat dan stress pada judul kami gak ada hubungannya sama seklai dengan fisik atau non fisik…

Panguji: oo gitu, bagus…

Kami: apanya yang bagus, ??

Penguji: sepatu pantofel kalian de…boleh saya minta sebelah…..soalnya saya gak metching nih, yang sbelah kiri dan kanan gak sama warnanya, yang kanan warna pink, yang kiri warna hitam….kalo d satuin jadi sepatu cibi cibi…

Kami: oh boleh pak….#sambil melepas sepatu pantofel satu biji buat bapak yang warna hitam

Penguji: oke makasih pak eh salah de maksud saya….

Kami: ooo gak papa pak, yang pentingkami ikhas kok pak…

Penguji: sekarang pertanyaan selanjutnya adalah…bagaimana kalian mengintervensi suapay mereka bisa arisan jamban sehat secara rutin yang telah ditetapkan de??

Kami: kami berusaha sekuat tenaga mungkin pak, kalo warganya gak mau, kami todong pake pisau tumpull..

Penguji: kok pisau tumpul…yang tajam sekalian dong….!!! #sambil mengsuulkan dengan logat batak…..

Kami: maaf pak waktu itu kami gak punya yang tajam, yang ada tumpul semua….jadi kaya gitu deh keadaannya….tapi bener kok pak….kami bisa rutin intervensi warga supaya berikan arti enaknya punya jamban sehat lewat duit mereka sendiri, dan ini membuktikan kami bisa memberdayakan masyarakat…

Penguji: oh bagus…lalu indicator keberhasilan kalian itu bagaimana?

Kami: indicator kami untuk berhasil adaah jikalau warganya punya jamban sehat satu biji, walau pun warganya ada 270 jiwa an..jadi pas kami bisa megintervensi dan sudah tercipta satu biji jamban,kami suruh yang laen nya untuk boker di jalan pak…

Penguji: lho bukannya itu menggangu lingkungan hidup dan transportasi Indonesia di daerah Maracuhan (di samarkan)….

Kami: iya, oke kami jawab dengan seadanya ya pak…sebenarnya dalam sebuah transportasi massal kata peraturan menpot (menteri transportasi) nomor 45 tahun 1924 “bahwa warga yang tidak mempunyai kewarasan boleh boker di jalan tanpa busana” pak…walau pun ini bertentangan dengan peraturan kesopanan dan kelestarian jalanan, itu gak papa pak,soalnya diperkuat dengan pidato pak soekarno yang mengatakan ‘berikan saya sepuluh pemuda, maka saya akan mengubah dunia !”

Penguji: lho kok gak nyambung yaa…..tapi gak papa, itu bagus kok, kalian kreatif…!! Nanti saya beri A ++ deh, tenang aja kamu, tapi jawab dulu pertanyaan beriktunya ya dengan sopan dan penuh kehati hatian…

Kami: oh maksih banyak pak kami dijanjikan dapat A nilai PBL (praktek Belajar Lucu-lucuan)….tapi gak papa kok pak kami ntar dapat B+, tapi besok saya jamin anda masuk parit dan motor kesayangan anda juga masuk kesana, kami pretelin pak sampai patah dua !..

Penguji: oh makasih banyak J

Kami: sama sama pak…..oh ya, mau Tanya, bapak ini sebenernya penguji fakultas atau apa sih pak?

Penguji: bukan de, saya tukang jamban….

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s