Mendingan Jadi Pengusaha Dibanding Jadi PNS

Salah satu hal yang paling menarik dari kehidupan manusia di masa masa perjuangan sedang menjadi mahasiswa , kemungkinan kita kalo dapat duit dari kerjaan kita sendiri, dan dari usaha kita sendiri, kita bakalan jingkrak jingkrakan bahagia…gemana enggak yak an, orang buta aja kalo kerja plus dapatvuang gaji perbulannya, baklan seneng bahagia…

Itulah prnsip kerja, nah kalo di dunia mahasiswa, tentunya gue mau pesen banyak buat lo pada, banyak banyak lah cari duit dan ilmu apa aja…mumpung kita masih muda,maka gunakanlh waktu udamu untuk tidak buang buang waktu ….kita musti paham akan esensi waktu..harus gunakan dengan sebaik baiknya itu ke ara jalan yang bener…

Nih yang ada di otak gue sekarang di malam kamis ini walau besok ada ujian presentasi PBl, gue anteng anteng ajee, gak dipikiran masalah yang berat berat gitu, yang ada dipiiran gue adalah PBL presntasi besok adalah bisa gue kerjakan dan gue yakin akan hal dapat nilai A , aamin kan yaaa…..

Oke kalo masalah perkuliahan kitavtinggalin dulu, tapi ada satu yang musti kita pikirkan dan langsng praktekkan juga untuk menginvestasikan waktu berharga kita untuk orang lain….

Yp yang ada di pikiran gue adalah cari duit dengan usaha sendiri..banyak emen gue yang jualan,kaya moly dia jualan pernak pernik gitu, yang dia namain bomba shop, lain lagi sama si mira, oya gue mau beritau, mira ini anak kotabru dan kelebihannya satu , suka bilang feleeng niii! Kalo dia dalam keadaan terancam…

Nah mereka ini suka bisnis, liat aja bbm nya…pasti kalo gak tulisannya minat PM yaa J atau ada barang bagus nih, baru keluar, ayoo beli sekarang buruan, yap itulah mereka, sama aja kaya gue, tapi gue intelek sedikit, gue mainnya pake ajang event dan gue dapet ngeraup untung perbulan melebihi pegawai negeri guru……makanya gue asli gak pengen jadi PNS, ibarat kata orang jadi PNS itu kaya di bawah ketiaknya pemerintah…bener sih kita pasti dapat duit per bulan dan dijamin, tapi ada salahs atu yang gue gak senengin, yaitu gue gak bebas berbisnis jutaan gitu…

Makanya writerprenuer dan ketua organisasi khusus cari duit gue bentuk namanya IYCB (Indonesian Youth Community of Borneo) ini gue bentuk semata-mata cari duit aja…

Lo pikiran aja sendiri…zaman sekarang kalo jadi mahasiswa aja itu kuno broo, musti banyak akal dan selalu member manfaat pada orang lain..gak ada ruginya kok kalo berbisnis itu, malahan kita dapat pahal bekerja keras, karena Islam ajarkan umatnya untuk bekerja dan berdoa selalu tanpa pantang menyerah !

Gue suka nuis, akhirnya lahirlah SBW, itu buku gue juela di event sebagai souvenir sekaligus udah termasuk harga tiket masuknya….

Nah itu duit kalo terkumpul Alhamdulillah banget, makanya dalam sebuah event , humas dan peran sector pemasaran musti dipertajam setajam sileeeettttt…!!

Target gue harus habis itu buku paling lambat sampai bulan desember, dan itu sediit dikitnya duit dapet 8 jutaan…nah itu gue puter balik buat beli buku lagi…ngecetak maksudnya..nah gue musti karang buku fenomenal dan termutakhir gue yaitu buku ajar fisika kesehatan…musti kelar juga itu, makanya masih dalam proses nih, musti Tanya juga sama guru guru di sekolah….

Nah pas jadi konsep bukunya, entar gue desain dan akhirnya di cetak sekitar 300 buuan dulu…nah pas mahasiswa baru masuk, nah saatnya gue beraski rekrut mahsiswa yang suka berbisnis, gue jadiin dia agen pemsaran dengan cara presntasiin buku gue kelas mereka, bahwa adabuku bagus nih dengan konsep buku saku gitu….

Walhasil kalo dijual laku keras broo.baynagin aje…buku fisika kesehatan itu paling di takuti dan harganya agak mahal gitu dan pastinya buku itu diperlukan sama mahassiswa baru di semester awal…

Pasti gue jamin bakalan laku !

Gue taksir omset saat awal tahun adalah sekitar 13.500.000…beehini ngeliat aja gue ngiler men,itu baru gue jual 45 ribu per buku, nah tu kalo laku 300 biji…belum lagi kalo udah laris manis…beh bakalan kaya gue…hahhaha

Makanay mahasiswa sekarang perlu sikap dan mental FIGHT dan menyerang….ini aja tulisan gue bakalan gue cetak….gue inget perktaan sahabat Rasul yang namanya om Ali…..dia bilang,penjarakan lah ilmu kamu dengan tulisan,,,,beggh sontak banget dan beri applouus yang meriah buat om Ali bin abi thalib brooo….seeng banget gue dapet pecerahan dai perkataan beliau….

Bayangin dalam tahun 2013 nanti, aamiinin ajee ya…kalo laku keras nih sampek 1000 buku, bakaln gue jingkrak jingkrakn plus sujud syukur gue….asli alhamdulilah banget….apalagi kalo gue punya kontakan orang mahasiswa juga di daerah luar Kalimantan dan gue akrabin gitu,,, beeh bisa bisa pemasaran buku ajar gue bisa sampai kemana-mana….ahahah Alhamdulillah banget….

Yah itulah pikiran bisnis gue broo…..menjadi seorang pebisnis di usia muda itu gampang, tinggal action aja kok, sama kaya waktu dulu gue cetak SBW, gak perlu pikir panjang ngedit broo, yang penting action !

***

Yap action di pikiran manusia yang dominan bekerja pakai otak kiri bakalan kerasa gak suka gitu…yap namanya juga manusia bekerja pakaiotak kiri, apa apa musti reaistis, gak seperti otak kanan, yang selalu bekerja tanpa di suruh, dia itu kreatif….nah gue sadar, waktu di tes DMI primagama, sidik jari gitu, dominan bekerja gue adalah pake otak kanan, makanya pas bekerja atau belajar di kampus gitu, kadang kdanag gue nulis puisi atau pantun, bisa juga nulis tulisan motivasi, padahal waktu itu pelajaran kespro yang gue senengin….

Kespro itu kesehtan reproduksi, laki laki manapun suka kalo diajarin dosen tentang organ wanita,,,,,mukanya kebanyak temen gue pada memerah kalo gue malah ijo….

Nah pas nulis itu ya gitu deh, padahal dosen kan nerangin macam-macam…ada juga pas gue ad aide, gue langsung nulis gitu boo, trus itu yang jadi pikrian gue, apakag bakat gue emang nulis atau apa ya…??kemungkinan iya kali yee…mkanya gue optimalin ajee…

Gu pernah baca bukunya om ustadz felix siauw itu, dia bilang kita sebenernya pegen sukses di bidang tertentu itu gampang. Tinggal action dan paksain ajee kehendak yang kita mau…kalo pegen jadi penari balet, ya udah latihan ajee sono 5 jam sehari selama sebulan rutin, insya Allah bakalan jadi expert elo entar….

Makanya bila pengen suskes di bdiang bidang tertentu maka paksakanlah dirimu..untuk jadi sukses itu gampang tinggal punya modal nekat dan usaha doa….

Orang tua gue basicnya pendidikan ,pengusaha, politik, dan diem, kenapa gu etulisan diem adalah bakat,,yaaa gue suka diem kao ketemu sama orang yang ngomongi yang gak jelas kecuali kalo gue suka omongan banyolan dan bermanfat dan merasa terhibur, gue juga suka ngomong akhirnya…

Tapi bener dah kalo ngomongin yang gakpenting…asli gue pengen pulang berkarya dan lanjutin olahraga jogging pagi atau bersepda…

Kan waktu itu musti di optimalin..gue juga iri sama ulama zaman dahulu…..

****

Ulama waktu dulu musti di contoh, lebih suka ngafalin hadits dan selalu dekat dengan Allah…makanya ulam zaman dulu itu kreasi dan kratifitasnya banyak banegt, sampek sampek ilmu kedokteran yang di tulis mbah buyut ibnu sina dulu kepake sampek sekarang….

Itu yang gue mau ikutin,,,,kalo kegiatan bermanfaat cocoknya kita ikutin terus samek kita emang expert di bidang itu…..

Yap habits namanya…kebiasaan itu penting broo…musti di bentuk dari sejak dini…kalo perlu bagi yang udah liat dan baca tulsian gue, sharring in aja dah, sama orang tua, kalo punya bayi bilangi ke mereka, ajarin baca al qur;an yang bagus, kalo ortu nya gak bisa masukin ke taman pendidikan al qur’an……

****

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

