Proker Fantastis, aamiin

Oke broo, saatnya menulis …ini sesi ada di amuntai, tempatnya kakak tingakt gue yang namanya zayed norwanto….nah di sini gue mau beri info, kalo gue sekarang lagi tugas ngepromoin acara open house fk…bentar lagi tanggal 21 dan 28 oktober, jadi musti cepet ngepromo in nya…ni sekedar lo tau aje ye….tugas humas itu ibarat kata tugas urgent di awal kerja, soalnya tugas dia ngepromoin acar sampai ke sleuruh nusantara bahkan sampai mancanegera #lebay ….

Nah kalo lo suka di bagian humas, ini identik dengan perjalana yang seru asik dan meyenangkan…kalo lo suka di bidang ini, lo musti awali dengan ilmu bertemu orag dengan ramahd an suka senyum, tapi jangan kebnaykan senyum kalo udah selese ngeliat orang, kemungkinan lo bisa bisa di buang ke RSJ…..

Nah bagi yang suka lagi nih sekali lagi gue nekenin…lo musti belajar ilmu menarik perhatian orang..ketua pelaksana aja yang gak kompeten di bidang ini, kemungknan bisa nangis  terus ngelap tangisannya pake sapu tangan…betapa berat emag tugas satu ini…tapi bawa enjoy aja…satu pernah kejadian, dan ini gue rasain sendiri…gue asli bener bener eneg waktu semester 1 waktu di tunjuk jadi humas….gue asli gak bisa ngomog dan selalu terbata bata…..

Dulu kalo di rumah, asli ebner dah, kalo ditanya sama orang asing, bawaannya pengen nabok muka tu orang…soalnya dulu pernah dapat wejangan dari mama dan bokap (baca:MaBok)…”.kalonya ketemu sama orang asing jangan deketin, entar bisa di culik lhoo.”

Nah itu keinget sampek mahasiswa broo, sampek sampek beimajinasi sendiri gue ini….malahan pengen gue tambain nasehat wejangan MaBok gue itu jadi )…”.kalonya ketemu sama orang asing jangan deketin, entar bisa di culik lhoo., kalo bisa tendang burungnya”….

Itu yang ada dipikiran gue sekarang, gak tau, tapi selama ni belum dipraktekin ,soalnya kalo gue praktekin dan setelah gue analisa lebih dalam selama kurun waktu 2 tahun ….gue takut kena tendang burung balik…..soalnya burung itu asset broo…barang siapa tidak sayang burung maka tidak sayang anak😀

Oke kita lanjutin ceritanya kea rah humas…..humas ya humas, humas bukan seksi acara….bagi yang suka organisasi sampai ke tua….kemungkinan bisa tuh jadi rang terkenal plus rang berpengaruh di lingkungannya masing-masing…yap bener banget humas sungguh luar biasa, gue suka bener yang bidang satu ini…

IYCb yang gue bentuk itu adalah salah satu kreativitas yang gue olah, dan akhirnya bisa di bentuk…anggota anggota Cuma beberapa aja, tapi asiiik banget, tanamkan kebersamaan dengan anak anak muda sungguh luar biasa….

IYCb bagi lo yang gak tau adalah kepanjangan dari Indonesian youth community of borneo,,, ini organisasi yang khusus gue dedikasikan buat nyari duit…salah satunya gue perfect di bidang humas dan suka banget…

Jadi ketua pelaksana itu juga bagus…ini gue juga suka….ketua pelaksana itu ibarat kata jantungnya jalannya organisasi….

Tapi kalo di BEM FK biasanya gue kea rah Humas dan kaji isu, makanya gue masuk di divisi kajian strategi dan adokasi…banyak banget isu isu sekarang, tapi ada satu isu yang gak boleh di ungkit ke depan umum….yaitu korupsi…ini susah abnget men, kalo gue punya rang lebih gitu,bakalan gue angkat itu isu di fakultas, jadi gak ada korupsi korupsi dalam bentuk apapun lagi….

Ya begitulah korupsi…kalo kita berani berani sedangkan kita masih ada dalam posisi kurang strategis ambil kebijakan, bakaln di bejek bejek dan dijauhin orang orang yang terefek korupsi, dan akhirnya kita bisa di mental balikkan…bakalan kalah kita…kecuali kita punya duit banyak dan link link orang luar biasa yang sepengertian dengan kita…wagh gue jamin, kita bisa menang …dan orang orang yang terefek korupsi itu bisa mampus, dan ogah lagi pengen korupsi…..

SMA 1 amuntai ini bisa dibilang bagus banget,katanya sih favorit…ini ngue analisis dengan surat kabar yang beredar…pantesan lulusannya bisa di bilang sungguh luar biasa…denger denger juga orang amuntai itu suka dagang, dan ada juga yang PNS…tapi satu yang bisa kita dan gue ambil dari sini…kita bisa belajar cerdas sama orang amuntai….yap bisnis itu banyak….tinggal kita pilih aja lagi…pertanyaannya yang paling kritis,anda mau atau TIDAK ???ni gertakan baget nih….soalnya kalo pengen kaya bekerja lah dan jangan banyak omog…dulu waktu SD gue sering banget ngomong, walau ada omongan yang keren, berisi, berbobt dan ada juga yang gak bermanfaat contohnya ngomongin yang gak bener….

Kata orang banyak banyaklah bekerja daripada berkata…itu soalnya bukti nyata lho….coba bedain dan buktikan sendiri…orang yang banyak ngomong dalam sejam dan omongannya kdang nyakitin orag dengan orang yang berdagang baju di pasaran dengan murah senyum…Sudah pasti banyak uang si yang dagang baju…orang yang banyak omong mah gak bisa apa apa kecuali gomong doang.

Bapak gue pernah ngomongin juga masalah ini, walau gue liat bapak gue ini tipenya orang pendidikan dan politik…yang anehnya gue juga ikutan sama dia, kemungkinan pengaruh gen kaali yee, tapu bersyukur, ibu gue suka bisnis, akhirnya gue juga tertular…..alhamdulillah

****

Nah kalo bicara soal bisnis yang ada diotak gue sekarang iaaha event besar..kata teen gue,kalo pengen berhasil lo musti belajar ilmu pemasaran agar orang suka lo musti tampil berani. Gue katain bidang humas adalah ujung tombaknya, bagaimana melakukan promosi yang cerdas, sms jaringan komunikasi berantai ke seluruh peserta yang udah emndaftar. Inilah kita kalo jadi organisatori, sungguh enak kan. Penglaman dapat dan macam –macam…Gue pernah melaksanakan acara event buku SBW gue, dan akhirnya dalam sebulan dapat 4 juta rupiah, luar biasa banget kan…itu pesertanya 100. Nah pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan peserta 100. Lo musti rekrut orang yang suka promo kesana kemari…lewat kerjasama kek, atau apa…yang penting lo musti kuatin tekad bahwa event atau barang yang lo jual sungguhlah diperlukan orang pada saat itu. Kita gak mungkin menjual sesuatu barang atau jasa di saat rang tidak memerlukan hal itu.Contoh nya pasar sedang memerlukan jasa pelatihan menjelang ujian Nasional, nah lo musti adakan pelatihan demo ngerjakan ujian nasional yang bener kaya gemana, jangan lupa hitung juga semua biaya keluar dan biaya masuknya,jangan sampai rugi…nah jangan sampai kalo lo ngadain event kea rah pasaran gak ngerti, contohnya saat pasar suka pelatihan UN eh lo nya malah suka pelatihan demo masak, itu mah masalah buat lo dan tim lo sendiri broo..

Makanya beberapa buku teori dan lain-lain katakana semacam gitu juga, angkah awal saat event mau berlangsung, yang paling di urgen’kan banget adalah pihak tim pemasaran…kalo pemasarannya kacau dan gak bisa merekrut peserta lainnya, wuih bisa di bilang , lo bakalan rugi Bandar.

*****

Masalahnya kita musti berani bertarung dalam hal promosi, entah kenapa ni yee, akhir akhir ini gue selalu biacarin hal yangberbau humas, mungkin masih suhu suhunya kali yee…yaap beener bangeet gue asli suka bidang humas ini, berhubungan dengan masyarakat kalo ada event gitu , asli gue suka bidang yang berhubungan dengan pelanggan…soanya kita bisa tau permintaan pasar gemana….

Dulu asli banget gue gak bisa organisasi di bidang apapun,kalo pas di tunjuk jadi anggota aja di OSIS gue asli gak mau, gue absurd baget yang namanya OSIS, api yang anehnya pas masuk di BEM, wuiiih kerjaanya lebih beart dari OSIS yang diurusin adalah fakultas kedoktera, ya o tau aja, gak musti berabu obat yang bau nyegat itu enggak,tapi ngurusin di bidang advokasinya itu….mengkaji ilmu dan lain –alin, ada juga ssih program kerja yang lain….proker itu banyak diusulkan tapi kalo divisi kami yaitu kastrad bener ebenr murah aja dapat duit dari gedung depan, soalnya agak agak mem boomingkan divisi lain aja…orang prang kastad yang au dikit…tapi kalo zamannya 2008 kami dulu, beeeh itu organisasi pada suka semua….

Ada BEM,KSI, BLM, FSIM, futsal medical dan lain-lain…tak lain dan atk bukan adalah suka aja nimbrung sama oang orang organisatori, di samping dapat pengalaman, dan tentuya kita dapat ilu dan kenalan orang penting yang banyak banget…

Contohnya aja sekitar tanggal 7 oktober, ada event gue yang membahasa tentang motivasi tapi genrenya anak muda….asli rugi banegt yang gak ikut ini…   terus di bulan November depan, gue mau bikn event yang agak meriahan dikit juga nih…….event yang omset uang gak dikit tapi buanyaaaaak…..o ya kita musti solid juga lho sama tim kita, ajak mereka dalasebuah tim yang kita bentuk dengan saam persahabatan janagn gak disapa sapa ya walau baru kenal…di tenagh tengah kesibukan gue jadi mahasiswa ,kita musti berbisnis, jangan sampai gak berbisnis..asal barokah dan halal, dikit atau banyak itu gak masalah, yang penting Allah dan orang rang di sekitar menilai dari prosenya, ingat ya niatannya haya beribadah pada Allah Sang Maha Pencipta……

****

Kebanyakan ornag pada suka bisnis, tapi keyaknya gue liat akhir akhir ni pada lambat dapat impian yang di impikan, salah satunya gak pengen berbagi…nah inilah yang jadikan kita lambat aya keong perbisnisannya, satu aja sih, yaitu sedekahlah formulanya…..dijamin deh….ustadz yusuf Mansur kalo ngomongin asalah ini, bawaanyaa expert banget broo. Cara omongan beliau sungguh memukau, spesiaisasi beliau kalo berdakwah di bidang sedekah, terbukti Muhammad assad nulisiin bukunya dan pengalamannya gak jauh dari keajaiban sedekah, bahsa kerennya the power of giving’….

Nah ini seharunsy ayang kita contoh, bukunya Assad as gue baca sunggu nusuk banget broooo.ni sengaja gue tulisin nih ye, buat pengingat gue sama penambah semangat lo pada buat kerkarya….ni gue sekrang punya produk buku SBW, itu gue jual di event asli IYCB , kemudian bulan oktober sekitar tnggal 24 oktober gitu, ada acara  hima kesmas gue tentang kepenulisan, rencana gue mau bikin kelmasuklis ini termasuk nama acaranya juga…kelmasuklis itu hasil pertapaan gue mikir selama 5 menit aja….nama panjangnya kelompok mahasiswa kesehatan suka nulis…..waktu itu gue presentasiin sama temen te,en, wuiih  wuihh wuihh weeeeee..luar biasa, itu respon mereka, berdecak suaranya gak karuan di ruangan itu……ruangan rapat jadi gundah kaya gemana itu, padahal gak kaya gitu juga kali…..tapi ya Alhamdulillah itu adalah respo yang baik…gue yakin dari bidang kepenulisan inilah gue bisa kaya, ngembangin diri, cari duit yang banyak, mendidik orang lewat tulisan, meberikan bebeapa orang panitia sikap mental petarung dalam hal pemasaran, berkanala dengan penulis handal lainnya…dan satu juga gue au foto foto dengan para penulis best seller ternama lainnya kalo perlu seluruh duniaan ,huahahhahaha…

Oke kembali ke topic sebelumnya, kalo seandainya itu buku kejualhabis, guemau nikmatin untungnya sekitar sedikit aje broo…sisanya gue mau balikin moda yaitu pengen pesen buku lagi…tapi genrenya buku kesehatan fisika, buku peljaran ini sungguh menarik broo, banyak orang yang suka…tapi penjualannya ke anak farmasi, dokter, doktergigi, kesehatan masy, perawat, biologi, dan lai lain, biasanya penjualnnya di awal semester tuh, baklaan booming banget itu…makanya perlu cepet kalo ngolah itu….musti kelarin seua referensi yang gue dapet…..asli gak mau rugi waktu gue….

Seandainay buku konsep saku fisika kesehatan udah jadi dan dipesen  sekitar 500 biji , nah pas mesennya 5.000.000 aja…kalo di jual 50 ribu, beeeeh bakalan laku keras itu…hahah tingal cari temen yang mau memasarkan aja lewat promosi ke kelas-kelas,biasanya ke mahasiswa baru tuh, bakalan banyak pokoknya yang au beliii….asal kita optimis dan punay sikap doa pada Allah tanpa putusnya…insya Allah…kebeli dah itu i-pad yang canggih kalo bisa CBR yang gue idem idemin bakan kewujud, nah apalagi kalo di eventkan bener bener…wuiih gak nyangka kemungkinan bisa beli rumah gue…terus kalau pengen mobil tinggal capcuus aja dah itu….alhamdulillah semoga lancer…aamiin

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

