Pengembangan Diri

Dalam sebuah bisnis apabila kita menjadi pemimpin , maka kita harus tahu seluk beluk kemampuan karyawan kita tak bisa menampikkan hal itu. Gue aja jadi pemimpin sebuah event, sudah pastinya pengen karyawan bekerja optimal, gue gak bisa bersikap acuh dengan bawahan. Gue sebenernya gak mau nyebut seseorang itu gak ada gunanya karena dia malas. Gue yakin semua orang itu ada bakatnya, cuman kebanyakan pemimpin sekaranag memimpin seenaknya saja , gak mikirkan perasaan orang dan karyawannya di bawah.

Jadi pemimpin sebuah event contohnya, bila bertemu dengan karyawan yang malas-malas, itu langsung saja di tegur dengan pendekatan motivasi, insya Allah, bila kita dekar dengan karyawan, rasa kebersaaan akan muncul dan kekeluragaan pun terbentuk. Makanya di dalam sebuah organisasi sangat penting tingkat kebersamaan yang tinggi, penuh canda tawa dan segala macam.

Gue pernah ngalamin semua ini. Dari organisasi sampai pekumpula oang yang hobi nulis, gue gak masuk FLP forum lingkar pena tapi gue autodidak belajar nulis. Belajar lewat internet sungguh asyik bagi gue sendiir..

menurut gue sebagai mahasiswa, saatnya kita gunakan lebih manfaat dari internet ketimbang maen games. Lebih baik kita berpikiran maju daripada mundur atau jalan di tempat. Gak ada guannay juga ya kan.

Pas gue lihat BEM KM, nah itu contohnya, mereka solid, tapi ya ada beberapa konflik yang belum terselesaikan . Ya hanya orang rang yang tau aja. Bagi yang belum tau BEM KM, BEM KM itu adalah badan eksekutif mahasiswa keluarga mahasiswa. Ini menurut gue organisasi yang paling besar dan pusat pemeritahan di kampus, ibarat kata presiden mahasiswa itu adalah simbol pemimpin dari sekia banyak pemimpin sebuah organisasi di bawahnya,….pernah gue masukin organisasi ini dan akhirnya mundur dan memilih masuk BEM Fakultas Kedokteran aja…soalnya banyak konflik di sana….

Konfliknya banyak banget…ini sory nih ye, awalnya kan kita ngebahas masalah pemimpin dan karyawan dalam sebuah perusahaan, dan akhirnya nyerempet ke asalah BEM…..

Nah singkat cerita gue kelaur karena pertimbangan matang, lebih baik gue milih yang bagus dan sesuai dengan bakat aja, serta keamanannya kondusif. Maksudnya gue asiiik aja gitu berada di lingkungan FK…kalo BEM KM itu atmosfirnya tinggi banget broo, mana gue tutorial banyak, plus tugas tugas musti diperhatikan juga…..

Memang sebuah pilihan kalo kita mau bergabung dalam sebuah organisasi itu…..tapi ya itulah manusia, adayang cepet paham dan ada yang enggak….

Kita musti memilih salah satu……memang begus sih BEM KM itu,tapi bagi lo yang bener bener pengen masuk, ya udah fokus satu itu aja…gue belajar banyak dari BEM KM……kefokusan tu penting, makadari itu gue lebih memilih HIMA Kesmas dan BEM KM…Dua organisasi lebih baik…..

Memang kalo milih organisasi harus sesuai dengan bakat lo….gue suka mendidik dan bicarain politik , sedikit ngebicarain dan nyimak orag lagi stand up juga suka…..makanya jangan heran ,,kalo arah pembicaraan dalam blog ini agak kaya gado gado ke lindes truck….

Gue pernah di singgung sama om gue di Blitar,

“mbok ya kalo nulis itu yang sing genah to le le…(kalo nulis itu yang bener to nak nak”)

Gue diem ajee, anggep angin lalu aje….alasan pertama gue nerbitin buku untuk pertama kalinya dalam hidup adaah pengen buat gebrakan bahwa umat islam terutama khusus pemudanya bisa berkarya walau hancu sedikitpun, yang penting itu adalah usaha actionnya sudah keliatan dan mampu memberikan manfaat walau cuma sedikit…tapi satu ilmu yang gue dapetin yaitu sifat bersyukur…walau karya ancur bin galau tulisan gue di buku itu, gak masalah buat gue yang penting sudah ada hasil nyata…dan tunggu aja karya karya berikutnyaaa !

Pernah di kritik sama kakak tingkat, wib, o kan orang pengajian juga, kenapa musti nulis percintaan galau juga??? nah di sini nih mereka musti tahu gue kaya gemana…

Emang itu tulisan di buku SBW bener bener curahan  hati yang gue kumpulin semasa pikrian dan kelakuan jaman jahiliyah banget….pacaran masih….dan pikirannya masih ke arah demokrasi demokrasi gitu….

Tapi tenang aja, sekarang udah berubah, gak mikir demokrasi yag bau kolot itu, sekarang pemikiran ke arah Islam rahmatan lil alamin….Islam berhubungan dengan syariat Allah dan musti di laksanakan  mulai detik ini juga…..

Dan tentunya gak mau pacaran…nah terus ada temen gue cewek yang nanya….gue lupa yanga nanya itu mama gue atau temen….

kalo gak salah mama….

“Riz(panggilan d rumah)….kalo kamu gak pacaran truus nyeleksinya gemana, kan susah lo cari istri baik sama sholeheh”

Gue jawab aja dengan singkat..

“tenang buuu, kalo Rizki baik pasti dapat istri yang baik juga, itu jamina dari Allah, ada kok ayatnya…perempuan baik untuk laki laki baik- dan satu lagi nih…..laki laki baik juga buat perempuan yang baik begitu juga sebaliknya…nah kalo ibu mau tanya …rizki entar nyarinya gemana..ya dengan cara penyurveiaan duu baru kalo cocok langsung khitbah….kalo ibu belum tau caranya pensurveyan perempuan sholehah dan sesuai kriteria yang diinginkan lihat tuh Film ketika cinta bertasbih….”

Singkat gue kaya gitu aja jawabnya…yang dikerjakan sekarang bukannya pacara kawan…tapi gue mau ajarin kalian buat ngembangin diri itu seperti apa…..

Contohnya: belajr tekun, dapat IPk bagus, daat pekerjaan bagus bergaji tinggi rajin sholat, rajin sedekah, rajin dhuha, rajin tahajud, sungkem sama orang tua, gak berprasngka buruk sama orang, bangun usaha bisnis (karena ada hadts yang sebutkan bahwa 9 dari 10 pintu rejeki, itu semua dari periagaan, makanya usaha bisnis aja, jangan mau jadi PNS), berdoa dan tetep istoqomah…

Insya Allah dah, kalo kita lakuin dengan nayman dan hati ikhlas, jiwa semangat Islam kita akan muncul dengan sendirinya, jadi jagan malu kalo gak pacaran , karena kalo gak pacaran iu bagus plus keren dan dapat numbuhkans emanbgat juang menajdi pribadi muslim yang dicintai Allah , Rasulnya dan orang orang d sekitar….dan tenang aja, dan PASTInya….rahmat dan nikmat Allah akan dekat sedekat dekatnya…..

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

