Mikroba / Bakteri Tertentu Si Raja Minyak

Image

Kata siapa juga kalo ngeblogger itu gak bisa belajar bahkan kita bisa belajar kok…coba aja lihat yang ini, gue bisa tampilin ilmu ilmu yang bisa di bagi secara percuma, dan rencananya nih, gue mau bikin buku lagi tapi agak campur gitu…..

oke sekarang kita belajar masalah mikrobiologi yaa

Program Studi Mikrobiologi – Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (Program Sains)

Mikrobiologi merupakan ilmu terapan yang memanfaatkan mikroorganisme (mikroba) sebagai alat untuk peningkatan kualitas hidup manusia. Pada awalnya pemanfaatan mikroba hanya berkisar pada industri makanan saja. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, mikroba pun banyak digunakan untuk kegiatan manusia yang lainnya seperti pengelolaan limbah, pengembangan ilmu pengetahuan di bidang rekayasa genetika dan lain sebagainya.

Nah dari sini kita udah tau banget, bahwa mikrobiologi itu deket juga dengan ilmu perindustrian, sangat banyak orang yang tekun di bidang ini. Gue aja waktu dulu pengen dan ngebet banget masuk biologi, tapi satu alasan gue gak mau biologi, yaitu gue gak suka jadi guru. Gue paling anti namanya jadi PNS, kalo MABOK (mama bokap) suka banget gue jadi PNS, nah gue gak suka ,soalnya lama jadi orang kaya.

Simple aja statement gue “pak bu, aku gak mau jadi PNS, pengennya jadi pengusaha, koma !)

Oke kita lanjutin lagi ya belajarnya, kita ke paragraf selanjutnya masih dalam mikrobiologi….

Sesuai dengan namanya, pada program studi Mikrobiologi teman-teman akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan mikroba. Hal ini tentu akan berbeda dengan program studi Biologi yang cakupan ilmunya lebih luas. Di prodi Mikrobiologi teman-teman tentu tidak banyak berhubungan langsung dengan tumbuhan dan hewan, walaupun tetap ada interaksi antara mikroba dengan tumbuhan dan hewan, misalnya untuk masalah yang berkaitan dengan penyakit tanaman, penyakit infeksi, dsbnya. Di prodi Mikrobiologi teman-teman akan belajar teknik rekayasa genetika, kultur sel, teknologi fermentasi, pembuatan makanan yang prosesnya melibatkan mikroba, dll.

Tuh kan jelas beda banget, biologi ya biologi, mikrobiologi adalah cabang jenisnya,tadi disebutkan juga bahwa ada kata mikroba. Kalau gue inget, gue jadi inget sama temen gue waktu SMP. Gue gelarin dia mikroba, tapi gue jadi lupa beneran nih, dia sebenernya mikroba atau pamannya mikroba ya, soalnya mirip banget men saa paman gerobak sampah yang bertugas di SMP 5 gue. Anaknya gede setinggi galah, kerjaanya ngupil tiap hari anak kelas bawah gitu, sedangkan gue kelasnya di atas. Tiap gue liat , pasti aja dia jorok banget, sampek2 orang2 di sekitar enggan ngeliat dia, tapi yang gue pikirin sampek sekarang, kok gue mau maunya ya menganalisis muka dia? itu pertanyaan misteri bagi gue sampek sekarang.

Oke kita lanjutin lagi belajarnya….

Teknik rekayasa gen dan kultur sel tentunya akan banyak berhubungan dengan ilmu mikrobiologi karena mikroba (terutama plasmid) merupakan alat yang digunakan untuk menyisipkan gen ke dalam organisme lain. Misalnya, ketika kita ingin memasukkan gen anti hama pada tumbuhan tertentu maka kita akan mengambil plasmid dari suatu bakteri kemudian kita sisipkan gen anti hama. Setelah proses tersebut selesai, bakteri akan dimasukkan ke tanaman.

Dengan kuliah di mikrobiologi, teman-teman pun dapat memanfaatkan berbagai pengetahuan yang ada untuk membuat berbagai jenis makanan sehat yang prosesnya menggunakan mikroba atau langsung memanfaatkan mikroba yang ada. Misalnya, yogurt dan keju. Dua jenis makanan ini merupakan makanan yang proses pembuatannya dibantu oleh mikroba. Takaran dan jenis mikroba yang digunakan akan mempengaruhi rasa yogurt dan keju yang dihasilkan dari proses fermentasi.

Selain itu, kini mikroba mulai digunakan untuk mengatasi masalah limbah. Misalnya, pada saat pengangkutan minyak bumi dari pengeboran lepas pantai atau distribusi minyak bumi dari satu tempat ke tempat yang lain. Jika terjadi kebocoran di laut sehingga mengakibatkan tumpahan minyak bumi (yang tentunya mencemari laut), mikroba tepatnya bakteri tertentu memiliki kemampuan untuk membantu proses pembersihan laut. Caranya ? Bakteri tersebut akan “memakan” minyak yang ada.

Tuh kan Allah itu luar biasa banget, Dia Maha perkasa. Dia ciptakan semua makhluk hidup termasuk mikroba tadi, bayangin kalo kapal tangki minyak numpahin minyak di laut kan berbahaya, tapi tenang aja, guannya mikroba itu bisa memakan minyak lho ternyata, makanya mikroba itu gue beri gelar RAJA MINYAK.

Sebenernya bukan orang Arab raja minyak, tapi mikroba, ya secara gue gitu loooochhhhhhh…….

Mikroba itu hewan yang paling ajiib , seandaianya dia bisa ngomong gue pasti mau minta duit sama dia, soalnya kan dia suka makan minyak di laut, nah pasti banyak duitnya,nah itu kesemapatan emas buat para jomblowati buat minta sama RAJA MINYAK di LAUT…..

Oke kita lanjutin lagi….

Proses belajar pun akan ditunjang dengan berbagai macam kegiatan yang menarik seperti praktikum, kuliah lapangan, kunjungan ke lembaga dan instansi terkait, dll. Praktikum merupakan bagian dari mata kuliah, menjadi salah satu tempat bagi teman-teman untuk membuktikan atau melihat langsung fenomena alam yang dipelajari. Kuliah lapangan akan membantu teman-teman untuk melihat langsung fenomena tersebut di alam. Wacana dan pengetahuan teman-teman pun akan bertambah ketika melakukan kunjungan ke lembaga atau instansi yang menggunakan mikroba dalam proses kerjanya. Proses belajar tidak akan membosankan dan tentunya meningkatkan pengetahuan teman-teman tentang mikroba dan pemanfaatannya.

 nah di sini gue mau negesin, gue bukannya pengen mempromosikan program studi mikrobiologi ya, bukan banget soalnya gue gak digajih juga sih sama orang mikrobiologi, tapi gue mau beri info di bidang kesehatan aja……

By the way, gue suka sama mikroba, soalnya dia hewan paling unik dan kaya, udah gendut karena suka makan minyak, dan pasti gue tebak dia banyak duit……

Salam Galau Kesehatan ….

Follow @wibisono77

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

